Strategi Guru PAI dalam Penguatan Karakter Peserta Didik Berbasis Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 2 Sibulue

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang strategi guru PAI dalam penguatan karakter
peserta didik berbasis profil pelajar Pancasila kelas di SMP Negeri 2 Sibulue,
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam
penguatan karakter peserta didik berbasis profil pelajar Pancasila khususnya di kelas
VII SMP Negeri 2 Sibulue. Penelitian ini penulis menggunakan penelitian Kualitatif,
dengan menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Data yang dianalisis
dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahap, yaitu tahap
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh
Pertama, Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter peserta
didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sibulue, hal yang dilakukan adalah menanamkan
pembiasaan positif di kelas VII khususnya pada saat proses pembelajaran contohnya
menyisipkan nilai-nilai kerakter terhadap peserta dalam materi pembelajaran dan
kegiatan pembelajaran, dan memberikan teladan yang baik. Kedua, bentuk-bentuk
penguatan karakter peserta didik berbasis profil pelajar Pancasila kelas VII di SMP
Negeri 2 Sibulue seperti: mengajak peserta didik untuk melaksanakan shalat dzuhur
berjamaah, pembiasaan berperilaku jujur dan pembiasaan memberikan bantuan pada
orang lain yang membutuhkan. Ketiga, hasil penguatan karakter peserta didik
berbasis profil pelajar Pancasila kelas VII di SMP Negeri 2 Sibulue adalah
meningkatnya kesadaran dan ketaatan beribadah pada peserta didik, tidak menyontek
pada saat ujin dan tumbuhnya semangat kerjasama.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan di
atas, maka penulis dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian
yang telah dilaksanakan, yaitu:
1. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam penguatan karakter
peserta didik berbasis profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 2
Sibulue, hal yang dilakukan seperti: Menanamkan pembiasaan positif
di kelas khususnya pada saat proses pembelajaran contohnya
menyisipkan nilai-nilai kerakter terhadap peserta dalam materi
pembelajaran dan kegiatan pembelajaran, Selalu menasehati dan
memberikan
teguran
yang
sifatnya
mendidik
dan
tidak
mempermalukan peserta didik yang melakukan terkait pelanggaran
tata tertib di sekolah.
2. Bentuk penguatan karakter peserta didik berbasis profil pelajar
Pancasila kelas VII di SMP Negeri 2 Sibulue terdapat beberapa
karakter yaitu: (1) Karakter Religius seperti membiasakan peserta
didik berdoa sebelim dan sesudah pembelajaran, mengajak peserta
didik melaksanakan shalat dzuhur berjamaah, tadarus bersama dan
cemah, (2) Karakter Nasionalis dengan melakukan upacara bendera
pada setiap hari senin kegiatan upacara bendera dapat meningkatkan
nasinalisme terhadap peserta didik dengan cara kegiatan upacara
bendera seperti menghafal isi Pancasila, menyanyikan lagu kebangsaan
Indonesia raya, dan menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan
terdahulu, (3) Karakter Integritas dan Mandiri melalui kegiatan
pembiasaan sehari-hari seperti berkata jujur dan pada saat mengerjakan
ujian dengan jujur tidak menyontek, (4) Karakter Gotong Royong
dengan membiasakan sikap dan tindakan yang ingin selalu
memberikan bantuan pada orang lain yang membutuhkan. Bentuk
karakter ini merupakan bentuk perwujudan dari dimensi profil pelajar
Pancasila.
3. Dampak penguatan karakter peserta didik berbasis profil pelajar
Pancasila kelas VII di SMP Negeri 2 Sibulue adalah meningkatnya
kesadaran dan ketaatan beribadah pada peserta didik, meningkatnya
rasa cinta tanah air dan bangsa, peserta didik lebih jujur dalam ujian
dan tumbuhnya semangat kerjasama dan kebersamaan dalam berbagai
kegiatan.
B. Saran
Mengingat pentingnya penguatan karakter, dan berdasarkan
kesimpulan di atas, maka peneliti mengharapkan beberapa hal sebagai
berikut:
1. Bagi Penulis (Calon Pendidik) dan Pendidik
Diharapkan agar meningkatkan kualitas pembelajaran khususnya
Pendidikan Agama Islam dengan memberikan metode yang beragam
dan menyenangkan yang tidak hanya berpacu pada metode ceramah
saja. Sehingga peserta didik dapat lebih mudah menangkap poin
penting yang disampaikan oleh guru.
2. Bagi siswa
Diharapkan senantiasa menanamkan kesadaran pada diri sendiri bahwa
pentingnya nilai karakter yang baik. dan diharapkan pula segala
sesuatu yang diberikan oleh guru di dengarkan dan diaplikasikan
terkhusus pada pengembangan karakter, sehingga dengan karakter
positif yang tertanam pada diri sendiri akan menjadi bekal kehidupan
yang berguna bagi diri sendiri dan orang lain di sekitar kita di masa
yang akan datang.
Ketersediaan
STAR20240282282/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

282/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top