Korelasi Kondisi Kelas Dengan Minat Belajar Peserta Didik Menurut Tinjauan Manajemen Pendidikan Islam Suatu Studi Di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone Kab. Bone

No image available for this title
Tujuan Penelitian ini dilakukan 1. Untuk Mengetaui kondisi kelas di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone. 2. Untuk mengetahui minat
belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten
Bone. 3. Untuk mengetahui pengaruh kondisi kelas dengan minat belajar dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini jenis penelitian asosiatif, data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu data yang berbentuk angka atau sesuatu yang
dapat diangkakan, bias diselidiki secara langsung dan dapat dihitungkan dengan
menggunakan alat-alat pengukur sederhana. Di samping itu penelitian ini
menggunakan pendekatan manajemen, paedagogis dan psokologis untuk memperoleh
data dalam penelitian digunakan pengumpulan data melalui observasi, kuesioner,
dokumentasi dan dianalisa dengan kuantitafi deskriptif.
Hasil penenelitian ini menunjukkan bahwa 1. Kondisi kelas di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone untuk menunjang proses
pembelajaran di kelas sebanyak 49%. 2. Minat belajar perserta didik di MI Nurul
Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone sebesar 27%. 3. Pengaruh
kondisi kelas dengan minat belajar dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
di MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan Awangpone, Kabupaten Bone 24%.
Implikasi penelitian ini merupaka bukti ilmiah bahwa terdapat pengaruh
kondisi kelas dengan minat belajar peserta didik MI Nurul Yaqin Lompo Kecamatan
Awangpone, Kabupaten Bone. Selanjutnya pengelola beserta pendidik perlu ada
kerjasama dalam memenej kelas sedemikian baik apad saat belajar maupun tidak.
Sehingga bisa membangkitkan minat belajar peserta didik
A. Kesimpulan
Berdasaarkan dari pembahasan dan hasil penelitian maka penulis dapat
Menyimpulkan bahwa:
1. Bahwasanya kondisi kelas di MI Nurul Yaqin Lompo Kec. Awangpone Kab.
Bone dalam menunjang proses pembelajaran dalam kelas sekitar 49% ini
menunnjukkan bahwa kelas memberikan pengaruh yang sangat penting pada
Pembelajaran dan menentukan minat peserta didik untuk giat belajar lagi.
2. Tingkat minat belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone 27% ini berarti bahwa proses pembelajaran dalam
kelas kondusif dan bisa meningkatkan minat belajarnya.
3. pengaruh yang besar pada kondisi kelas dengan minat belajar dalam
meningkatkan prestasi belajar peserta didik di MI Nurul Yaqin Lompo Kec.
Awangpone Kab. Bone 24% ini pun memberikan suatu realitas bahwa kondisi
kelas sangat berpengaruh pada minat belajar siswa dalam kelas.
B. Saran
Ruangan kelas yang baik dan kondusif tidak hanya dilihat dari ruangan
kelas saja, tergantung juga kondisi para peserta didik. Kedua faktor itu sangat
berpengaruh untuk proses kemajuan proses belajar mengajar untuk itu kita harus
menjaga dan memelihara kondisi dan situasi kelas agar tercipta suasana kelas
yang kondusif dan bermanfaat besar bagi penggunanya terutama peserta didik itu
sendiri.
Ketersediaan
STAR20180355355/2018Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

355/2018

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

Kondisi Kelas

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top