Pengaruh Harga, Trend, Promosi Dan Etika Kerja Islami Terhadap Loyalitas Pelanggan Busana Muslimah Melalui Kepedulian Sosial (Studi Pada Pelanggan UYHA Handmade And Fashion)
Yadi Seftiawan/01.18.3084 - Personal Name
Penelitian mengenai loyalitas pelanggan yang dipengaruhi oleh variabel umum dan
kesyariahan dan dimediasi oleh kepedulian sosial belum ada yang melakukannya.
Karena itu, skripsi ini hadir untuk membahas hal tersebut dan inilah yang
membedakan dari hasil-hasil penelitian sebelumnya mengenai loyalitas pelanggan.
Dalam meneliti loyalitas pelanggan ini, digunakan pendekatan kuantitatif untuk aspek
metodologinya dan ekonomi islam untuk aspek keilmuannya. Dalam mewujudkan
dua pendekatan ini, maka digunakan variabel kepedulian sosial sebagai variabel
intervening untuk memediasi variabel harga, tren, promosi, dan etika kerja islam
dalam menentukan loyalitas pelanggan busana muslimah dalam membeli produk
UYHA Handmade And Fashion. Dalam membuktikan hal ini, maka diusulkan tiga
belas pertanyaan penelitian, yakni: (1)Bagaimana pengaruh harga terhadap loyalitas
pelanggan busana muslimah UYHA Handmade and Fashion?(2)Bagaimana pengaruh
trend terhadap loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and
Fashion? ( 3)Bagaimana pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(4)Bagaimana pengaruh etika kerja islam
terhadap loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(5)
Bagaimana pengaruh kepedulian sosial terhadap loyalitas pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(6)Bagaimana pengaruh harga terhadap
kepedulian sosial pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and
Fashion?(7)Bagaimana pengaruh trend terhadap kepedulian sosial pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(8)Bagaimana pengaruh promosi terhadap
kepedulian sosial pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and
Fashion?(9)Bagaimana pengaruh etika kerja islam terhadap kepedulian sosial
pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(10)Bagaimana
pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade
and Fashion melalui kepedulian sosial?(11)Bagaimana pengaruh trend terhadap
loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion melalui
kepedulian sosial?(12)Bagaimana pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan
busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion melalui kepedulian
sosial?(13)Bagaimana pengaruh etika kerja islam terhadap loyalitas pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion melalui kepedulian sosial?.
Untuk menjawab hal tersebut dibutuhkan sampel sebanyak 200 responden yang
dikumpulkan melalui instrumen angket atau kuesioner. Kemudian data tersebut
dianalisis Structural Equation Modelling dengan pendekatan LISREL versi 8.70. Dan
hasilnya diinterpretasi menggunakan teori perilaku konsumen Muslim.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) variabel Harga (X1) berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA Handmade And Fashion, (2)
Trend (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan(Y2) UYHA Handmade And Fashion, (3)Promosi (X3) berpengaruh positif
dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) UYHA Handmade And
Fashion, (4) Etika kerja islami (X4) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan (Y2) UYHA Handmade And Fashion, (5)Kepedulian sosial (Y1)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) UYHA
Handmade And Fashion, (6) Harga (X1)berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap Kepedulian Sosial (Y1) pelanggan UYHA Handmade And Fashion, (7)
Trend (X2)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepedulian Sosial (Y1)
pelanggan UYHA Handmade And Fashion, (8) Promosi (X3) berpengaruh negatif
dan tidak signifikan terhadap Kepedulian Sosial (Y1) pelanggan UYHA Handmade
And Fashion, (9) Etika kerja islami (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepedulian Sosial (Y1) pelanggan UYHA Handmade And Fashion, (10) Harga
(X1)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2)
UYHA Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1), (11) Trend (X2)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA
Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1), (12) Promosi (X3)
berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA
Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1), (13) Etika kerja islami (X4)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA
Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1).
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang
telah dirumuskan pada bab I dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat
ditarik, yaitu sebagai berikut:
1. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan tidak
terbukti. Maknanya, Pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa harga produk memiliki potensi dalam menarik perhatian pelanggan
busana muslimah untuk membeli dan menggunakan produk UYHA
Handmade And Fashion.
2. Trend berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan tidak
terbukti. Maknanya, Pengaruh tidak signifikan dan negatif menunjukkan
bahwa sikap loyal pelanggan busana muslimah tidak dibentuk karena produk
yang trend. Jika mereka membeli pun hanya karena untuk memenuhi
keinginan fashion mereka.
3. Promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan tidak
terbukti. Maknanya, Pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa promosi yang dilakukan memiliki potensi dalam menarik perhatian
pelanggan busana muslimah untuk membeli dan menggunakan produk UYHA
Handmade And Fashion.
4. Etika kerja islami berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
5. bahwa etika kerja islami memiliki potensi dalam menarik perhatian pelanggan
muslim untuk membeli dan menggunakan produk UYHA Handmade And
Fashion.
6. Kepedulian sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa kepedulian sosial memiliki potensi dalam menarik perhatian pelanggan
busana muslimah dalam membeli produk UYHA Handmade And Fashion.
7. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepedulian sosial
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa produk memiliki harga yang baik di mata pelanggan, sehingga
memiliki potensi untuk mendorong pelanggan busana muslimah untuk ikut
berdonasi dan menunjukkan mereka mempunyai sikap peduli sosial. Artinya
harga produk yang ditetapkan UYHA Handmade And Fashion memiliki
potensi untuk membentuk sikap kepedulian sosial pelanggannya.
8. Trend berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepedulian sosial
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh yang tidak signifikan dan positif
menunjukkan bahwa produk yang trend memiliki potensi dapat mendukung
pelanggan busana muslimah untuk tertarik berdonasi akhirnya mereka dapat
menunjukkan sikap peduli terhadap sosial. Artinya produk yang tren dan
sesuai kebutuhan fashion pelanggan busana muslimah memiliki potensi untuk
dapat membentuk sikap kepedulian sosial pelanggan UYHA Handmade And
Fashion.
9. Promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepedulian sosial
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajuakn
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh negatif dan tidak signifikan tersebut
menunjukkan bahwa pelanggan busana muslimah dalam menunjukkan sikap
peduli sosial dengan berdonasi tidak dibentuk oleh promosi yang dilakukan
UYHA Handmade And Fashion. Kalaupun mereka secara tidak langsung
ingin berdonasi, semata-mata karena mereka memang peduli terhadap sosial.
10. Etika kerja islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepedulian
sosial pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang
diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan dan positif menunjukkan
bahwa UYHA Handmade And Fashion memiliki etika kerja yang baik
menurut pelanggannya, sehingga akan mendorong pelanggan busana
muslimah untuk ikut berdonasi dan menunjukkan mereka mempunyai sikap
peduli sosial. Artinya etika kerja islami yang diterapkan oleh UYHA
Handmade And Fashion dapat membentuk sikap kepedulian sosial
pelanggannya.
11. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan secara
tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi harga produk dalam membentuk
sikap loyalitas pelanggan. Akan tetapi harga produk yang ditetapkan oleh
UYHA Handmade And Fashion memiliki potensi untuk mempengaruhi
variabel tersebut.
12. Trend berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan secara
tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi seberapa trend dan baiknya produk
dalam membentuk sikap loyalitas pelanggan. Akan tetapi produk yang trendi
dan baik sesuai fashion pelanggan busana muslimah memiliki potensi untuk
mempengaruhi variabel tersebut.
13. Promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak sifnifikan secara
tidak langsung dan nilai negatif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi promosi dalam membentuk sikap
loyalitas pelanggan busana muslimah, meskipun mereka memiliki peluang
dan kemampuan untuk melakukan itu.
14. Etika kerja islami berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya,
hipotesis yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan
secara tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi etika kerja islami dalam membentuk
sikap loyalitas pelanggan busana muslimah. Akan tetapi produk yang trendi
dan baik sesuai fashion pelanggan busana muslimah memiliki potensi untuk
mempengaruhi variabel tersebut.
B. Implikasi Penelitian
Implikasi yang dapat ditimbulkan dari kesimpulan diatas, yakni sebagai
berikut.
1. Jika pelanggan busana muslimah menyukai produk UYHA Handmade And
Fashion karena citranya yang baik maka produk UYHA Handmade And
Fashion ini harus dibuat lebih menarik dan dikembangkan secara lebih baik
lagi, sehingga pelanggan busana muslimah yang menjadi pelanggan UYHA
Handmade And Fashion akan semakin tertarik untuk membeli produk
tersebut. Karena banyaknya yang menjadi pelanggan UYHA Handmade And
Fashion harus, maka hal ini bisa saja berdampak kepada aktivitas bisnis
produk UYHA Handmade And Fashion, sehingga produk ini dapat bersaing
dengan berbagai jenis produk busana muslimah lainnya.
2. Pelanggan busana muslimah Watampone yang menjadi pelanggan UYHA
Handmade And Fashion beranggapan bahwa dengan membeli produk UYHA
Handmade And Fashion maka kita apat membantu masyarakat yang
membutuhkan dengan peduli terhadap sosial. Artinya owner UYHA
Handmade And Fashion harus bisa mensosialisasikan hal ini kepada
pelanggan muslim yang ada di Watampone, karena jika tidak, maka mereka
akan beranggapan bahwa produk UYHA Handmade And Fashion harus ini
sama saja dengan produk lainnya.
C. Saran-saran
Berdasarkan implikasi diatas, maka dapat disarankan hal-hal sebagai berikut.
1. Disarankan kepada pelanggan busana muslimah khususnya yang membeli dan
menggunakan produk UYHA Handmade And Fashion , tidak hanya bersandar
pada seleranya saja, melainkan manfaat non fisik, yakni sikap kepedulian
sosial dan kehalalan produk yang harus diutamakan . Karena setiap Muslim
wajib mengonsumsi makanan, minuman, dan atau makanan ringan yang halal
dan tayyib. Ini merupakan ajaran Islam yang wajib dilaksanakan. Jika seperti
itu, maka mereka adalah pelanggan yang peduli maslahah yang
mempertimbangkan manfaat fisik dan manfaat non fisik dari produknya.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih memiliki
banyak kelemahan dari aspek teori, metode, dan data yang digunakan
sehingga dalam mengambil kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang
diharapkan. Karena itu, para peneliti selanjutnya diharapkan dapat membaca
skripsi ini untuk dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan sebagai panduan
dalam mengembangkan UYHA Handmade And Fashion yang peduli terhadap
sosial. Insya Allah Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.
kesyariahan dan dimediasi oleh kepedulian sosial belum ada yang melakukannya.
Karena itu, skripsi ini hadir untuk membahas hal tersebut dan inilah yang
membedakan dari hasil-hasil penelitian sebelumnya mengenai loyalitas pelanggan.
Dalam meneliti loyalitas pelanggan ini, digunakan pendekatan kuantitatif untuk aspek
metodologinya dan ekonomi islam untuk aspek keilmuannya. Dalam mewujudkan
dua pendekatan ini, maka digunakan variabel kepedulian sosial sebagai variabel
intervening untuk memediasi variabel harga, tren, promosi, dan etika kerja islam
dalam menentukan loyalitas pelanggan busana muslimah dalam membeli produk
UYHA Handmade And Fashion. Dalam membuktikan hal ini, maka diusulkan tiga
belas pertanyaan penelitian, yakni: (1)Bagaimana pengaruh harga terhadap loyalitas
pelanggan busana muslimah UYHA Handmade and Fashion?(2)Bagaimana pengaruh
trend terhadap loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and
Fashion? ( 3)Bagaimana pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(4)Bagaimana pengaruh etika kerja islam
terhadap loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(5)
Bagaimana pengaruh kepedulian sosial terhadap loyalitas pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(6)Bagaimana pengaruh harga terhadap
kepedulian sosial pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and
Fashion?(7)Bagaimana pengaruh trend terhadap kepedulian sosial pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(8)Bagaimana pengaruh promosi terhadap
kepedulian sosial pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and
Fashion?(9)Bagaimana pengaruh etika kerja islam terhadap kepedulian sosial
pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion?(10)Bagaimana
pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade
and Fashion melalui kepedulian sosial?(11)Bagaimana pengaruh trend terhadap
loyalitas pelanggan busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion melalui
kepedulian sosial?(12)Bagaimana pengaruh promosi terhadap loyalitas pelanggan
busana Muslimah UYHA Handmade and Fashion melalui kepedulian
sosial?(13)Bagaimana pengaruh etika kerja islam terhadap loyalitas pelanggan busana
Muslimah UYHA Handmade and Fashion melalui kepedulian sosial?.
Untuk menjawab hal tersebut dibutuhkan sampel sebanyak 200 responden yang
dikumpulkan melalui instrumen angket atau kuesioner. Kemudian data tersebut
dianalisis Structural Equation Modelling dengan pendekatan LISREL versi 8.70. Dan
hasilnya diinterpretasi menggunakan teori perilaku konsumen Muslim.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) variabel Harga (X1) berpengaruh positif dan tidak
signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA Handmade And Fashion, (2)
Trend (X2) berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas
Pelanggan(Y2) UYHA Handmade And Fashion, (3)Promosi (X3) berpengaruh positif
dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) UYHA Handmade And
Fashion, (4) Etika kerja islami (X4) berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap
Loyalitas Pelanggan (Y2) UYHA Handmade And Fashion, (5)Kepedulian sosial (Y1)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) UYHA
Handmade And Fashion, (6) Harga (X1)berpengaruh positif dan tidak signifikan
terhadap Kepedulian Sosial (Y1) pelanggan UYHA Handmade And Fashion, (7)
Trend (X2)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Kepedulian Sosial (Y1)
pelanggan UYHA Handmade And Fashion, (8) Promosi (X3) berpengaruh negatif
dan tidak signifikan terhadap Kepedulian Sosial (Y1) pelanggan UYHA Handmade
And Fashion, (9) Etika kerja islami (X4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepedulian Sosial (Y1) pelanggan UYHA Handmade And Fashion, (10) Harga
(X1)berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2)
UYHA Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1), (11) Trend (X2)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA
Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1), (12) Promosi (X3)
berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA
Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1), (13) Etika kerja islami (X4)
berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan(Y2) UYHA
Handmade And Fashion melalui Kepedulian Sosial (Y1).
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis dan pembahasan yang telah dibahas pada bab IV, maka
dapat ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang
telah dirumuskan pada bab I dalam skripsi ini. Adapun kesimpulan yang dapat
ditarik, yaitu sebagai berikut:
1. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan tidak
terbukti. Maknanya, Pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa harga produk memiliki potensi dalam menarik perhatian pelanggan
busana muslimah untuk membeli dan menggunakan produk UYHA
Handmade And Fashion.
2. Trend berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan tidak
terbukti. Maknanya, Pengaruh tidak signifikan dan negatif menunjukkan
bahwa sikap loyal pelanggan busana muslimah tidak dibentuk karena produk
yang trend. Jika mereka membeli pun hanya karena untuk memenuhi
keinginan fashion mereka.
3. Promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan tidak
terbukti. Maknanya, Pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa promosi yang dilakukan memiliki potensi dalam menarik perhatian
pelanggan busana muslimah untuk membeli dan menggunakan produk UYHA
Handmade And Fashion.
4. Etika kerja islami berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
5. bahwa etika kerja islami memiliki potensi dalam menarik perhatian pelanggan
muslim untuk membeli dan menggunakan produk UYHA Handmade And
Fashion.
6. Kepedulian sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa kepedulian sosial memiliki potensi dalam menarik perhatian pelanggan
busana muslimah dalam membeli produk UYHA Handmade And Fashion.
7. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepedulian sosial
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan dan positif menunjukkan
bahwa produk memiliki harga yang baik di mata pelanggan, sehingga
memiliki potensi untuk mendorong pelanggan busana muslimah untuk ikut
berdonasi dan menunjukkan mereka mempunyai sikap peduli sosial. Artinya
harga produk yang ditetapkan UYHA Handmade And Fashion memiliki
potensi untuk membentuk sikap kepedulian sosial pelanggannya.
8. Trend berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepedulian sosial
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajukan
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh yang tidak signifikan dan positif
menunjukkan bahwa produk yang trend memiliki potensi dapat mendukung
pelanggan busana muslimah untuk tertarik berdonasi akhirnya mereka dapat
menunjukkan sikap peduli terhadap sosial. Artinya produk yang tren dan
sesuai kebutuhan fashion pelanggan busana muslimah memiliki potensi untuk
dapat membentuk sikap kepedulian sosial pelanggan UYHA Handmade And
Fashion.
9. Promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepedulian sosial
pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang diajuakn
tidak terbukti. Maknanya, pengaruh negatif dan tidak signifikan tersebut
menunjukkan bahwa pelanggan busana muslimah dalam menunjukkan sikap
peduli sosial dengan berdonasi tidak dibentuk oleh promosi yang dilakukan
UYHA Handmade And Fashion. Kalaupun mereka secara tidak langsung
ingin berdonasi, semata-mata karena mereka memang peduli terhadap sosial.
10. Etika kerja islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepedulian
sosial pelanggan UYHA Handmade And Fashion. Artinya, hipotesis yang
diajukan terbukti. Maknanya, pengaruh signifikan dan positif menunjukkan
bahwa UYHA Handmade And Fashion memiliki etika kerja yang baik
menurut pelanggannya, sehingga akan mendorong pelanggan busana
muslimah untuk ikut berdonasi dan menunjukkan mereka mempunyai sikap
peduli sosial. Artinya etika kerja islami yang diterapkan oleh UYHA
Handmade And Fashion dapat membentuk sikap kepedulian sosial
pelanggannya.
11. Harga berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan secara
tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi harga produk dalam membentuk
sikap loyalitas pelanggan. Akan tetapi harga produk yang ditetapkan oleh
UYHA Handmade And Fashion memiliki potensi untuk mempengaruhi
variabel tersebut.
12. Trend berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan secara
tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi seberapa trend dan baiknya produk
dalam membentuk sikap loyalitas pelanggan. Akan tetapi produk yang trendi
dan baik sesuai fashion pelanggan busana muslimah memiliki potensi untuk
mempengaruhi variabel tersebut.
13. Promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap loyalitas pelanggan
UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya, hipotesis
yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak sifnifikan secara
tidak langsung dan nilai negatif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi promosi dalam membentuk sikap
loyalitas pelanggan busana muslimah, meskipun mereka memiliki peluang
dan kemampuan untuk melakukan itu.
14. Etika kerja islami berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas
pelanggan UYHA Handmade And Fashion melalui kepedulian sosial. Artinya,
hipotesis yang diajukan tidak terbukti. Maknanya, pengaruh tidak signifikan
secara tidak langsung dan nilai positif pada T-statistik menunjukkan bahwa
kepedulian sosial tidak dapat memediasi etika kerja islami dalam membentuk
sikap loyalitas pelanggan busana muslimah. Akan tetapi produk yang trendi
dan baik sesuai fashion pelanggan busana muslimah memiliki potensi untuk
mempengaruhi variabel tersebut.
B. Implikasi Penelitian
Implikasi yang dapat ditimbulkan dari kesimpulan diatas, yakni sebagai
berikut.
1. Jika pelanggan busana muslimah menyukai produk UYHA Handmade And
Fashion karena citranya yang baik maka produk UYHA Handmade And
Fashion ini harus dibuat lebih menarik dan dikembangkan secara lebih baik
lagi, sehingga pelanggan busana muslimah yang menjadi pelanggan UYHA
Handmade And Fashion akan semakin tertarik untuk membeli produk
tersebut. Karena banyaknya yang menjadi pelanggan UYHA Handmade And
Fashion harus, maka hal ini bisa saja berdampak kepada aktivitas bisnis
produk UYHA Handmade And Fashion, sehingga produk ini dapat bersaing
dengan berbagai jenis produk busana muslimah lainnya.
2. Pelanggan busana muslimah Watampone yang menjadi pelanggan UYHA
Handmade And Fashion beranggapan bahwa dengan membeli produk UYHA
Handmade And Fashion maka kita apat membantu masyarakat yang
membutuhkan dengan peduli terhadap sosial. Artinya owner UYHA
Handmade And Fashion harus bisa mensosialisasikan hal ini kepada
pelanggan muslim yang ada di Watampone, karena jika tidak, maka mereka
akan beranggapan bahwa produk UYHA Handmade And Fashion harus ini
sama saja dengan produk lainnya.
C. Saran-saran
Berdasarkan implikasi diatas, maka dapat disarankan hal-hal sebagai berikut.
1. Disarankan kepada pelanggan busana muslimah khususnya yang membeli dan
menggunakan produk UYHA Handmade And Fashion , tidak hanya bersandar
pada seleranya saja, melainkan manfaat non fisik, yakni sikap kepedulian
sosial dan kehalalan produk yang harus diutamakan . Karena setiap Muslim
wajib mengonsumsi makanan, minuman, dan atau makanan ringan yang halal
dan tayyib. Ini merupakan ajaran Islam yang wajib dilaksanakan. Jika seperti
itu, maka mereka adalah pelanggan yang peduli maslahah yang
mempertimbangkan manfaat fisik dan manfaat non fisik dari produknya.
2. Hasil penelitian ini yang dituangkan dalam bentuk skripsi, masih memiliki
banyak kelemahan dari aspek teori, metode, dan data yang digunakan
sehingga dalam mengambil kesimpulan belum sempurna sebagaimana yang
diharapkan. Karena itu, para peneliti selanjutnya diharapkan dapat membaca
skripsi ini untuk dilanjutkan, agar hasilnya dapat dijadikan sebagai panduan
dalam mengembangkan UYHA Handmade And Fashion yang peduli terhadap
sosial. Insya Allah Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin.
Ketersediaan
| SFEBI20220219 | 219/2022 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
219/2022
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2022
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FEBI
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
