Efektivitas Penggunaan Multimedia Dalam Mengenalkan Alat Musik Tradisional Pada Pembelajaran SBK Siswa Kelas IV SDN 92 Uloe
Muhammad Arie Nugroho/862322020040 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Efektivitas Multimedia dalam Mengenalkan Alat
Musik Tradisional Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa
SDN 92 Uloe Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang apakah
terdapat pengaruh antara Multimedia dengan Pemahaman siswa. Jenis penelitian
yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dari
penelitian ini sebanyak 100 siswa SDN 92 Uloe dengan jumlah sampel sebanyak
15 siswa yang diperoleh dari hasil pengambilan sampel menggunakan beberapa
rumus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Multimedia dengan
pemahaman siswa. Berdasarkan perhitungan hipotesis antara Multimedia dengan
pemahaman siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai
tersebut menunjukkan nilai positif, jadi dengan kata lain terdapat hubungan yang
siginifikan antara Multimedia dengan pemahaman siswa. Kemudian hasil uji
determinasi model Summaryb
diperoleh nilai R square sebesar 0,977. Hal ini
menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana variabel
independen (Multimedia) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen
(pemahaman siswa) sebesar 97,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 Efektif
dan H0 Tidak efektif. Sedangkan perhitungan hipotesis antara Multimedia dengan
pemahaman siswa diperoleh nilai sig (2 tailed) yaitu 0,000 maka < 0,05 (0,000 <
0,05), dengan kata lain Multimedia memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap kemampuan mengenal alat musik tradisional. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa H1 Efektif dan H0 Tidak Efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN 92 Uloe
di temukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan Multimedia memiliki pengaruh yang signifikan dalam
mengenalkan alat musik tradisional terhadap siswa. Hal ini bisa terlihat
dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan IBM SPSS
Versi 26 menunjukkan perbedaan hasil belajar yang nyata sebelum dan
setelah diterapkannya Multimedia yang dimana sebelum diterapkannya
Multimedia tingkat pemahaman siswa berada pada kategori sangat kurang
dengan persentase sebesar 60%. Sedangkan setelah diterapkannya
Multimedia tingkat pemahaman siswa berada pada kategori baik dengan
persentase sebesar 13%.
2. Penerapan Multimedia memiliki pengaruh yang signifikan dalam
mengenalkan alat musik tradisional terhadap siswa. Hal ini bisa terlihat
dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan rumus
Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000.
Karena nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima. Jadi, dengan kata lain terdapat pengaruh yang siginifikan
antara Multimedia dalam mengenalkan alat musik tradisional terhadap
siswa di kelas IV SDN 92 Uloe.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saransaran yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Seni Budaya dan
Keterampilan agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan
pembelajaran pemahaman siswa siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Seni Budaya dan Keterampilan di kelas IV SDN
92 Uloe agar dapat menerapkan Multimeia dalam pembelajaran Seni
Budaya dan Keterampilan yang sesuai dengan materi yang diberikannya
sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan Multimeia diharapkan untuk lebih
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik sehingga
siswa lebih berminat dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
Musik Tradisional Pada Pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Siswa
SDN 92 Uloe Penelitian ini merupakan penelitian yang membahas tentang apakah
terdapat pengaruh antara Multimedia dengan Pemahaman siswa. Jenis penelitian
yang penulis gunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif. Adapun populasi dari
penelitian ini sebanyak 100 siswa SDN 92 Uloe dengan jumlah sampel sebanyak
15 siswa yang diperoleh dari hasil pengambilan sampel menggunakan beberapa
rumus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara Multimedia dengan
pemahaman siswa. Berdasarkan perhitungan hipotesis antara Multimedia dengan
pemahaman siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka nilai
tersebut menunjukkan nilai positif, jadi dengan kata lain terdapat hubungan yang
siginifikan antara Multimedia dengan pemahaman siswa. Kemudian hasil uji
determinasi model Summaryb
diperoleh nilai R square sebesar 0,977. Hal ini
menunjukkan bahwa dengan menggunakan model regresi, dimana variabel
independen (Multimedia) memiliki pengaruh terhadap variabel dependen
(pemahaman siswa) sebesar 97,7%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 Efektif
dan H0 Tidak efektif. Sedangkan perhitungan hipotesis antara Multimedia dengan
pemahaman siswa diperoleh nilai sig (2 tailed) yaitu 0,000 maka < 0,05 (0,000 <
0,05), dengan kata lain Multimedia memberikan pengaruh yang signifikan
terhadap kemampuan mengenal alat musik tradisional. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa H1 Efektif dan H0 Tidak Efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas IV SDN 92 Uloe
di temukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan Multimedia memiliki pengaruh yang signifikan dalam
mengenalkan alat musik tradisional terhadap siswa. Hal ini bisa terlihat
dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan IBM SPSS
Versi 26 menunjukkan perbedaan hasil belajar yang nyata sebelum dan
setelah diterapkannya Multimedia yang dimana sebelum diterapkannya
Multimedia tingkat pemahaman siswa berada pada kategori sangat kurang
dengan persentase sebesar 60%. Sedangkan setelah diterapkannya
Multimedia tingkat pemahaman siswa berada pada kategori baik dengan
persentase sebesar 13%.
2. Penerapan Multimedia memiliki pengaruh yang signifikan dalam
mengenalkan alat musik tradisional terhadap siswa. Hal ini bisa terlihat
dari data yang dibuktikan dengan menggunakan perhitungan rumus
Independent Sampel T-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000.
Karena nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima. Jadi, dengan kata lain terdapat pengaruh yang siginifikan
antara Multimedia dalam mengenalkan alat musik tradisional terhadap
siswa di kelas IV SDN 92 Uloe.
B. Saran
Setelah peneliti menguraikan kesimpulan, selanjutnya peneliti akan
menguraikan implikasi penelitian yang berisi saran-saran. Adapun saransaran yang peneliti maksud adalah sebagai berikut:
1. Diharapkan kepada para guru khususnya guru Seni Budaya dan
Keterampilan agar mampu meningkatkan perannya dalam melaksanakan
pembelajaran pemahaman siswa siswa lebih meningkat.
2. Diharapkan kepada guru Seni Budaya dan Keterampilan di kelas IV SDN
92 Uloe agar dapat menerapkan Multimeia dalam pembelajaran Seni
Budaya dan Keterampilan yang sesuai dengan materi yang diberikannya
sehingga mampu meningkatkan pemahaman siswa.
3. Bagi guru yang ingin menggunakan Multimeia diharapkan untuk lebih
mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media yang baik sehingga
siswa lebih berminat dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
Ketersediaan
| STAR2024313 | 313/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
313/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
