Efektivitas Penggunaan Media Congklak dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Dasar Perkalian Siswa Kelas II MIN 2 Bone
Arpandi/862322019043 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media congklak
dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas II MIN 2
Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest- Posttest Design. Dalam
penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas II MIN 2 Bone
berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes
pemahaman konsep perkalian berbentuk pilihan ganda dan uraian. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Proses pembelajaran menggunakan media congklak
dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa, 2. Pemahaman
konsep siswa pada mata pelajaran matematika tentang konsep perkalian yang
hasilnya bilangan dua angka dengan menggunakan media congklak lebih
termotivasi karena akan menarik perhatian serta menumbuhkan minat belajar
siswa, sehingga siswa secara aktif terlibat dalam pembelajaran dan memahami
konsep materi yang diajarkan. 3 Menggunakan media congklak efektif dalam
pemahaman konsep perkalian dasar siswa kelas II MIN 2 Bone yang berdasarkan
pada uji Paired Sample T-Test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti
kecil dari
dalam meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa kelas II MIN 2
Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain yang digunakan desain One Group Pretest- Posttest Design. Dalam
penelitian ini yang menjadi sampel adalah seluruh siswa kelas II MIN 2 Bone
berjumlah 15 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes
pemahaman konsep perkalian berbentuk pilihan ganda dan uraian. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program
Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini yaitu: 1. Proses pembelajaran menggunakan media congklak
dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar perkalian siswa, 2. Pemahaman
konsep siswa pada mata pelajaran matematika tentang konsep perkalian yang
hasilnya bilangan dua angka dengan menggunakan media congklak lebih
termotivasi karena akan menarik perhatian serta menumbuhkan minat belajar
siswa, sehingga siswa secara aktif terlibat dalam pembelajaran dan memahami
konsep materi yang diajarkan. 3 Menggunakan media congklak efektif dalam
pemahaman konsep perkalian dasar siswa kelas II MIN 2 Bone yang berdasarkan
pada uji Paired Sample T-Test diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti
kecil dari
Ketersediaan
| STAR20230112 | 112/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
112/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
