Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Rahmatan Lil Alamin Bagi Siswa Kelas VIII MTs Ar-Rahman Kaju
M.Rizky Pratama/862082020044 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran
Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka dalam Menanamkan Nilai-Nilai
Rahmatan Lil Ālamīn. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ar-Rahman Kaju.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Data diperoleh dengan mewancarai tenaga pendidik dan siswa di MTs
Ar-Rahman Kaju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi
pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Ar-Rahman
Kaju sangat penting untuk menguatkan karakter dan nilai moral siswa. 2) Cara
menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn bagi siswa kelas VII di MTs Ar-
Rahman Kaju melibatkan beberapa aspek penting seperti menjaga hubungan baik
antar sesama dengan memberikan bantuan dan lain2. 3) Kontribusi pembelajaran
Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka bagi siswa kelas VII di MTs Ar-
Rahman Kaju sangat signifikan dalam menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn.
Pembelajaran ini diterapkan dengan pendekatan humanis yang meningkatkan
empati, melalui kerjasama dalam aktivitas kelompok, pendekatan sosial-profetik
yang mengaitkan ajaran agama dengan konteks sosial, serta integrasi nilai toleransi
dan pluralisme yang mempromosikan penghargaan terhadap perbedaan. Pendekatan
ini efektif dalam membantu siswa menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka di
MTs Ar-Rahman Kaju sangat penting untuk menguatkan karakter dan nilai
moral siswa. Guru agama mengajarkan pengetahuan Islam melalui metode
yang relevan, termasuk pendekatan psikologi, rasional, dan praktis.
Pendekatan ini memastikan pembelajaran yang efektif dan relevan, dengan
orientasi pada pengembangan kompetensi siswa. Meskipun proses
pembelajaran tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, materi tetap
kontekstual dan fleksibel sesuai kebutuhan siswa.
2. Cara menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn bagi siswa kelas VII di
MTs Ar-Rahman Kaju melibatkan beberapa aspek penting. Guru Akidah
Akhlak mengajarkan pentingnya menjaga hubungan baik antar sesama
dengan memberikan bantuan, serta menerapkan sikap tolong-menolong dan
kasih sayang. Mereka juga mengedukasi siswa tentang sikap ramah terhadap
hewan dan lingkungan, serta pentingnya menjaga kebersihan dan pelestarian
alam. Selain itu, guru mempromosikan penghindaran sikap egois dengan
mengajarkan empati dan kepedulian terhadap orang lain.
3. Kontribusi pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka bagi
siswa kelas VII di MTs Ar-Rahman Kaju sangat signifikan dalam
menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn. Pembelajaran ini diterapkan
dengan pendekatan humanis yang meningkatkan empati, melalui kerjasama
dalam aktivitas kelompok, pendekatan sosial-profetik yang mengaitkan
ajaran agama dengan konteks sosial, serta integrasi nilai toleransi dan
pluralisme yang mempromosikan penghargaan terhadap perbedaan.
Pendekatan ini efektif dalam membantu siswa menerapkan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
B. Saran
Dari kesimpulan di atas maka dapat dikemukakan beberapa saran dalam
penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi Guru Akidah Akhlak
Guru sebaiknya mengadopsi metode pembelajaran yang lebih interaktif
dan relevan, seperti media digital dan diskusi kelompok, serta memperkuat
pendekatan humanis dan integrasi nilai toleransi untuk meningkatkan
pemahaman siswa terhadap nilai-nilai rahmatan lil ālamīn.
2. Bagi Peserta Didik
Siswa disarankan untuk aktif menerapkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn
dalam kehidupan sehari-hari dengan berempati, bekerja sama, menghargai
perbedaan, dan menjaga lingkungan.
Akidah Akhlak Berbasis Kurikulum Merdeka dalam Menanamkan Nilai-Nilai
Rahmatan Lil Ālamīn. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ar-Rahman Kaju.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Data diperoleh dengan mewancarai tenaga pendidik dan siswa di MTs
Ar-Rahman Kaju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi
pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Ar-Rahman
Kaju sangat penting untuk menguatkan karakter dan nilai moral siswa. 2) Cara
menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn bagi siswa kelas VII di MTs Ar-
Rahman Kaju melibatkan beberapa aspek penting seperti menjaga hubungan baik
antar sesama dengan memberikan bantuan dan lain2. 3) Kontribusi pembelajaran
Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka bagi siswa kelas VII di MTs Ar-
Rahman Kaju sangat signifikan dalam menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn.
Pembelajaran ini diterapkan dengan pendekatan humanis yang meningkatkan
empati, melalui kerjasama dalam aktivitas kelompok, pendekatan sosial-profetik
yang mengaitkan ajaran agama dengan konteks sosial, serta integrasi nilai toleransi
dan pluralisme yang mempromosikan penghargaan terhadap perbedaan. Pendekatan
ini efektif dalam membantu siswa menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan
sehari-hari.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik beberapa kesimpulan
sebagai berikut:
1. Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka di
MTs Ar-Rahman Kaju sangat penting untuk menguatkan karakter dan nilai
moral siswa. Guru agama mengajarkan pengetahuan Islam melalui metode
yang relevan, termasuk pendekatan psikologi, rasional, dan praktis.
Pendekatan ini memastikan pembelajaran yang efektif dan relevan, dengan
orientasi pada pengembangan kompetensi siswa. Meskipun proses
pembelajaran tidak sepenuhnya berpusat pada siswa, materi tetap
kontekstual dan fleksibel sesuai kebutuhan siswa.
2. Cara menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn bagi siswa kelas VII di
MTs Ar-Rahman Kaju melibatkan beberapa aspek penting. Guru Akidah
Akhlak mengajarkan pentingnya menjaga hubungan baik antar sesama
dengan memberikan bantuan, serta menerapkan sikap tolong-menolong dan
kasih sayang. Mereka juga mengedukasi siswa tentang sikap ramah terhadap
hewan dan lingkungan, serta pentingnya menjaga kebersihan dan pelestarian
alam. Selain itu, guru mempromosikan penghindaran sikap egois dengan
mengajarkan empati dan kepedulian terhadap orang lain.
3. Kontribusi pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka bagi
siswa kelas VII di MTs Ar-Rahman Kaju sangat signifikan dalam
menanamkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn. Pembelajaran ini diterapkan
dengan pendekatan humanis yang meningkatkan empati, melalui kerjasama
dalam aktivitas kelompok, pendekatan sosial-profetik yang mengaitkan
ajaran agama dengan konteks sosial, serta integrasi nilai toleransi dan
pluralisme yang mempromosikan penghargaan terhadap perbedaan.
Pendekatan ini efektif dalam membantu siswa menerapkan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
B. Saran
Dari kesimpulan di atas maka dapat dikemukakan beberapa saran dalam
penelitian ini sebagai berikut:
1. Bagi Guru Akidah Akhlak
Guru sebaiknya mengadopsi metode pembelajaran yang lebih interaktif
dan relevan, seperti media digital dan diskusi kelompok, serta memperkuat
pendekatan humanis dan integrasi nilai toleransi untuk meningkatkan
pemahaman siswa terhadap nilai-nilai rahmatan lil ālamīn.
2. Bagi Peserta Didik
Siswa disarankan untuk aktif menerapkan nilai-nilai rahmatan lil ālamīn
dalam kehidupan sehari-hari dengan berempati, bekerja sama, menghargai
perbedaan, dan menjaga lingkungan.
Ketersediaan
| STAR20240347 | 347/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
347/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
