Efektivitas Penggunaan Media Papan Rantai Makanan Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas IV Di MI Nurul Hidayah Panyula

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang “Efektivitas Penggunaan Media Papan Rantai
Makanan Untuk Meningkatkan Pemahaman Pada Siswa Kelas IV Di MI Nurul
Hidayah Panyula”. Hal yang penting dikaji dalam skripsi ini yakni untuk
mengetahui bagaimana pemahaman tentang materi rantai makanan sebelum
penggunaan media Papan Rantai Makanan (RAMA) pada siswa kelas IV MI
Nurul Hidayah Panyula dan bagaimana pemahaman tentang materi rantai
makanan setelah penggunaan media Papan Rantai Makanan dan bagaimana
efektifitas penggunaan media Papan Rantai Makanan (RAMA) dalam
meningkatkan pemahaman pada siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Panyula.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksperiment dengan
model one group pretest and posttest design. Teknik analisis data yang digunakan
adalah teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial.
Berdasarkan data keseluruhan pretest dapat menunjukkan bahwa, pemahaman
siswa sebelum penggunaan media papan rantai makanan (RAMA) ditemukan
bahwa kurangnya daya ketertarikan atau merasa bosan saat proses pembelajaran
berlangsung. Kedua Pemahaman siswa setelah penggunaan media papan rantai
makanan (RAMA) ditemukan bahwa penggunaan media dapat menarik perhatian
siswa dan lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Dari beberapa
uraian dari hasil penelitan dapat diketahui bahwa pemahaman siswa termasuk
dalam kategori sangat baik, yaitu berada pada nilai interval >60 dengan nilai rata-
rata 73 tersebut diperoleh dari hasil perhitungan nilai rata-rata perhitungan
postest. Ketiga Efektivitas penggunaan media papan rantai makanan (RAMA)
dalam meningkatkan pemahaman siswa. proses pembelajaran pretest dan posttest
yang ditunjukan melalui uji t yakni 0,000 ˃ 0,005 dibuktikan dengan analisis
statistik yangmenyatakan bahwa sig ˂ α yaitu 0,081 ˃ 0,05. Dengan demikian, H 0
ditolak dan H 1 diterima.
A. Kesimpulan
Dari penjelasan yang sudah dipaparkan pada bab sebelumnya,
penulis menyimpulkan bahwa :
MI Nurul Hidayah Panyula berlokasi di Kelurahan Panyula
Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi
Selatan, Indonesia.
1. Berdasarkan data keseluruhan pretest menunjukkan bahwa, pemahaman
siswa sebelum penggunaan media papan rantai makanan (RAMA)
ditemukan bahwa kurangnya daya ketertarikan atau merasa bosan saat
proses pembelajaran berlangsung tanpa menggunakan media
pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu
35,7
2. Pemahaman siswa setelah penggunaan media papan rantai makanan
(RAMA) ditemukan bahwa penggunaan media dapat menarik perhatian
siswa dan lebih aktif dalam proses pembelajaran berlangsung. Dari
beberapa uraian dari hasil penelian dapat diketahui bahwa pemahaman
siswa termasuk dalam kategori sangat baik, yaitu berada pada nilai
interval >60dengan nilai rata-rata 73 tersebut diperoleh dari hasil
perhitungan nilai rata-rata perhitungan postest.
3. Efektivitas penggunaan media papan rantai makanan (RAMA) dalam
meningkatkan pemahaman siswa.proses pembelajaran pretest dan
posttest yang ditunjukan melalui uji hipotesis yakni 0,000 ˃ 0,005
dibuktikan dengan analisis statistik yangmenyatakan bahwa sig ˂ α yaitu
0,081 ˃ 0,05. Dengan demikian, H 0 ditolak dan H 1 diterima. Sehingga
dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap
pengaruh media papan rantai makanan dalam meningkatkan pemahaman
siswa kelas IV MI Nurul hidayah panyula. Berdasarkan hasil statistik
inferensial peneliti dapat menyimpulkan bahwa media papan rantai
makanan terhadap pemahaman siswa kelas IV di MI Nurul Hidayah
Panyula sangat efektif digunakan. Hal ini menunjukan pelaksanaan
penelitian sesuai dengan yang direncanakan.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, maka penelitian menggunakan saran untuk
meningkatkan pemahaman siswa dari mutu pendidikan. Adapun saran-saran yang
penulis sampaikan adalah sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan kepada guru agar dapat menerapkan media papan
rantai makanan (RAMA) dalam proses belajar mengajar dengan
menyesuaikan karakteristik materi pelajaran dalam rangka meningkatkan
pemahaman siswa.
2. Setiap media pembelajaran mempunyai kelebihan dan kekurangan
tersendiri. Oleh karena itu, guru harus mampu memilih media pembelajaran
yang sesuai dengan materi pelajaran, tujuan yang harus dicapai, waktu yang
tersedia serta sarana dan prasarana yang dimiliki.
3. Pihak sekolah hendaknya selalu memberikan dukungan kepada guru dalam
pengenalan media dimulai sejak dini kepada siswa.
Ketersediaan
STAR20220354354/2022Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

354/2022

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top