Pengaruh Metode College Ball Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Kelas VIII di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge
Nurafia/862082020107 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar siswa pada mata
pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Tellu Siattinge
serta pengaruh metode College Ball dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi
Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Tellu Siattinge. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen dan 19 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dipilih
menggunakan Random Sampling. Data diperoleh dengan melakukan observasi saat
proses pembelajaran dan memberikan angket kepada siswa. Data yang terkumpul
selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
inferensial dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam menujukan keaktifan yang lebih baik pada kelas
eksperimen yang menggunakan metode College Ball (dengan nilai rata-rata 77,50)
dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional
(dengan nilai rata-rata 70,20). 2) adanya pengaruh metode College Ball terhadap
keaktifan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri
4 Tellu Siattinge. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05. Hal ini
mengindikasikan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa yang menggunakan
metode College Ball dengan metode Konvensional. Perhitungan Effect size
menunjukkan bahwa metode College Ball memiliki pengaruh yang tergolong
sedang terhadap keaktifan belajar siswa (dengan nilai Effect Size sebesar 0,745).
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Keaktifan belajar siswa kelas VIII Pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge menunjukkan keaktifan
yang lebih baik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode
College Ball (dengan nilai rata-rata 77,50) dibandingkan dengan kelas
kontrol yang menggunakan metode Konvensional (dengan nilai rata-
ratanya 70,20)
2. Terdapat pengaruh metode College Ball terhadap keaktifan belajar
siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4
Tellu Siattinge. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,048 <
0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara keaktifan
belajar siswa yang menggunakan metode College Ball dengan metode
Konvensional. Hasil perhitungan Effect Size juga menunjukkan bahwa
metode College Ball memiliki pengaruh yang tergolong sedang
terhadap keaktifan belajar siswa (dengan nilai Effect Size sebesar 0,745)
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai, berikut:
1. Bagi kepala sekolah dan guru, Hendaknya berpartisipasi secara aktif dalam
kegiatan belajar serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
guna menunjang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
2. Bagi guru pendidikan agama Islam, hendaknya selalu memberikan
semangat dan dukungan kepada siswa untuk tetap berusaha meningkatkan
keaktifan belajarnya.
pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Tellu Siattinge
serta pengaruh metode College Ball dalam pembelajaran pendidikan agama Islam
terhadap keaktifan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian Quasi
Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Tellu Siattinge. Sampel penelitian ini adalah 20 siswa kelas VIII A sebagai kelas
eksperimen dan 19 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang dipilih
menggunakan Random Sampling. Data diperoleh dengan melakukan observasi saat
proses pembelajaran dan memberikan angket kepada siswa. Data yang terkumpul
selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
inferensial dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa: 1) keaktifan belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam menujukan keaktifan yang lebih baik pada kelas
eksperimen yang menggunakan metode College Ball (dengan nilai rata-rata 77,50)
dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode Konvensional
(dengan nilai rata-rata 70,20). 2) adanya pengaruh metode College Ball terhadap
keaktifan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri
4 Tellu Siattinge. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis dengan
menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,048 < 0,05. Hal ini
mengindikasikan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang menunjukkan adanya
perbedaan yang signifikan antara keaktifan belajar siswa yang menggunakan
metode College Ball dengan metode Konvensional. Perhitungan Effect size
menunjukkan bahwa metode College Ball memiliki pengaruh yang tergolong
sedang terhadap keaktifan belajar siswa (dengan nilai Effect Size sebesar 0,745).
A. Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil analisis data yang telah dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa:
1. Keaktifan belajar siswa kelas VIII Pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Negeri 4 Tellu Siattinge menunjukkan keaktifan
yang lebih baik pada kelas eksperimen yang menggunakan metode
College Ball (dengan nilai rata-rata 77,50) dibandingkan dengan kelas
kontrol yang menggunakan metode Konvensional (dengan nilai rata-
ratanya 70,20)
2. Terdapat pengaruh metode College Ball terhadap keaktifan belajar
siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 4
Tellu Siattinge. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengujian hipotesis
dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,048 <
0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa H₀ ditolak dan Hₐ diterima, yang
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara keaktifan
belajar siswa yang menggunakan metode College Ball dengan metode
Konvensional. Hasil perhitungan Effect Size juga menunjukkan bahwa
metode College Ball memiliki pengaruh yang tergolong sedang
terhadap keaktifan belajar siswa (dengan nilai Effect Size sebesar 0,745)
B. Saran
Setelah terselesaikannya penelitian ini, ada beberapa saran yang ingin
penulis sampaikan sebagai, berikut:
1. Bagi kepala sekolah dan guru, Hendaknya berpartisipasi secara aktif dalam
kegiatan belajar serta menyediakan sarana dan prasarana yang memadai
guna menunjang keaktifan siswa dalam proses pembelajaran
2. Bagi guru pendidikan agama Islam, hendaknya selalu memberikan
semangat dan dukungan kepada siswa untuk tetap berusaha meningkatkan
keaktifan belajarnya.
Ketersediaan
| STAR20240160 | 160/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
160/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
