Analisis Desain Komunikasi Visual pada Billboard di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Bone Sulawesi Selatan
Asniar Iskandar/702332019089 - Personal Name
Penelitian ini membahas tentang Analisis Desain Komunikasi Visual pada Billboard
di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk menganaisis
elemen-elemen visual yang terkandung pada billboard di Jalan Jenderal Ahmad Yani
Kab. Bone, dan mengetahui makna dan pesan pada billboard di Jalan Jenderal
Ahmad Yanmi Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
ilmu komunikasi dan semiotika. Sumber data dalam penelitian ini adalah billboard di
Jalan Jenderal Ahmad Yani Kab. Bone, dalam pengumpulan data, peneliti memilih
pengambilan informasi melalui media pengamatan secara langsung, yang melibatkan
metode yang ada, yaitu observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data yang
dibutuhkan. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan
menggunakan model analisis pengelompokkan dan pengolahan sesuai dengan fokus
data secara denotatif dan konotatif, kemudian dianalisis menggunakan deskriptif
kualitatif, data kualitatif yang terdiri atas tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa billboard-billboard yang berada di Jalan
Jenderal Ahmad Yani Kab. Bone memiliki desain komunikasi visual yang berbeda,
terkait elemen-elemen visual dari segi warna, tipografi, images, dan layout, tentunya
terdapat makna tertentu terhadap desain pada billboard. Pada billboard rokok yang
tidak diizinkan untuk menampilkan bentuk rokok secara utuh, sehingga munculah
pemaknaan terhadap karakter-karakter seorang pria. Pada analisis denotasi dan
konotasi sebagai tanda didukung oleh semiotika semantik yang menganalisis terkait
makna dan konsep memberikan jawaban bahwa dalam billboard memberikan makna
dan pesan tertentu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab sebelumnya
mengenai “Analisis Desain Komunikasi Visual pada Billboard di Jalan
Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Bone Sulawesi Selatan” dapat penulis
simpulkan, bahwa billboard-billboard di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kab.
Bone mengikuti trend anak muda zaman sekarang dengan didukung elemen-
elemen visual seperti warna, images, tipografi dan layout. Selain itu
penggunaan elemen-elemen visual pada billboard digunakan sebagai kekuatan
dalam bersaing dengan billboard-billboard lainnya.
Mengenai makna dan pesan pada billboard di Jalan Jendral Ahmad
Yani Kabupaten Bone, menggunakan teori semiotika Roland Berthes yaitu
makna denotasi dan makna konotasi yang menambah estetika, daya tarik dan
pemahaman bagi khalayak sasaran. Sedangkan pesan pada billboard
memberikan pesan-pesan positif dengan maksud untuk memikat daya tarik
masyarakat.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang dilakukan penulis
mengenai aktualisasi analisis desain komuniksi visual, maka penulis
menemukan beberapa implikasi diantaranya, yakni:
1. Sebagai manusia dan hamba Allah swt. kita harus senantiasa tetap
menJalankan kewajiban kita sebagai hamba apapun dan bagaimanapun
kondisi yang dialami.
2. Diharapkan kepada seluruh khalayak Kab. Bone yang telah melihat
billboard di Jalan, tetap memandang sisi positif terkait pesan yang
disampaikan pada billboard.
3. Merangkul saudara-saudara lainnya agar tetap selalu memahami makna
dan pesan yang terkandung dalam billboard dan senantiasa tetap
istiqomah di Jalan Allah swt.
4. Penulis berharap dengan hadirnya skripsi ini bisa dijadikan sebagai
salah satu bahan studi literatur khususnya terkait desain komunikasi
visual dikarenakan pembahasan masalah desain komunikasi visual
masih amat kurang khususnya di lingkup IAIN Bone.
di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kab. Bone. Penelitian ini bertujuan untuk menganaisis
elemen-elemen visual yang terkandung pada billboard di Jalan Jenderal Ahmad Yani
Kab. Bone, dan mengetahui makna dan pesan pada billboard di Jalan Jenderal
Ahmad Yanmi Kab. Bone.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan
ilmu komunikasi dan semiotika. Sumber data dalam penelitian ini adalah billboard di
Jalan Jenderal Ahmad Yani Kab. Bone, dalam pengumpulan data, peneliti memilih
pengambilan informasi melalui media pengamatan secara langsung, yang melibatkan
metode yang ada, yaitu observasi dan dokumentasi untuk memperoleh data yang
dibutuhkan. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis dengan
menggunakan model analisis pengelompokkan dan pengolahan sesuai dengan fokus
data secara denotatif dan konotatif, kemudian dianalisis menggunakan deskriptif
kualitatif, data kualitatif yang terdiri atas tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa billboard-billboard yang berada di Jalan
Jenderal Ahmad Yani Kab. Bone memiliki desain komunikasi visual yang berbeda,
terkait elemen-elemen visual dari segi warna, tipografi, images, dan layout, tentunya
terdapat makna tertentu terhadap desain pada billboard. Pada billboard rokok yang
tidak diizinkan untuk menampilkan bentuk rokok secara utuh, sehingga munculah
pemaknaan terhadap karakter-karakter seorang pria. Pada analisis denotasi dan
konotasi sebagai tanda didukung oleh semiotika semantik yang menganalisis terkait
makna dan konsep memberikan jawaban bahwa dalam billboard memberikan makna
dan pesan tertentu.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas pada bab sebelumnya
mengenai “Analisis Desain Komunikasi Visual pada Billboard di Jalan
Jenderal Ahmad Yani Kabupaten Bone Sulawesi Selatan” dapat penulis
simpulkan, bahwa billboard-billboard di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kab.
Bone mengikuti trend anak muda zaman sekarang dengan didukung elemen-
elemen visual seperti warna, images, tipografi dan layout. Selain itu
penggunaan elemen-elemen visual pada billboard digunakan sebagai kekuatan
dalam bersaing dengan billboard-billboard lainnya.
Mengenai makna dan pesan pada billboard di Jalan Jendral Ahmad
Yani Kabupaten Bone, menggunakan teori semiotika Roland Berthes yaitu
makna denotasi dan makna konotasi yang menambah estetika, daya tarik dan
pemahaman bagi khalayak sasaran. Sedangkan pesan pada billboard
memberikan pesan-pesan positif dengan maksud untuk memikat daya tarik
masyarakat.
B. Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian dan kesimpulan yang dilakukan penulis
mengenai aktualisasi analisis desain komuniksi visual, maka penulis
menemukan beberapa implikasi diantaranya, yakni:
1. Sebagai manusia dan hamba Allah swt. kita harus senantiasa tetap
menJalankan kewajiban kita sebagai hamba apapun dan bagaimanapun
kondisi yang dialami.
2. Diharapkan kepada seluruh khalayak Kab. Bone yang telah melihat
billboard di Jalan, tetap memandang sisi positif terkait pesan yang
disampaikan pada billboard.
3. Merangkul saudara-saudara lainnya agar tetap selalu memahami makna
dan pesan yang terkandung dalam billboard dan senantiasa tetap
istiqomah di Jalan Allah swt.
4. Penulis berharap dengan hadirnya skripsi ini bisa dijadikan sebagai
salah satu bahan studi literatur khususnya terkait desain komunikasi
visual dikarenakan pembahasan masalah desain komunikasi visual
masih amat kurang khususnya di lingkup IAIN Bone.
Ketersediaan
| SFUD20230002 | 02/2023 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
02/2023
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi FUD
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
