Strategi Pemasaran Islami Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus pada Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone)
Wawan Renaldi/01.18.5105 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategipemasaran hasil laut dalam rangka
meningkatkan volume penjualan pada Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara Desa Ujung
Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dan faktor- faktor internal dan eksternal
strategi pemasaran Islami hasil laut Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data
menggunakan teknik descriptive analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi yang dapat digunakan berdasarkan Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara di Desa
Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu dengan memanfaatkan
dukungan dari Dinas Perdagangan untuk lebih luas memasuki pangsa pasar,
memaksimalkan promosi secara media online ataupun offline, selalu membaca
pangsa pasar setiap saat,mengutamakan kepuasan konsumen dengan kualitas produk,
memperbanyak jenis dan harga yang terjangkau serta mencari lokasi yang strategis
untuk menarik minat konsumen. Sedangkan hasil Laut di Desa Ujung Pattiro
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone memiliki kekuatan utama dalam pemasarannya,
yaitu produk yang benar-benar hasil laut segar dengan mengintensifkan promosi,
menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana
promosi, memberikan kemasan yang aman dan kelemahan yang paling mendasar
yaitu alat produksi yang digunakan bersifat manual. Peluang utama dalam pemasaran
hasil laut adalah tersedianya hasil laut dari pemasok pada saat nelayan datang dari
laut, sedangkan ancaman yang paling besar yaitu musim penghujan menjadi musim
paceklik dan keterbatasan alat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Pemasaran islami dalam
rangka meningkatkan volume penjualan, didapatkan simpulan sebagai berikut :
1. Strategi yang dapat digunakan berdasarkan Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara
di Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu dengan
memanfaatkan dukungan dari Dinas Perdagangan untuk lebih luas memasuki
pangsa pasar, memaksimalkan promosi secara media online ataupun offline,
selalu membaca pangsa pasar setiap saat,mengutamakan kepuasan konsumen
dengan kualitas produk, memperbanyak jenis dan harga yang terjangkau serta
mencari lokasi yang strategis untuk menarik minat konsumen.
2. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara di Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone memiliki kekuatan utama dalam pemasarannya, yaitu produk
yang benar-benar hasil laut segar yang di dapatkan langsung dari laut dan
tanpa perantara pihaklain dengan mengintensifkan promosi, menjaga kualitas
produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi,
memberikan kemasan yang menarik dan aman. Sedangkan kelemahan yang
paling mendasar yaitu alat produksi yang digunakan bersifat manual. Peluang
utama dalam pemasaran hasil laut adalah tersedianya hasil laut dari para
nelayan yang ada di sekitar pada saat musim hujan, sedangkan ancaman yang
paling besar yaitu musim penghujan menjadi musim paceklik dan
keterbatasan alat atau tekhnologi.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam perkembangan Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara. Peneliti
memberi saran dan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan di
masa depan. Saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara harus meningkatkan pemasaran melalui
media sosial atau website.
2. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara harus bisa memanfaatkan pembeli sebagai
perantara pemasaran atau sebagai agen pemasaran sehinga memperlancar
proses pendistribusian produk hasil laut dan bisa meningkatkan hasil
penjualan.
3. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara diharapkan memperbesar usaha dan
menambah jumlah karyawan tetap agar memaksimalkan proses penangkapan
dan pengoptimalan proses produksi.
4. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara diharapkan memunculkan inovasi baru
dalam perusahaannya agar tetap memiliki daya tarik bagi konsumen.
5. Untuk penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan
obyek dan sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memper kaya
hasanah kajian manajemen sumber daya manusia.
meningkatkan volume penjualan pada Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara Desa Ujung
Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone dan faktor- faktor internal dan eksternal
strategi pemasaran Islami hasil laut Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Analisis data
menggunakan teknik descriptive analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
strategi yang dapat digunakan berdasarkan Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara di Desa
Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu dengan memanfaatkan
dukungan dari Dinas Perdagangan untuk lebih luas memasuki pangsa pasar,
memaksimalkan promosi secara media online ataupun offline, selalu membaca
pangsa pasar setiap saat,mengutamakan kepuasan konsumen dengan kualitas produk,
memperbanyak jenis dan harga yang terjangkau serta mencari lokasi yang strategis
untuk menarik minat konsumen. Sedangkan hasil Laut di Desa Ujung Pattiro
Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone memiliki kekuatan utama dalam pemasarannya,
yaitu produk yang benar-benar hasil laut segar dengan mengintensifkan promosi,
menjaga kualitas produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana
promosi, memberikan kemasan yang aman dan kelemahan yang paling mendasar
yaitu alat produksi yang digunakan bersifat manual. Peluang utama dalam pemasaran
hasil laut adalah tersedianya hasil laut dari pemasok pada saat nelayan datang dari
laut, sedangkan ancaman yang paling besar yaitu musim penghujan menjadi musim
paceklik dan keterbatasan alat.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian mengenai Strategi Pemasaran islami dalam
rangka meningkatkan volume penjualan, didapatkan simpulan sebagai berikut :
1. Strategi yang dapat digunakan berdasarkan Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara
di Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue Kabupaten Bone yaitu dengan
memanfaatkan dukungan dari Dinas Perdagangan untuk lebih luas memasuki
pangsa pasar, memaksimalkan promosi secara media online ataupun offline,
selalu membaca pangsa pasar setiap saat,mengutamakan kepuasan konsumen
dengan kualitas produk, memperbanyak jenis dan harga yang terjangkau serta
mencari lokasi yang strategis untuk menarik minat konsumen.
2. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara di Desa Ujung Pattiro Kecamatan Sibulue
Kabupaten Bone memiliki kekuatan utama dalam pemasarannya, yaitu produk
yang benar-benar hasil laut segar yang di dapatkan langsung dari laut dan
tanpa perantara pihaklain dengan mengintensifkan promosi, menjaga kualitas
produk yang ditawarkan, memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi,
memberikan kemasan yang menarik dan aman. Sedangkan kelemahan yang
paling mendasar yaitu alat produksi yang digunakan bersifat manual. Peluang
utama dalam pemasaran hasil laut adalah tersedianya hasil laut dari para
nelayan yang ada di sekitar pada saat musim hujan, sedangkan ancaman yang
paling besar yaitu musim penghujan menjadi musim paceklik dan
keterbatasan alat atau tekhnologi.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam perkembangan Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara. Peneliti
memberi saran dan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan di
masa depan. Saran tersebut adalah sebagai berikut:
1. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara harus meningkatkan pemasaran melalui
media sosial atau website.
2. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara harus bisa memanfaatkan pembeli sebagai
perantara pemasaran atau sebagai agen pemasaran sehinga memperlancar
proses pendistribusian produk hasil laut dan bisa meningkatkan hasil
penjualan.
3. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara diharapkan memperbesar usaha dan
menambah jumlah karyawan tetap agar memaksimalkan proses penangkapan
dan pengoptimalan proses produksi.
4. Usaha Hasil Laut Bumi Nusantara diharapkan memunculkan inovasi baru
dalam perusahaannya agar tetap memiliki daya tarik bagi konsumen.
5. Untuk penelitian ini diharapkan dapat dilanjutkan oleh peneliti lain dengan
obyek dan sudut pandang yang berbeda sehingga dapat memper kaya
hasanah kajian manajemen sumber daya manusia.
Ketersediaan
| SFEBI20220220 | 220/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
220/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
