:Efektivitas media peta keberagaman budaya untuk meningkatkan kemampuan mengamati siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI) Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
Evi Nurmala/862322020041 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Mengetahui penggunaan
media lapbook terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 8 Bone
2) Mengetahui efektivitas media lapbook terhadap peningkatan aktivitas belajar
siswa kelas V MIN 8 Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif Quasi eksperimen design dengan pretest-
posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa unjuk kerja aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar penilain
sesuai dengan kis-kisi instrument aktivitas belajar. Analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui Statiscal Package Sosial Science (SPSS) versi
22 untuk mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji
hipotesis dan uji independent sample t- test, Adapun jumlah sampel sebanyak 62
siswa. Hasil penelitian 1) Media lapbook dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas V MIN 8 Bone berdasarkan dari hasil uji independent sampel t-test
pada nilai pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen, dapat
diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1
diterima, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000. 2) Media lapbook
efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 8 Bone dilihat
dari hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol yakni sebesar 32,1276 dari skor tersebut
dapat diketahui bahwa tafsiran efektivitas N-Gain berada pada kategori tidak
efektif, sedangkan hasil rata-rata N-Gain dari kelas eksperimen sebesar 57,5207
dengan kategori cukup efektif. Sehingga pembelajaran IPS dengan penerapan
media lapbook cukup efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media lapbook terhadap penigkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
IPS Kelas V MIN 8 Bone, maka dapat disimpulkan:
1. Penggunaan media lapbook pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-
rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
52,59; 14,869; 13%. Adapun peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V
kelas kontrol sebelum (pretest) pembelajaran konvensional memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan
sebesar 55,00; 12,733; 13%. Setelah (posttest) menggunakan media
lapbook, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 80,72 ; 13,157 ; 81%.
Adapun peningkata aktivitas belajar siswa kelas V kelas kontrol setelah
(posttest) pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata, standar
deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 69,20; 11,348;
43%.
2. Media lapbook efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran IPS kelas V MIN 8 Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan
hasil uji Independent Sample T-Test aktivitas belajar siswa diperoleh sig
(2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,003
media lapbook terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 8 Bone
2) Mengetahui efektivitas media lapbook terhadap peningkatan aktivitas belajar
siswa kelas V MIN 8 Bone. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif Quasi eksperimen design dengan pretest-
posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
berupa unjuk kerja aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar penilain
sesuai dengan kis-kisi instrument aktivitas belajar. Analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui Statiscal Package Sosial Science (SPSS) versi
22 untuk mengetahui hasil perhitungan nilai statistik deskriptif pretest-postest, uji
hipotesis dan uji independent sample t- test, Adapun jumlah sampel sebanyak 62
siswa. Hasil penelitian 1) Media lapbook dapat meningkatkan aktivitas belajar
siswa kelas V MIN 8 Bone berdasarkan dari hasil uji independent sampel t-test
pada nilai pre-test dan post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen, dapat
diketahui jika nilai (signifikansi) 2-tailed 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan H1
diterima, karena nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000. 2) Media lapbook
efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V MIN 8 Bone dilihat
dari hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol yakni sebesar 32,1276 dari skor tersebut
dapat diketahui bahwa tafsiran efektivitas N-Gain berada pada kategori tidak
efektif, sedangkan hasil rata-rata N-Gain dari kelas eksperimen sebesar 57,5207
dengan kategori cukup efektif. Sehingga pembelajaran IPS dengan penerapan
media lapbook cukup efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media lapbook terhadap penigkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
IPS Kelas V MIN 8 Bone, maka dapat disimpulkan:
1. Penggunaan media lapbook pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-
rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
52,59; 14,869; 13%. Adapun peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V
kelas kontrol sebelum (pretest) pembelajaran konvensional memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan
sebesar 55,00; 12,733; 13%. Setelah (posttest) menggunakan media
lapbook, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 80,72 ; 13,157 ; 81%.
Adapun peningkata aktivitas belajar siswa kelas V kelas kontrol setelah
(posttest) pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata, standar
deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 69,20; 11,348;
43%.
2. Media lapbook efektif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada
pembelajaran IPS kelas V MIN 8 Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan
hasil uji Independent Sample T-Test aktivitas belajar siswa diperoleh sig
(2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,003
Ketersediaan
| STAR20240318 | 318/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
318/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
