Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Projec Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Mts Miftahul Khaaer Mare Kab. Bone
Andi Asyrawati/862082020143 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan project based learning
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII DI Mts miftahul khaer mare.
Jenis penelitian adalah eksperimen quasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang
berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket motivasi belajar
siswa. Data dianalisis dengan dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran project based learning dan pembelajaran
konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi
dan rendah dalam pembelajaran project based learning. (3) Terdapat interaksi antara
pembelajaran project based learning dan motivasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar
siswa.
A. Kesimpulan
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu Penerapan model pembelajaran Project
Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi
belajar dan hasil belajar siswa. Melalui pendekatan ini, siswa diberikan kesempatan
untuk terlibat langsung dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata,
sehingga meningkatkan ketertarikan dan keinginan mereka untuk belajar. PBL
mendorong siswa untuk berkolaborasi, berpikir kritis, dan menerapkan
pengetahuan yang telah dipelajari, yang berkontribusi pada peningkatan hasil
belajar.
Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran Project Based Learning
dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa secara signifikan,
menjadikannya sebagai alternatif yang efektif dalam proses pendidikan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, peneliti ingin memberikan
saran sebagai berikut:
1. Untuk guru
Guru harus kreatif dalam mengelola materi Misalnya dalam pemilihan
model pembelajaran yang menarik seperti model pembelajaran project based
learning
2. Untuk pelajar
Siswa harus belajar lebih banyak untuk melatih kemampuan mereka.Siswa
harus belajar lebih giat agar kemampuan dapat meningkat dan lebih terlatih.
3. Bagi peneliti selanjutnya
1) Karena penelitian ini memberikan hasil yang cukup baik, maka diharapkan
pada penelitian selanjutnya peneliti dapat melakukan penelitian ini dengan
lebih baik dan memberikan hasil yang lebih baik.
2) Peneliti selanjutnya agar lebih mengatur waktu sedemikian rupa dengan
baik selama proses pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran yang telah diterapkan
dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII DI Mts miftahul khaer mare.
Jenis penelitian adalah eksperimen quasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang
berjumlah 28 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes dan angket motivasi belajar
siswa. Data dianalisis dengan dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat
perbedaan hasil belajar siswa dalam pembelajaran project based learning dan pembelajaran
konvensional. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang bermotivasi belajar tinggi
dan rendah dalam pembelajaran project based learning. (3) Terdapat interaksi antara
pembelajaran project based learning dan motivasi siswa dalam mempengaruhi hasil belajar
siswa.
A. Kesimpulan
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu Penerapan model pembelajaran Project
Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi
belajar dan hasil belajar siswa. Melalui pendekatan ini, siswa diberikan kesempatan
untuk terlibat langsung dalam proyek yang relevan dengan kehidupan nyata,
sehingga meningkatkan ketertarikan dan keinginan mereka untuk belajar. PBL
mendorong siswa untuk berkolaborasi, berpikir kritis, dan menerapkan
pengetahuan yang telah dipelajari, yang berkontribusi pada peningkatan hasil
belajar.
Secara keseluruhan, penerapan model pembelajaran Project Based Learning
dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa secara signifikan,
menjadikannya sebagai alternatif yang efektif dalam proses pendidikan.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan, peneliti ingin memberikan
saran sebagai berikut:
1. Untuk guru
Guru harus kreatif dalam mengelola materi Misalnya dalam pemilihan
model pembelajaran yang menarik seperti model pembelajaran project based
learning
2. Untuk pelajar
Siswa harus belajar lebih banyak untuk melatih kemampuan mereka.Siswa
harus belajar lebih giat agar kemampuan dapat meningkat dan lebih terlatih.
3. Bagi peneliti selanjutnya
1) Karena penelitian ini memberikan hasil yang cukup baik, maka diharapkan
pada penelitian selanjutnya peneliti dapat melakukan penelitian ini dengan
lebih baik dan memberikan hasil yang lebih baik.
2) Peneliti selanjutnya agar lebih mengatur waktu sedemikian rupa dengan
baik selama proses pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran yang telah diterapkan
Ketersediaan
| STAR20240367 | 367/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
367/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
