Analisis Persaingan Usaha Penjual Ayam Potong Menurut Hukum Ekonomi Islam (Studi Pasar Sentral Palakka)

No image available for this title
Skripsi ini membahas tentang analisis persaingan usaha penjual ayam potong
menurut hukum ekonomi Islam (studi pasar sentral Palakka). Pokok
permasalahannya adalah bagaimana sistem persaingan usaha penjual ayam potong
menurut hukum ekonomi Islam. Para aktivitas pedagang kerap kali melaksanakan
kegiatan perdagangan hanya sekedar untuk mencari keuntungan saja, tanpa
memperhatikan nilai-nilai keislaman yang seharusnya penting sebagai landasan
untuk melakukan proses perdagangan tersebut. Undang-undang nomor 5 tahun 1999
tentang persaingan usaha, merupakan persaingan usaha yang diperbolehkan, akan
tetapi apabila persaingan antar pelaku usaha dalam menjalankan kegiatan produksi
dan pemasaran barang atau jasa yang dilakukan dengan cara tidak jujur atau
melawan hukum bahkan menghambat persaingan usaha, maka menurut ketentuan
pasal 17 ayat (1) undang-undang No. 5 tahun 1999 persaingan usaha tersebut
dilarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan para
pedagang penjual ayam potong menurut hukum ekonomi Islam terhadap bentuk
persaingan usaha penjual ayam potong di pasar Sentral Palakka.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif
penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan 3 pendekatan yakni:
yuridis normatif, empiris dan teologis normatif. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi secara langsung. Jenis
data yang digunakan adalah data primer dan skunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persaingan usaha pedagang ayam
potong yang terjadi di pasar Sentral Palakka meliputi: persaingan harga, persaingan
produk dan persaingan pelayanan, berdasarkan pandangan hukum Islam persaingan
usaha pedagang ayam potong pasar Sentral Palakka masih perlu memahami secara
mendalam konsep hukum Islam dikarenakan masih ada pedagang yang bersikap
kurang ramah dan kurang sabar dalam menghadapi pembeli dengan sikap kurang
baik, maka demikian pedagang masih kurang memahami secara konsep hukum Islam
dalam pelayanan untuk pembeli.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka peneliti
dapat memberikan kesimpulan bahwa :
1. Bentuk persaingan para pedagang ayam potong yang terjadi di pasar Sentral
Palakka terdari dari 3 bentuk yaitu:
a. Persaingan harga
Para pedagang ayam potong dalam persaingan harga sudah sesuai karena
para pedagang ayam potong di pasar Sentral Palakka menjual daganganya
sesuai dengan harga pasaran.
b. Persaingan Produk
dalam persaingan produk, pedagang ayam potong selalu berusaha untuk
berkata jujur mengenai kualitas produk yang dijual serta kualitas produk
ayam yang diperjualbelikan yang layak untuk dikonsumsi.
c. Persaingan pelayanan
Persaingan pelayanan bahwa para pedagang ayam potong dalam
persaingan pelayanan telah memenuhi syarat pelayanan yang baik namun
masih ada pedagang yang kurang sabar dan ramah serta terkesan cuek
terhadap pembeli dalam memberikan pelayanan.
2. Berdasarkan analisa dilapangan ada unsur dalam strategi persaingan usaha
menurut hukum Islam yaitu: jujur, tidak menjelekkan pedagang yang lain,
Amanah, ramah dan memotong ayam sesuai dengan syariat Islam akan tetapi
masih ada pedagang yang masih perlu memahami secara mendalam konsep
hukum Islam.
B. Saran
Adapun saran yang dapat diberikan oleh penulis kepada pedagang ayam
potong di pasar sentral palakka yaitu
1. Bagi pedagang ayam potong di pasar Sentral Palakka yang masih kurang
memahami cara berdagang yang secara konsep Islam baik persaingan
harga, persaingan produk dan persaingan pelayanan agar kiranya
diadakan sosialisasi mengenai secara syariat Islam. Ini dimaksudkan
untuk mendapatkan dua tujuan sekaligus, yang pertama tujuan akhirat dan
keuntungan dunia dan Selalu menjadikan al-Quran sebagai pedoman
hidup agar senantiasa dalam jalan lindungannya.
2. Bagi peneliti berikutnya
Bagi penulis berikutnya diharapkan untuk melakukan penelitian yang
lebih mendalam serta mendetail agar memperoleh informasi yang lebih
lengkap lagi tentang persaingan usaha, mengetahui faktor-faktor
persaingan usaha serta mengetahui bentuk-bentuk persainga usaha yang
lain.
Ketersediaan
SSYA2024008282/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

82/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Syariah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top