Konsep Pendidikan Etika Sosial Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dan Urgensinya Terhadap Generasi Z
Daynul Haq/862082020108 - Personal Name
Skripsi ini membahas tentang Konsep Pendidikan Etika Sosial Anak Menurut
Abdullah Nashih Ulwan dan Urgensinya Terhadap Generasi Z. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan etika sosial Anak menurut pemikiran
Abdullah Nashih Ulwan dan urgensi pemikirannya terhadap generasi Z.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan
menggunakan penelitian kepustakaan (library Research). Data yang diperoleh
bersumber dari data primer yang berupa buku tulisan Abdullah Nashih Ulwan yang
berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam, dan data sekunder diperoleh dari referensi buku,
jurnal, skripsi maupun sumber internet. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Menurut
Abdullah Nashih Ulwan, pendidikan etika sosial terbagi menjadi dua yaitu praktik
etika sosial dan objek penerapan etika sosial. Keduanya mencakup aspek-aspek
seperti pendidikan akhlak, adab, dan tanggung jawab sosial. Kedua, Pendidikan etika
sosial menurut Abdullah Nashih Ulwan sangat urgen bagi generasi Z yang hidup di
era teknologi dan internet, generasi Z rentan terhadap dekadensi moral dan kurangnya
kepedulian sosial. Pendidikan etika sosial dapat membantu generasi Z untuk memiliki
karakter yang kuat dan kepedulian terhadap lingkungan sosialnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi pembahasan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan etika sosial dibagi
menjadi dua fokus: pertama, objek pendidikan etika sosial atau kepada siapa
etika sosial diterapkan, beliau mangajarkan untuk memberikan setiap hak-hak
orang dalam lingkungan sosial. Kedua, praktik pendidikan etika sosial atau
cara menerapkan etika sosial sesuai dengan yang diajarkan oleh Abdullah
Nashih Ulwan dalam etika sosial yang diajarkan beliau melahirkan nilai baik
terhadap diri pribadi seperti sopan santun, beradab, bertanggung jawab,
berempati dan simpati, dan hubungan kemanusiaan yang kuat.
2. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan memiliki peran penting terhadap berbagai
problem atau masalah yang terjadi bagi generasi Z, problem yang
memerlukan tindakan agar dapat meminimalisir dampak negatif teknologi
internet dan kebiasaan buruk generasi Z, pemikiran Abdullah Nashih Ulwan
dapat menjawab permasalahan generasi Z sehingga memiliki urgensi
terhadap problem atau masalah yang di hadapi generasi Z seperti membentuk
karakter dan nilai-nilai moral yang kuat, menjaga kesehatan dan kebugaran
anak, mengembangkan potensi intelektual anak, memperhatikan aspek
psikologis dan emosional anak, dan melatih anak berinteraksi dan beradaptasi
dengan lingkungan sosial.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan, maka di bawah ini penulis
akan menguraikan saran-saran. Adapun saran-saran dalam bahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang konsep pendidikan etika sosial ini
seharusnya menjadi landasan terhadap problem yang terjadi dikalangan
generasi Z, maka perlunya mensosialisasikan konsep pendidikan etika sosial
Abdullah Nashih Ulwan ini.
2. Bagi pendidik, kepada orang tua dan guru perlunya membaca dan memahami
konsep pendidikan etika sosial anak menurut pemikiran Abdullah Nashih
Ulwan dan menjadikan bahan ajar dan diaplikasikan kepada anak atau peserta
didik di kalangan generasi Z, agar supaya terciptanya pribadi yang berkarakter
terhadap anak, cinta dan sayang terhadap sesama manusia, memiliki rasa
tanggung jawab yang tinggi, berakhlak dan sopan santun.
Abdullah Nashih Ulwan dan Urgensinya Terhadap Generasi Z. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan etika sosial Anak menurut pemikiran
Abdullah Nashih Ulwan dan urgensi pemikirannya terhadap generasi Z.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan
menggunakan penelitian kepustakaan (library Research). Data yang diperoleh
bersumber dari data primer yang berupa buku tulisan Abdullah Nashih Ulwan yang
berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam, dan data sekunder diperoleh dari referensi buku,
jurnal, skripsi maupun sumber internet. Data dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan dokumentasi yang dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Menurut
Abdullah Nashih Ulwan, pendidikan etika sosial terbagi menjadi dua yaitu praktik
etika sosial dan objek penerapan etika sosial. Keduanya mencakup aspek-aspek
seperti pendidikan akhlak, adab, dan tanggung jawab sosial. Kedua, Pendidikan etika
sosial menurut Abdullah Nashih Ulwan sangat urgen bagi generasi Z yang hidup di
era teknologi dan internet, generasi Z rentan terhadap dekadensi moral dan kurangnya
kepedulian sosial. Pendidikan etika sosial dapat membantu generasi Z untuk memiliki
karakter yang kuat dan kepedulian terhadap lingkungan sosialnya.
A. Kesimpulan
Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka yang
menjadi pembahasan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut:
1. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang pendidikan etika sosial dibagi
menjadi dua fokus: pertama, objek pendidikan etika sosial atau kepada siapa
etika sosial diterapkan, beliau mangajarkan untuk memberikan setiap hak-hak
orang dalam lingkungan sosial. Kedua, praktik pendidikan etika sosial atau
cara menerapkan etika sosial sesuai dengan yang diajarkan oleh Abdullah
Nashih Ulwan dalam etika sosial yang diajarkan beliau melahirkan nilai baik
terhadap diri pribadi seperti sopan santun, beradab, bertanggung jawab,
berempati dan simpati, dan hubungan kemanusiaan yang kuat.
2. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan memiliki peran penting terhadap berbagai
problem atau masalah yang terjadi bagi generasi Z, problem yang
memerlukan tindakan agar dapat meminimalisir dampak negatif teknologi
internet dan kebiasaan buruk generasi Z, pemikiran Abdullah Nashih Ulwan
dapat menjawab permasalahan generasi Z sehingga memiliki urgensi
terhadap problem atau masalah yang di hadapi generasi Z seperti membentuk
karakter dan nilai-nilai moral yang kuat, menjaga kesehatan dan kebugaran
anak, mengembangkan potensi intelektual anak, memperhatikan aspek
psikologis dan emosional anak, dan melatih anak berinteraksi dan beradaptasi
dengan lingkungan sosial.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan kesimpulan, maka di bawah ini penulis
akan menguraikan saran-saran. Adapun saran-saran dalam bahasan skripsi ini
sebagai berikut:
1. Pemikiran Abdullah Nashih Ulwan tentang konsep pendidikan etika sosial ini
seharusnya menjadi landasan terhadap problem yang terjadi dikalangan
generasi Z, maka perlunya mensosialisasikan konsep pendidikan etika sosial
Abdullah Nashih Ulwan ini.
2. Bagi pendidik, kepada orang tua dan guru perlunya membaca dan memahami
konsep pendidikan etika sosial anak menurut pemikiran Abdullah Nashih
Ulwan dan menjadikan bahan ajar dan diaplikasikan kepada anak atau peserta
didik di kalangan generasi Z, agar supaya terciptanya pribadi yang berkarakter
terhadap anak, cinta dan sayang terhadap sesama manusia, memiliki rasa
tanggung jawab yang tinggi, berakhlak dan sopan santun.
Ketersediaan
| STAR20250078 | 78/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
78/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
