Pengaruh Motivasi dan Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Kelas X MIA di MAN 1 Bone
Karmila/862082019007 - Personal Name
Skripsi ini bertujuan untuk membahas tentang Pengaruh Motivasi dan Prestasi Belajar
dalam mata pelajaran akidah akhlak terhadap Perilaku Siswa Kelas X MIA di MAN 1
Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MIA di MAN 1 Bone 2) Bagaimana
perilaku siswa kelas X MIA di MAN 1 Bone 3) Bagaimana pengaruh motivasi dan
prestasi belajar dalam mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas X
MIA di MAN 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan penelitian
kuantitatif dan metode penelitian lapangan (Field Research ) data yang diperoleh
dianalisis peneliti menggunakan statistic regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memperoleh nilai rata-rata
sebesar 66 yang berada pada interval 52-67 yang dikategorikan berada pada kategori
baik. Namun demikian masih ada enam indikator yang direspon dibawah rata-rata
skor variabel.Tapi, secara keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban responden
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X MIA berada pada kategori baik.
Kemudian,untuk prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 87 yang berada
pada kategori baik. Sedangkan untuk perilaku siswa memperoleh nilai rata-rata 73
yang berarti perilaku siswa dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji f
bahwa f hitung ≥ f tabel (5.265 ≥ 3,55) dengan nilai signifikansi 0,17 ≥ 0.05. Hal ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi dan
prestasi belajar dalam mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, hasil analisis data penelitian
tentang pengaruh motivasi dan prestasi belajar akidah akhlak terhadap perilaku siswa
yang telah dijelaskan dapat ditarik kesimpulan yang dapat dirumuskan dalam
penelitian ini yakni sebagai berikut:
1. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan prestasi belajar siswa berapa pada
kategori baik diketahui bahwa sebagian besar responden memberikan
tanggapan yang baik atas pernyataan variabel motivasi belajar dari nilai rata-
rata sebesar 66 yang berada pada kategori baik. Namun demikian masih ada
enam indikator yang direspon dibawah rata-rata skor variabel.Tapi, secara
keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban responden menunjukkan bahwa
motivasi belajar siswa kelas X MIA berada pada kategori baik. Kemudian
untuk prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai ujian semester ganjil
akidah akhlak siswa, bahwa 10 siswa mendapatkan nilai yang berada pada
kriteria sangat baik, sedangkan 10 siswa mendapatkan nilai yang berada pada
kriteria baik, dalam hal ini berarti tidak ada siswa yang mendapatkan nilai
dibawah standar KKM, dan hasil perolehan rata-rata nilai memperoleh nilai 87
yang artinya berada pada kategoru baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi
belajar akidah akhlak siswa kelas X MIA di MAN 1 Bone dapat dikatakan baik.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan
tanggapan yang baik atas pernyataan variabel perilaku siswa dapat dilihat dari
nilai rata-rata sebesar 73 yang berada pada kategori sangat baik. Namun
demikian masih ada tiga indikator yang direspon dibawah rata-rata skor
variabel.Tapi, secara keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban responden
menunjukkan bahwa perilaku sosial dan keagamaan siswa kelas X MIA berada
pada kategori sangat baik.
3. Hasil uji f pada tabel ANOVA berdasarkan hasil uji simultan ( uji f) dari tabel
3.7 pada halaman sebelumnya dapat diketahui f hitung sebesar 5.265 dengan
nilai signifikansi sebesar 0,17 sedangkan nilai f tabel pada tabel distribusi
dengan tingkat kesalahan 5% adalah sebesar 3,55. Hal ini berarti bahwa f
hitung ≥ f tabel (5.265 ≥ 3,55) dengan nilai signifikansi 0,17 ≥ 0.05. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan variabel X2 tidak terdapat pengaruh
simultan (bersama) yang positif terhadap variabel Y, yang berarti motivasi dan
prestasi belajar tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap perilaku
siswa.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diketahui maka saran yang dapat
dikemukakan sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah dan Siswa
Untuk siswa yang sudah mempunyai motivasi dan prestasi belajar yang
baik agar dapat lebih meningkatkan lagi kedepannya.
2. Bagi Peneliti
Untuk dijadikan bahan dan sumber untuk kami secara khusus peneliti dan
secara umum peneliti lainnya dalam mempermudah menemukan sumber
penelitian selanjutnya.
dalam mata pelajaran akidah akhlak terhadap Perilaku Siswa Kelas X MIA di MAN 1
Bone. Adapun permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana
motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MIA di MAN 1 Bone 2) Bagaimana
perilaku siswa kelas X MIA di MAN 1 Bone 3) Bagaimana pengaruh motivasi dan
prestasi belajar dalam mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa kelas X
MIA di MAN 1 Bone.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, peneliti menggunakan penelitian
kuantitatif dan metode penelitian lapangan (Field Research ) data yang diperoleh
dianalisis peneliti menggunakan statistic regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar memperoleh nilai rata-rata
sebesar 66 yang berada pada interval 52-67 yang dikategorikan berada pada kategori
baik. Namun demikian masih ada enam indikator yang direspon dibawah rata-rata
skor variabel.Tapi, secara keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban responden
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas X MIA berada pada kategori baik.
Kemudian,untuk prestasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 87 yang berada
pada kategori baik. Sedangkan untuk perilaku siswa memperoleh nilai rata-rata 73
yang berarti perilaku siswa dapat dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil uji f
bahwa f hitung ≥ f tabel (5.265 ≥ 3,55) dengan nilai signifikansi 0,17 ≥ 0.05. Hal ini
menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara simultan antara motivasi dan
prestasi belajar dalam mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, hasil analisis data penelitian
tentang pengaruh motivasi dan prestasi belajar akidah akhlak terhadap perilaku siswa
yang telah dijelaskan dapat ditarik kesimpulan yang dapat dirumuskan dalam
penelitian ini yakni sebagai berikut:
1. Hasil penelitian menunjukkan motivasi dan prestasi belajar siswa berapa pada
kategori baik diketahui bahwa sebagian besar responden memberikan
tanggapan yang baik atas pernyataan variabel motivasi belajar dari nilai rata-
rata sebesar 66 yang berada pada kategori baik. Namun demikian masih ada
enam indikator yang direspon dibawah rata-rata skor variabel.Tapi, secara
keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban responden menunjukkan bahwa
motivasi belajar siswa kelas X MIA berada pada kategori baik. Kemudian
untuk prestasi belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai ujian semester ganjil
akidah akhlak siswa, bahwa 10 siswa mendapatkan nilai yang berada pada
kriteria sangat baik, sedangkan 10 siswa mendapatkan nilai yang berada pada
kriteria baik, dalam hal ini berarti tidak ada siswa yang mendapatkan nilai
dibawah standar KKM, dan hasil perolehan rata-rata nilai memperoleh nilai 87
yang artinya berada pada kategoru baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa prestasi
belajar akidah akhlak siswa kelas X MIA di MAN 1 Bone dapat dikatakan baik.
2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan
tanggapan yang baik atas pernyataan variabel perilaku siswa dapat dilihat dari
nilai rata-rata sebesar 73 yang berada pada kategori sangat baik. Namun
demikian masih ada tiga indikator yang direspon dibawah rata-rata skor
variabel.Tapi, secara keseluruhan skor akhir rata-rata jawaban responden
menunjukkan bahwa perilaku sosial dan keagamaan siswa kelas X MIA berada
pada kategori sangat baik.
3. Hasil uji f pada tabel ANOVA berdasarkan hasil uji simultan ( uji f) dari tabel
3.7 pada halaman sebelumnya dapat diketahui f hitung sebesar 5.265 dengan
nilai signifikansi sebesar 0,17 sedangkan nilai f tabel pada tabel distribusi
dengan tingkat kesalahan 5% adalah sebesar 3,55. Hal ini berarti bahwa f
hitung ≥ f tabel (5.265 ≥ 3,55) dengan nilai signifikansi 0,17 ≥ 0.05. Sehingga
dapat disimpulkan bahwa variabel X1 dan variabel X2 tidak terdapat pengaruh
simultan (bersama) yang positif terhadap variabel Y, yang berarti motivasi dan
prestasi belajar tidak memiliki pengaruh secara simultan terhadap perilaku
siswa.
B. Saran
Berdasarkan kesimpulan yang telah diketahui maka saran yang dapat
dikemukakan sebagai berikut:
1. Bagi Sekolah dan Siswa
Untuk siswa yang sudah mempunyai motivasi dan prestasi belajar yang
baik agar dapat lebih meningkatkan lagi kedepannya.
2. Bagi Peneliti
Untuk dijadikan bahan dan sumber untuk kami secara khusus peneliti dan
secara umum peneliti lainnya dalam mempermudah menemukan sumber
penelitian selanjutnya.
Ketersediaan
| STAR20230145 | 145/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
145/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
