Implementasi Pembelajaran Character Building Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membangun Karakter Moral Siswa Di Kelas VIII MTs Cina
Nurfaiza/ 862082020080 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran
Character Building Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membangun
Karakter Moral Siswa di Kelas VIII MTs. Cina Penelitian ini dilaksanakan di
MTs. Cina. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data
diperoleh dengan mewawancarai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,
pengurus organisasi ROHIS (Rohani Islam) serta diperoleh dari siswa kelas VIII
B di MTs. Cina.
Implementasi pembelajaran character building merupakan proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
yang sejatinya merupakan sebuah proses pembiasaan yang terus menerus
dilakukan hingga terbentuk watak yang di inginkan. Proses ini membutuhkan
sumber daya dan lingkungan yang mendukung sebagai pembentuknya. Dalam
implementasi pembelajaran character building ada dua langkah yang dilakukan
yaitu pembentukan karakter siswa melalui kegitan guru di sekolah mencakup
pembiasaan berkata jujur, tanggung jawab, disiplin, patuh kemudian pembentukan
karakter siswa melalui peran guru yang mencakup proses pembelajaran dan
keteladanan guru.
Karakter moral atau kepribadian seseorang dapat dilakukan melalui
interaksi sosial ataupun pembiasaan-pembiasaan yang tentunya ada reaksi dan
pelakunya lebih dari satu orang dengan kata lain individu dengan individu,
individu dengan kelompok , atau kelompok dengan kelompok menjelaskan bahwa
tiap kepribadian memiliki perbedaan. Sehingga dalam penerapan pembelajaran
character building dalam membangun karakter moral siswa dalam hal ini terdapat
tiga ranah yang dapat membangun karakter moral siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak yaitu pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral
feeling), tindakan moral (moral action) dan dengan berjalannya program kegitan
ekstrakulikuler Rohis (Rohani Islam) menunjukan bahwa dengan adanya program
tersebut menunjukkan adanya keberhasilan dalam penerapan pembelajaran
character building dalam membangun karkter moral siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak siswa di kelas VIII MTs. Cina.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan
simpulan sebgai berikut:
1. Gambaran proses pembentukan karakter siswa di kelas VIII MTs. Cina
terdapat dua langkah yang dilakukan guru yaitu pembentukan karakter
siswa melalui kegitan di sekolah dan pembentukan karakter siswa
melalui peran guru. Proses pembentukan karakter siswa melalui
kegiatan di sekolah dilaksanakan dengan menerapkan pembiasaan
berkata dan bersikap jujur, tanggung jawab, patuh dan disiplin yang
dilakukan secara rutin dan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk
membentuk karakter siswa sehingga dapat menerapkan nilai-nilai
perilaku yang positif atau baik. Kemudian proses pembentukan karakter
siswa melalui peran guru dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dan
keteladanan guru. Melalui kegiatan pembelajaran karakter siswa yang
terbentuk antara lain kejujuran dan kerjasama. Sedangkan melalui
keteladanan guru, perilaku atau kepribadian guru yang baik akan
dicontoh atau ditiru oleh siswa berperilaku yang baik.
2. Implementasi pembelajaran character building dalam membangun
karakter moral pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di kelas VIII
MTs. Cina telah di terapkan dengan sebaik-baiknya. Dengan melalui
penggunaan kurikulum 2013, penggunaan metode ceramah, penyiapan
perangkat pembelajaran dan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)
menjadi hal yang harus diterapkan karena dalam prakteknya mampu
memberikan pengaruh kepada peserta didik. Kemudian dalam
penerapan pembelajaran character building dalam membangun karakter
moral siswa juga terdapat tiga ranah yang dapat membangun karakter
moral siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu pengetahuan
moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), tindakan moral
(moral action) dan dengan berjalannya program kegitan ekstrakulikuler
Rohis (Rohani Islam) menunjukan bahwa dengan adanya program
tersebut menunjukkan adanya keberhasilan dalam penerapan
pembelajaran character building dalam membangun karkter moral
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di kelas VIII MTs.
Cina.
B. Saran
Setelah melaksanakan penelitian tentang implementasi
pembleajaran character building pada mata pelajaran Akidah Akhlak
dalam membangun karakter moral siswa di kelas VIII MTs. Cina, maka
adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peranan penting dalam
keberhasilan suatu pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami
tentang pentingnya pembelajaran charater building dalam pembelajaran
karena terkadang dalam pengembangan karakter siswa melalui proses
pembelajaran ada beberapa yang tidak bisa di laksanakan atau
diterapkan dengan baik sehingga membutuhkan pendekatan atau
metode serta pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan dalam
menyampaikan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan
mudah dipahami oleh peserta didik.
2. Bagi peserta didik agar dapat memahami materi pembelajaran yang
dipaparkan oleh guru dengan baik supaya tujuan pembelajaran dapat
tercapai.
Character Building Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Dalam Membangun
Karakter Moral Siswa di Kelas VIII MTs. Cina Penelitian ini dilaksanakan di
MTs. Cina. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data
diperoleh dengan mewawancarai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan,
pengurus organisasi ROHIS (Rohani Islam) serta diperoleh dari siswa kelas VIII
B di MTs. Cina.
Implementasi pembelajaran character building merupakan proses interaksi
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar
yang sejatinya merupakan sebuah proses pembiasaan yang terus menerus
dilakukan hingga terbentuk watak yang di inginkan. Proses ini membutuhkan
sumber daya dan lingkungan yang mendukung sebagai pembentuknya. Dalam
implementasi pembelajaran character building ada dua langkah yang dilakukan
yaitu pembentukan karakter siswa melalui kegitan guru di sekolah mencakup
pembiasaan berkata jujur, tanggung jawab, disiplin, patuh kemudian pembentukan
karakter siswa melalui peran guru yang mencakup proses pembelajaran dan
keteladanan guru.
Karakter moral atau kepribadian seseorang dapat dilakukan melalui
interaksi sosial ataupun pembiasaan-pembiasaan yang tentunya ada reaksi dan
pelakunya lebih dari satu orang dengan kata lain individu dengan individu,
individu dengan kelompok , atau kelompok dengan kelompok menjelaskan bahwa
tiap kepribadian memiliki perbedaan. Sehingga dalam penerapan pembelajaran
character building dalam membangun karakter moral siswa dalam hal ini terdapat
tiga ranah yang dapat membangun karakter moral siswa pada mata pelajaran
akidah akhlak yaitu pengetahuan moral (moral knowing), perasaan moral (moral
feeling), tindakan moral (moral action) dan dengan berjalannya program kegitan
ekstrakulikuler Rohis (Rohani Islam) menunjukan bahwa dengan adanya program
tersebut menunjukkan adanya keberhasilan dalam penerapan pembelajaran
character building dalam membangun karkter moral siswa pada mata pelajaran
Akidah Akhlak siswa di kelas VIII MTs. Cina.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian maka penulis mengemukakan
simpulan sebgai berikut:
1. Gambaran proses pembentukan karakter siswa di kelas VIII MTs. Cina
terdapat dua langkah yang dilakukan guru yaitu pembentukan karakter
siswa melalui kegitan di sekolah dan pembentukan karakter siswa
melalui peran guru. Proses pembentukan karakter siswa melalui
kegiatan di sekolah dilaksanakan dengan menerapkan pembiasaan
berkata dan bersikap jujur, tanggung jawab, patuh dan disiplin yang
dilakukan secara rutin dan secara berulang-ulang dengan tujuan untuk
membentuk karakter siswa sehingga dapat menerapkan nilai-nilai
perilaku yang positif atau baik. Kemudian proses pembentukan karakter
siswa melalui peran guru dilakukan melalui kegiatan pembelajaran dan
keteladanan guru. Melalui kegiatan pembelajaran karakter siswa yang
terbentuk antara lain kejujuran dan kerjasama. Sedangkan melalui
keteladanan guru, perilaku atau kepribadian guru yang baik akan
dicontoh atau ditiru oleh siswa berperilaku yang baik.
2. Implementasi pembelajaran character building dalam membangun
karakter moral pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di kelas VIII
MTs. Cina telah di terapkan dengan sebaik-baiknya. Dengan melalui
penggunaan kurikulum 2013, penggunaan metode ceramah, penyiapan
perangkat pembelajaran dan Rencana Pelaksanan Pembelajaran (RPP)
menjadi hal yang harus diterapkan karena dalam prakteknya mampu
memberikan pengaruh kepada peserta didik. Kemudian dalam
penerapan pembelajaran character building dalam membangun karakter
moral siswa juga terdapat tiga ranah yang dapat membangun karakter
moral siswa pada mata pelajaran akidah akhlak yaitu pengetahuan
moral (moral knowing), perasaan moral (moral feeling), tindakan moral
(moral action) dan dengan berjalannya program kegitan ekstrakulikuler
Rohis (Rohani Islam) menunjukan bahwa dengan adanya program
tersebut menunjukkan adanya keberhasilan dalam penerapan
pembelajaran character building dalam membangun karkter moral
siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa di kelas VIII MTs.
Cina.
B. Saran
Setelah melaksanakan penelitian tentang implementasi
pembleajaran character building pada mata pelajaran Akidah Akhlak
dalam membangun karakter moral siswa di kelas VIII MTs. Cina, maka
adapun saran yang akan peneliti sampaikan yaitu sebagai berikut:
1. Sebagai seorang guru yang memiliki peranan penting dalam
keberhasilan suatu pembelajaran, sebaiknya harus lebih memahami
tentang pentingnya pembelajaran charater building dalam pembelajaran
karena terkadang dalam pengembangan karakter siswa melalui proses
pembelajaran ada beberapa yang tidak bisa di laksanakan atau
diterapkan dengan baik sehingga membutuhkan pendekatan atau
metode serta pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan dalam
menyampaikan agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan
mudah dipahami oleh peserta didik.
2. Bagi peserta didik agar dapat memahami materi pembelajaran yang
dipaparkan oleh guru dengan baik supaya tujuan pembelajaran dapat
tercapai.
Ketersediaan
| STAR20240114 | 114/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
114/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
