Peran Guru PAI dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menarik Bagi Siswa Di SMPN 7 Watampone
Hasnidar/0218.1150 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai Peran Guru PAI dalam Memanfaatkan Media
Pembelajaran Audio Visual untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menarik. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru PAI dalam
memanfaatkan media pembelajaran audio visual untuk menciptakan pembelajaran
menarik bagi siswa SMPN 7 Watampone. 2) Bagaimana hasil pembelajaran
menggunakan media audio visual bagi siswa SMPN 7 Watampone. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu
penelitian yang hasilnya berupa data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan perilaku yang diamati, pendekatan ini diarahkan pada latar dan
individu tersebut secara utuh. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas VIII. A yang ada di SMPN 7 Watampone. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki beberapa peran yang harus
dilakukan dalam proses belajar yaitu, sebelum media pembelajaran digunakan guru
menginformasikan kepada siswa melalui group mata pelajaran pendidikan agama
Islam untuk membawa handpone pada saat jadwal mata pelajaran tersebut, setelah itu
guru mencari materi pembelajaran di aplikasi youtube berupa vidio pembelajaran
untuk dibagikan kepada siswa melalui link pada saat proses pembelajaran akan
berlangsung dan siswa mendownload link yang sudah dibagikan agar proses belajar
dapat berlangsung dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Guru
menggunakan media pembelajaran audio visual dalam proses belajar untuk
menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa artinya adanya intraksi dan
komunikasi antara guru dan siswa, adanya suasana ceria, adanya humor ringan dalam
pembelajaran, dapat menciptakan lingkungan tanpa strees, dan keberhasilan
memberikan stimulus yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Setelah
menggunakan media audio visual dalam proses belajar diharapkan pembelajaran
menyenangkan artinya tercapainya tujuan belajar dan siswa senang dengan
pembelajaran yang guru terapkan, hal tersebut dapat dilihat pada saat proses
pembelajaran berlangsung yakni siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar serta
saat pemberian tugas nilai siswa lebih baik dari sebelumnya
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya,
sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Peran Guru PAI dalam
Memanfaatkan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Menciptakan Pembelajaran
yang Menarik bagi Siswa di SMPN 7 Watampone, maka dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut:
1. Guru PAI memiliki beberapa peran yang harus dilakukan dalam proses belajar
yaitu, guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai mediator, guru
sebagai model dan telan, guru sebagai motivator dan guru sebagai evaluator.
Peran guru PAI dalam memanfaatkan media audio visual merupakan peran
guru sebagai mediator. sebelum media pembelajaran digunakan guru
menginformasikan kepada siswa melalui group mata pelajaran pendidikan
agama Islam untuk membawa handpone pada saat jadwal mata pelajaran
tersebut, setelah itu guru mencari materi pembelajaran di aplikasi youtube
berupa vidio pembelajaran untuk dibagikan kepada siswa melalui link pada
saat proses pembelajaran akan berlangsung dan siswa mendownload link yang
sudah dibagikan agar proses belajar dapat berlangsung dengan menggunakan
media pembelajaran audio visual. Dimana guru menggunakan media audio
visual dalam proses belajar untuk menciptakan pembelajaran yang menarik
bagi siswa. Sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh guru
untuk mencapai tujuan belajar dan penggunaan media dalam proses belajar
lebih efektif dan efisien sebagai alat bantu penunjang keberhasilan proses
75
belajar siswa. Penggunaan media audio visual dalam proses belajar untuk
menciptakan pembelajaran yang menarik/menyenangkan berarti siswa
memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru melalui media
audio visual. Dengan memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan
melalui media audio visual tersebut diharapkan adanya interaksi yang terjalin
antara guru dan siswa dengan adanya umpan balik berupa tanya jawab agar
dapat tercipta suasana belajar yang menarik/menyenangkan dengan
menggunakan media audio visual.
2. Pemanfaatan media audio visual untuk menciptakan pembelajaran yang
menarik bagi siswa dimana dalam penggunaan media audio visual kelas VIII.
A di SMPN 7 Watampone, pembelajaran yang menarik yang dimaksud yaitu:
adanya interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa, adanya suasana ceria,
adanya humor ringan dalam pembelajaran, dapat menciptakan lingkungan
tanpa strees, dan keberhasilan memberikan stimulus yang menyenangkan
dalam proses belajar, dengan menggunakan media audio visual dalam proses
belajara diharapkan pembelajaran menyenangkan yang dimaksud dapat terjadi
untuk tercapainya tujuan belajar. Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa
penggunaan media audio visual lebih efektif digunakan dalam pembelajaran
untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa di SMPN
7 Watampone, selain itu siswa juga memberikan respon yang baik dalam
mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan tanpa menggunakan media
audio visual.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, untuk menerapkan peran guru sebagai mediator.
Dimana guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup
tentang media pembelajaran khususnya media audio visual, karena media
pembelajaran merupakan alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses
belajar mengajar, dan untuk menumbuhkan kemampuan dalam memanfaatkan
media audio visual dalam proses belajar untuk menciptakan suasana yang
menarik bagi siswa, dimana media yang digunakan yaitu media audio visual
karena media ini sangat membantu siswa dalam menerima materi pelajaran.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan media audio visual ini siswa diharapkan lebih
dapat memperhatikan materi pelajaran yang dipaparkan melalui media audio
visual agar dapat tercipta suasana belajar yang menarik/menyenangkan
dengan adanya umpan balik berupa pertanyaan antar guru dan siswa agar
suasana belajar tidak membosankan.
3. Bagi peneliti, untuk kedepannya penelitian ini akan sangat berguna untuk
menambah wawasan mengenai peran guru dalam memanfaatkan media
pembelajaran audio visual untuk menciptakan pelajaran yang menarik bagi
siswa.
Pembelajaran Audio Visual untuk Menciptakan Pembelajaran yang Menarik. Pokok
permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru PAI dalam
memanfaatkan media pembelajaran audio visual untuk menciptakan pembelajaran
menarik bagi siswa SMPN 7 Watampone. 2) Bagaimana hasil pembelajaran
menggunakan media audio visual bagi siswa SMPN 7 Watampone. Jenis penelitian
yang digunakan yaitu penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu
penelitian yang hasilnya berupa data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari orang-orang dan perilaku yang diamati, pendekatan ini diarahkan pada latar dan
individu tersebut secara utuh. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan
siswa kelas VIII. A yang ada di SMPN 7 Watampone. Adapun teknik pengumpulan
data yang digunakan antara lain: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki beberapa peran yang harus
dilakukan dalam proses belajar yaitu, sebelum media pembelajaran digunakan guru
menginformasikan kepada siswa melalui group mata pelajaran pendidikan agama
Islam untuk membawa handpone pada saat jadwal mata pelajaran tersebut, setelah itu
guru mencari materi pembelajaran di aplikasi youtube berupa vidio pembelajaran
untuk dibagikan kepada siswa melalui link pada saat proses pembelajaran akan
berlangsung dan siswa mendownload link yang sudah dibagikan agar proses belajar
dapat berlangsung dengan menggunakan media pembelajaran audio visual. Guru
menggunakan media pembelajaran audio visual dalam proses belajar untuk
menciptakan pembelajaran yang menarik bagi siswa artinya adanya intraksi dan
komunikasi antara guru dan siswa, adanya suasana ceria, adanya humor ringan dalam
pembelajaran, dapat menciptakan lingkungan tanpa strees, dan keberhasilan
memberikan stimulus yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Setelah
menggunakan media audio visual dalam proses belajar diharapkan pembelajaran
menyenangkan artinya tercapainya tujuan belajar dan siswa senang dengan
pembelajaran yang guru terapkan, hal tersebut dapat dilihat pada saat proses
pembelajaran berlangsung yakni siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar serta
saat pemberian tugas nilai siswa lebih baik dari sebelumnya
A. Simpulan
Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan dalam bab-bab sebelumnya,
sesuai data hasil penelitian dan analisis peneliti mengenai Peran Guru PAI dalam
Memanfaatkan Media Pembelajaran Audio Visual untuk Menciptakan Pembelajaran
yang Menarik bagi Siswa di SMPN 7 Watampone, maka dapat ditarik kesimpulan
sebagai berikut:
1. Guru PAI memiliki beberapa peran yang harus dilakukan dalam proses belajar
yaitu, guru sebagai pendidik dan pengajar, guru sebagai mediator, guru
sebagai model dan telan, guru sebagai motivator dan guru sebagai evaluator.
Peran guru PAI dalam memanfaatkan media audio visual merupakan peran
guru sebagai mediator. sebelum media pembelajaran digunakan guru
menginformasikan kepada siswa melalui group mata pelajaran pendidikan
agama Islam untuk membawa handpone pada saat jadwal mata pelajaran
tersebut, setelah itu guru mencari materi pembelajaran di aplikasi youtube
berupa vidio pembelajaran untuk dibagikan kepada siswa melalui link pada
saat proses pembelajaran akan berlangsung dan siswa mendownload link yang
sudah dibagikan agar proses belajar dapat berlangsung dengan menggunakan
media pembelajaran audio visual. Dimana guru menggunakan media audio
visual dalam proses belajar untuk menciptakan pembelajaran yang menarik
bagi siswa. Sebagai salah satu media pembelajaran yang digunakan oleh guru
untuk mencapai tujuan belajar dan penggunaan media dalam proses belajar
lebih efektif dan efisien sebagai alat bantu penunjang keberhasilan proses
75
belajar siswa. Penggunaan media audio visual dalam proses belajar untuk
menciptakan pembelajaran yang menarik/menyenangkan berarti siswa
memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru melalui media
audio visual. Dengan memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan
melalui media audio visual tersebut diharapkan adanya interaksi yang terjalin
antara guru dan siswa dengan adanya umpan balik berupa tanya jawab agar
dapat tercipta suasana belajar yang menarik/menyenangkan dengan
menggunakan media audio visual.
2. Pemanfaatan media audio visual untuk menciptakan pembelajaran yang
menarik bagi siswa dimana dalam penggunaan media audio visual kelas VIII.
A di SMPN 7 Watampone, pembelajaran yang menarik yang dimaksud yaitu:
adanya interaksi dan komunikasi antara guru dan siswa, adanya suasana ceria,
adanya humor ringan dalam pembelajaran, dapat menciptakan lingkungan
tanpa strees, dan keberhasilan memberikan stimulus yang menyenangkan
dalam proses belajar, dengan menggunakan media audio visual dalam proses
belajara diharapkan pembelajaran menyenangkan yang dimaksud dapat terjadi
untuk tercapainya tujuan belajar. Dalam penelitian ini telah dibuktikan bahwa
penggunaan media audio visual lebih efektif digunakan dalam pembelajaran
untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan bagi siswa di SMPN
7 Watampone, selain itu siswa juga memberikan respon yang baik dalam
mengikuti proses belajar mengajar dibandingkan tanpa menggunakan media
audio visual.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian dari kesimpulan yang telah dipaparkan maka
saran yang dapat disimpulkan oleh peneliti sebagai berikut:
1. Bagi guru dan calon guru, untuk menerapkan peran guru sebagai mediator.
Dimana guru hendaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup
tentang media pembelajaran khususnya media audio visual, karena media
pembelajaran merupakan alat komunikasi guna lebih mengefektifkan proses
belajar mengajar, dan untuk menumbuhkan kemampuan dalam memanfaatkan
media audio visual dalam proses belajar untuk menciptakan suasana yang
menarik bagi siswa, dimana media yang digunakan yaitu media audio visual
karena media ini sangat membantu siswa dalam menerima materi pelajaran.
2. Bagi siswa, dalam penggunaan media audio visual ini siswa diharapkan lebih
dapat memperhatikan materi pelajaran yang dipaparkan melalui media audio
visual agar dapat tercipta suasana belajar yang menarik/menyenangkan
dengan adanya umpan balik berupa pertanyaan antar guru dan siswa agar
suasana belajar tidak membosankan.
3. Bagi peneliti, untuk kedepannya penelitian ini akan sangat berguna untuk
menambah wawasan mengenai peran guru dalam memanfaatkan media
pembelajaran audio visual untuk menciptakan pelajaran yang menarik bagi
siswa.
Ketersediaan
| STAR20220344 | 344/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
344/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
