Korelasi Kondisi Kelas Dengan Minat Belajar Peserta Didik Menurut Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam Suatu Studi Di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone Kab. Bone
Ferdhi Ansyah/02.12.3059 - Personal Name
Tujuan Penelitian ini dilakukan 1. Untuk Mengetaui kondisi kelas di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. 2. Untuk mengetahui minat
belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten
Bone. 3. Untuk mengetahui pengaruh kondisi kelas dengan minat belajar dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini jenis penelitian asosiatif, data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka atau sesuatu yang
dapat diangkakan, bias diselidiki secara langsung dan dapat dihitungkan dengan
menggunakan alat-alat pengukur sederhana. Di samping itu penelitian ini
menggunakan pendekatan manajemen, paedagogis dan psokologis untuk memperoleh
data dalam penelitian digunakan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner,
dokumentasi dan dianalisa dengan kuantitafi deskriptif.
Hasil penenelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kondisi kelas di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone untuk menunjang proses
pembelajaran di kelas sebanyak 49%. 2. Minat belajar perserta didik di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone sebesar 27%. 3. Pengaruh
kondisi kelas dengan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone 24%.
Implikasi penelitian ini merupaka bukti ilmiah bahwa terdapat pengaruh
kondisi kelas dengan minat belajar peserta didik MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone. Selanjutnya pengelola beserta pendidik perlu ada
kerjasama dalam memenej kelas sedemikian baik apad saat belajar maupun tidak.
Sehingga bisa membangkitkan minat belajar peserta didik
A. Kesimpulan
Berdasaarkan dari pembahasan dan hasil penelitian maka penulis dapat
Menyimpulkan bahwa:
1. Bahwasanya kondisi kelas di MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab.
Bone dalam menunjang proses pembelajaran dalam kelas sekitar 49% ini
menunnjukkan bahwa kelas memberikan pengaruh yang sangat penting pada
Pembelajaran dan menentukan minat peserta didik untuk giat belajar lagi.
2. Tingkat minat belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone 27% ini berarti bahwa proses pembelajaran dalam
kelas kondusif dan bisa meningkatkan minat belajarnya.
3. pengaruh yang besar pada kondisi kelas dengan minat belajar dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone 24% ini pun memberikan suatu realitas bahwa kondisi
kelas sangat berpengaruh pada minat belajar siswa dalam kelas.
B. Saran
Ruangan kelas yang baik dan kondusif tidak hanya dilihat dari ruangan
kelas saja, tergantung juga kondisi para peserta didik. Kedua faktor itu sangat
berpengaruh untuk proses kemajuan proses belajar mengajar untuk itu kita harus
menjaga dan memelihara kondisi dan situasi kelas agar tercipta suasana kelas
yang kondusif dan bermanfaat besar bagi penggunanya terutama peserta didik itu
sendiri.
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. 2. Untuk mengetahui minat
belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten
Bone. 3. Untuk mengetahui pengaruh kondisi kelas dengan minat belajar dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini jenis penelitian asosiatif, data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka atau sesuatu yang
dapat diangkakan, bias diselidiki secara langsung dan dapat dihitungkan dengan
menggunakan alat-alat pengukur sederhana. Di samping itu penelitian ini
menggunakan pendekatan manajemen, paedagogis dan psokologis untuk memperoleh
data dalam penelitian digunakan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner,
dokumentasi dan dianalisa dengan kuantitafi deskriptif.
Hasil penenelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kondisi kelas di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone untuk menunjang proses
pembelajaran di kelas sebanyak 49%. 2. Minat belajar perserta didik di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone sebesar 27%. 3. Pengaruh
kondisi kelas dengan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone 24%.
Implikasi penelitian ini merupaka bukti ilmiah bahwa terdapat pengaruh
kondisi kelas dengan minat belajar peserta didik MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone. Selanjutnya pengelola beserta pendidik perlu ada
kerjasama dalam memenej kelas sedemikian baik apad saat belajar maupun tidak.
Sehingga bisa membangkitkan minat belajar peserta didik
A. Kesimpulan
Berdasaarkan dari pembahasan dan hasil penelitian maka penulis dapat
Menyimpulkan bahwa:
1. Bahwasanya kondisi kelas di MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab.
Bone dalam menunjang proses pembelajaran dalam kelas sekitar 49% ini
menunnjukkan bahwa kelas memberikan pengaruh yang sangat penting pada
Pembelajaran dan menentukan minat peserta didik untuk giat belajar lagi.
2. Tingkat minat belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone 27% ini berarti bahwa proses pembelajaran dalam
kelas kondusif dan bisa meningkatkan minat belajarnya.
3. pengaruh yang besar pada kondisi kelas dengan minat belajar dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone 24% ini pun memberikan suatu realitas bahwa kondisi
kelas sangat berpengaruh pada minat belajar siswa dalam kelas.
B. Saran
Ruangan kelas yang baik dan kondusif tidak hanya dilihat dari ruangan
kelas saja, tergantung juga kondisi para peserta didik. Kedua faktor itu sangat
berpengaruh untuk proses kemajuan proses belajar mengajar untuk itu kita harus
menjaga dan memelihara kondisi dan situasi kelas agar tercipta suasana kelas
yang kondusif dan bermanfaat besar bagi penggunanya terutama peserta didik itu
sendiri.
Ketersediaan
| STAR20180355 | 355/2018 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
355/2018
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
