Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening pada UKM di Kabupaten Bone
Muh. Safar Arif/01.18.5080 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui
Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening pada UKM di Kabupaten Bone. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap
kinerja pemasaran, pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, pengaruh
orientasi pasar terhadap inovasi produk, pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja
pemasaran melalui mediasi inovasi produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bone dengan menggunakan
sampel 100 responden. Data-data tersebut diuji dengan menggunakan teknik
Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja
pemasaran pada UKM di Kabupaten Bone, inovasi produk berpengaruh terhadap
kinerja pemasaran pada UKM di Kabupaten Bone, orientasi pasar berpengaruh
terhadap inovasi produk pada UKM di Kabupaten Bone, dan orientasi pasar
berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui mediasi inovasi produk.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian hipotesis yang
telah dibahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan tersebut adalah:
1. Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran
pada UKM di Kabupaten Bone. Artinya, apabila orientasi pasar ditingkatkan
maka kinerja pemasaran juga akan mengalami peningkatan. Maknanya,
apabila pelaku UKM menginginkan kinerja pemasaran yang baik maka perlu
menerapkan orientasi pasar berupa orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan
koordinasi antar fungsi.
2. Inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran
pada UKM di Kabupaten Bone. Artinya, apabila inovasi produk ditingkatkan
maka kinerja pemasaran juga akan mengalami peningkatan. Maknanya,
apabila pelaku UKM menginginkan kinerja pemasaran yang baik maka perlu
menerapkan inovasi produk berupa inovasi teknis dan inovasi administratif.
3. Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi produk pada
UKM di Kabupaten Bone. Artinya, apabila orientasi pasar ditingkatkan maka
inovasi produk juga akan mengalami peningkatan. Maknanya, apabila pelaku
UKM senantiasa melakukan orientasi pasar yang baik maka inovasi produk
juga akan semakin bervariasi. Pelaku UKM yang senantiasa memperhatikan
kondisi pasar maka akan lebih mudah dalam mempelajari perubahan-
perubahan yang terjadi di pasar dan dapat menciptakan suatu produk yang
dibutuhkan oleh masyarakat.
4. Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran
melalui mediasi inovasi produk pada UKM di Kabupaten Bone. Artinya,
apabila orientasi pasar dan inovasi produk ditingkatkan maka kinerja
pemasaran juga akan mengalami peningkatan. Maknanya, apabila pelaku
UKM menginginkan kinerja pemasaran yang baik maka perlu menerapkan
orientasi pasar berupa orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi
antar fungsi. Selain itu, pelaku UKM juga perlu memperhatikan aspek inovasi
produk berupa inovasi teknis dan inovasi administratif. Hal ini sangat penting
dilakukan agar terciptanya loyalitas pelanggan sehingga UKM akan
mengalami kemajuan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja
pemasaran baik melalui mediasi inovasi produk ataupun tidak. Hal ini
mengandung implikasi bahwa pemilik UKM harus terus mengetahui dan
memahami perkembangan pasar agar senantiasa dapat bersaing dan meningkatkan
kinerja pemasaran yang dilakukan.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi pemilik UKM agar terus melakukan dan meningkatkan orientasi pasar
karena hal ini terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja
pemasaran.
2. Bagi peneliti selanjutnya, dengan adanya penelitian ini diharapkan mendorong
penelitian sejenis berikutnya agar tercipta suatu penelitian yang saling
melengkapi. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini masih sangat sederhana
sehingga masih perlu pengembangan untuk peneliti berikutnya sehingga
penelitian menjadi lebih luas dan menyeluruh. Kami menyarankan agar
meneliti kinerja pemasaran menggunakan skala rasio agar data yang
didapatkan lebih riil dan sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.
Inovasi Produk Sebagai Variabel Intervening pada UKM di Kabupaten Bone. Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap
kinerja pemasaran, pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, pengaruh
orientasi pasar terhadap inovasi produk, pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja
pemasaran melalui mediasi inovasi produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data yang
digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Bone dengan menggunakan
sampel 100 responden. Data-data tersebut diuji dengan menggunakan teknik
Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan alat analisis SmartPLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap kinerja
pemasaran pada UKM di Kabupaten Bone, inovasi produk berpengaruh terhadap
kinerja pemasaran pada UKM di Kabupaten Bone, orientasi pasar berpengaruh
terhadap inovasi produk pada UKM di Kabupaten Bone, dan orientasi pasar
berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui mediasi inovasi produk.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh kesimpulan
yang merupakan jawaban dari rumusan masalah dan pembuktian hipotesis yang
telah dibahas pada bab sebelumnya. Adapun kesimpulan tersebut adalah:
1. Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran
pada UKM di Kabupaten Bone. Artinya, apabila orientasi pasar ditingkatkan
maka kinerja pemasaran juga akan mengalami peningkatan. Maknanya,
apabila pelaku UKM menginginkan kinerja pemasaran yang baik maka perlu
menerapkan orientasi pasar berupa orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan
koordinasi antar fungsi.
2. Inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran
pada UKM di Kabupaten Bone. Artinya, apabila inovasi produk ditingkatkan
maka kinerja pemasaran juga akan mengalami peningkatan. Maknanya,
apabila pelaku UKM menginginkan kinerja pemasaran yang baik maka perlu
menerapkan inovasi produk berupa inovasi teknis dan inovasi administratif.
3. Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap inovasi produk pada
UKM di Kabupaten Bone. Artinya, apabila orientasi pasar ditingkatkan maka
inovasi produk juga akan mengalami peningkatan. Maknanya, apabila pelaku
UKM senantiasa melakukan orientasi pasar yang baik maka inovasi produk
juga akan semakin bervariasi. Pelaku UKM yang senantiasa memperhatikan
kondisi pasar maka akan lebih mudah dalam mempelajari perubahan-
perubahan yang terjadi di pasar dan dapat menciptakan suatu produk yang
dibutuhkan oleh masyarakat.
4. Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran
melalui mediasi inovasi produk pada UKM di Kabupaten Bone. Artinya,
apabila orientasi pasar dan inovasi produk ditingkatkan maka kinerja
pemasaran juga akan mengalami peningkatan. Maknanya, apabila pelaku
UKM menginginkan kinerja pemasaran yang baik maka perlu menerapkan
orientasi pasar berupa orientasi pelanggan, orientasi pesaing, dan koordinasi
antar fungsi. Selain itu, pelaku UKM juga perlu memperhatikan aspek inovasi
produk berupa inovasi teknis dan inovasi administratif. Hal ini sangat penting
dilakukan agar terciptanya loyalitas pelanggan sehingga UKM akan
mengalami kemajuan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang telah diuraikan,
menyatakan bahwa orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja
pemasaran baik melalui mediasi inovasi produk ataupun tidak. Hal ini
mengandung implikasi bahwa pemilik UKM harus terus mengetahui dan
memahami perkembangan pasar agar senantiasa dapat bersaing dan meningkatkan
kinerja pemasaran yang dilakukan.
C. Saran
Berdasarkan kesimpulan dari penelitian ini, maka disampaikan saran
sebagai berikut:
1. Bagi pemilik UKM agar terus melakukan dan meningkatkan orientasi pasar
karena hal ini terbukti menjadi faktor penting dalam meningkatkan kinerja
pemasaran.
2. Bagi peneliti selanjutnya, dengan adanya penelitian ini diharapkan mendorong
penelitian sejenis berikutnya agar tercipta suatu penelitian yang saling
melengkapi. Hal ini dikarenakan pada penelitian ini masih sangat sederhana
sehingga masih perlu pengembangan untuk peneliti berikutnya sehingga
penelitian menjadi lebih luas dan menyeluruh. Kami menyarankan agar
meneliti kinerja pemasaran menggunakan skala rasio agar data yang
didapatkan lebih riil dan sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan.
Ketersediaan
| SFEBI20230006 | 06/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
06/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
