Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VII MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran index card match
dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih kelas VII MTs
Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Kegunaan penelitian yang dilakukan adalah kegunaan ilmiah dan kegunaan praktis.
Untuk memudahkan pemecahan masalah tersebut, penulis mengumpulkan data
dengan menggunakan teknik tes dan non tes. Tes adalah serentetan pertanyaan atau
latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur keterampilan, pengetahuan
intelegensi, kemampuan atau bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok
sedangkan non Tes adalah cara penilaian hasil belajar peserta didik yang dilakukan
tanpa menguji peserta didik tetapi dengan melakukan pengamatan secara sistematis.
Penerapan model pembelajaran index card match dalam pembelajaran fikih peserta
didik kelas VII di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru dapat diketahui
berdasarkan hasil presentasi angket yang disebar. Dari hasil presentasi angket dari 10
pertanyaan 9 di antaranya selalu dilaksanakan, 1 di antaranya kadang-kadang
dilaksanakan, dan 0 di antaranya pernah dilaksanakan, dan tidak pernah dilaksanakan.
Hasil belajar peserta didik kelas IX di MTs Nurul Aeyn As‟adiyah Kampung Baru
dalam pembelajaran fikih. Pada pre test dengan rata-rata 40 sedangkan post test
dengan rata-rata 82. Model pembelajaran index card match (X) terhadap hasil belajar
(Y) dengan hubungan antara dua variabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu t hitung =
8,87 sedangkan t tabel = 1,72913.Maka dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka
artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa
lebih baik setelah menerapkan model pembelajaran index card match. Oleh karena
itu,ada peningkatan hasil belajar setalah menerapkan model pembelajaran index card
match.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
sebelumnya , penulis dapat memberikan simpulan sebagai berikut.
1. Penerapan model pembelajaran index card match dalam pembelajaran fikih
peserta didik kelas VII di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung Baru dapat
diketahui berdasarkan hasil presentasi angket yang disebar. Dari hasil
presentasi angket dari 10 pernyataan 9 di antaranya selalu dilaksanakan, 1 di
antaranya kadang-kadang dilaksanakan.
2. Hasil belajar peserta didik kelas VII di MTs Nurul Aeyn As’adiyah Kampung
Baru dalam pembelajaran fikih. Pada pre test dengan rata-rata 40 sedangkan
post test dengan rata-rata 82. Model pembelajaran index card match (X)
terhadap hasil belajar (Y) dengan hubungan antara dua variabel dengan taraf
signifikansi 0,05 yaitu t hitung = 8,87 sedangkan t tabel = 1,72913.Maka dapat
disimpulkan bahwa t hitung > t tabel, maka artinya H 1 di terima dan H 0 di tolak.
Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa lebih baik setelah menerapkan
model pembelajaran index card match. Oleh karena itu,ada peningkatan hasil
belajar setelah menerapkan model pembelajaran index card match.
B. Implikasi
Setelah penulis menguraikan simpulan di atas, maka di bawah ini akan
diuraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saran-saran yang
penulis maksud adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru, dapat menggunakan model pembelajaran index card match sebagai
alternatif dalam proses pembelajaran fikih untuk meningkatkan hasil belajar
peserta didik.
2. Bagi peserta didik, dituntut untuk lebih giat lagi dalam belajar agar hasil
belajar yang didapatkan lebih baik.
3. Bagi sekolah, diharapkan untuk melengkapi kebutuhan dalam proses belajar
mengajar, agar pembelajaran dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.
4. Bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk
melakukan penelitian selanjutnya, khususnya penelitian tentang model
pembelajaran index card match dan hasil belajar.
Ketersediaan
STAR20220356356/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

356/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top