Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Tentang Gerakan Wudhu Siswa Kelas II MI Darul Hikmah Bone
Syahrul Ramadana P/862322020067 - Personal Name
Penggunaan media pembelajaran diharapkan dapat mengarahkan perhatian
siswa untuk bisa berkonsentrasi serta memahami lebih dalam materi yang
disampaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan
Tentang Gerakan Wudhu Siswa Kelas II MI Darul Hikmah Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain pretest and posttest group experiment. Dalam penelitian ini yang
menjadi pupulasi adalah seluruh siswa MI Darul Hikmah Bone dan sampel pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang terbagi menjadi dua kelas.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja berbentuk
praktik dalam melakukan gerakan wudhu. Kemudian dilakukan analisis data
menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 26.
Hasil penelitian ini yaitu: Kemampuan mempraktikan gerakan wudhu
sebelum menggunakan media berada pada nilai rata-rata 46,44 dengan
persentase 72%. Sedangkn setelah menggunakan media Audio Visual mencapai
nilai rata-rata 72,66 dengan persentase 89%. Penggunaan media Audio Visual
efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang gerakan wudhu berdasarkan
pada uji Sample T Test dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSSVersi
26 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil dari yaitu 0,05
(0,000 < 0,05), dan diperoleh t hitung = 4,747 > t tabel = 32.667 yang artinya H 0
ditolak dan H 1 diterima. Dapat terlihat bahwa nilai rata-rata N-gain score
sebesar 72.66 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score 56-75%
termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pengetahuan tentang
gerakan wudhu siswa kelas II MI Darul Hikmah Bone, maka dapat
disimpulkan.
1. Penggunaaan media audio visual pada pemebelajaran materi tata cara
wudhu di kelas II MI Darul Hikmah sangat membantu peserta didik
dalam proses pembelajaran terkhusus pada pembelajaran tata cara
wudhu hal ini dapat dibuktikan melalui perolehan nilai dari masing-
masing kelas yakni dari kelas IIA sebanyak 836 dengan skor pretest
mendapat skor maximum 56 dan skor minum sebanyak 35 dengan
jumlah rata rata untuk pretest yaitu 46,44 kemudian setelah
menggunakan media audio visual pada kelas eksperimen dikelas IIB
MI darul Hikmah diperoleh nilai sebanyak 1308 dan diketahui bahwa
skor pretest mendapat skor maximum 79. Adapun skor minum untuk
data pretest sebanyak 62 dengan jumlah rata rata untuk pretest yaitu
72,66
2. Menggunakan media audio visual efektif dalam meningkatkan
pengetahuan tentang gerakan wudhu kelas II MI Darul Hikmah Bone
sebab berdasarkan pada uji Sample T Test dengan menggunakan
bantuan pengolah data SPSSVersi 26 diperoleh sig (2-tailed) sebesar
0,000 yang berarti kecil dari yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), dan diperoleh
t hitung = 4,747 > t tabel = 32.667 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Dapat terlihat bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 72.66
berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score 56-75 termasuk
dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Disarankan kepada siswa agar lebih memahami lagi setiap
gerakan dalam berwudhu serta dapat mengetahui hal-hal yang dapat
membatalkan wudhu dan amalan-amalan apa saja yang dapat
dilakukan setelah berwudhu
2. Bagi guru
a. Diharapkan dalam proses belajar mengajar, hendakanya guru lebih
kreatif lagi dalam membuat siswa senang dan menerima pembelajaran
dengan baik lagi
b. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran yang tidak
berfokus pada satu metode saja namun disesuaikan dengan keadaan
yang dialami
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media audio visual dalam
meningkatkan pengetahuan tentang gerakan wudhu bagi siswa. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
siswa untuk bisa berkonsentrasi serta memahami lebih dalam materi yang
disampaikan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan
Tentang Gerakan Wudhu Siswa Kelas II MI Darul Hikmah Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain pretest and posttest group experiment. Dalam penelitian ini yang
menjadi pupulasi adalah seluruh siswa MI Darul Hikmah Bone dan sampel pada
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II yang terbagi menjadi dua kelas.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja berbentuk
praktik dalam melakukan gerakan wudhu. Kemudian dilakukan analisis data
menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 26.
Hasil penelitian ini yaitu: Kemampuan mempraktikan gerakan wudhu
sebelum menggunakan media berada pada nilai rata-rata 46,44 dengan
persentase 72%. Sedangkn setelah menggunakan media Audio Visual mencapai
nilai rata-rata 72,66 dengan persentase 89%. Penggunaan media Audio Visual
efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang gerakan wudhu berdasarkan
pada uji Sample T Test dengan menggunakan bantuan pengolah data SPSSVersi
26 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil dari yaitu 0,05
(0,000 < 0,05), dan diperoleh t hitung = 4,747 > t tabel = 32.667 yang artinya H 0
ditolak dan H 1 diterima. Dapat terlihat bahwa nilai rata-rata N-gain score
sebesar 72.66 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score 56-75%
termasuk dalam kategori cukup efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pengetahuan tentang
gerakan wudhu siswa kelas II MI Darul Hikmah Bone, maka dapat
disimpulkan.
1. Penggunaaan media audio visual pada pemebelajaran materi tata cara
wudhu di kelas II MI Darul Hikmah sangat membantu peserta didik
dalam proses pembelajaran terkhusus pada pembelajaran tata cara
wudhu hal ini dapat dibuktikan melalui perolehan nilai dari masing-
masing kelas yakni dari kelas IIA sebanyak 836 dengan skor pretest
mendapat skor maximum 56 dan skor minum sebanyak 35 dengan
jumlah rata rata untuk pretest yaitu 46,44 kemudian setelah
menggunakan media audio visual pada kelas eksperimen dikelas IIB
MI darul Hikmah diperoleh nilai sebanyak 1308 dan diketahui bahwa
skor pretest mendapat skor maximum 79. Adapun skor minum untuk
data pretest sebanyak 62 dengan jumlah rata rata untuk pretest yaitu
72,66
2. Menggunakan media audio visual efektif dalam meningkatkan
pengetahuan tentang gerakan wudhu kelas II MI Darul Hikmah Bone
sebab berdasarkan pada uji Sample T Test dengan menggunakan
bantuan pengolah data SPSSVersi 26 diperoleh sig (2-tailed) sebesar
0,000 yang berarti kecil dari yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), dan diperoleh
t hitung = 4,747 > t tabel = 32.667 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima.
Dapat terlihat bahwa nilai rata-rata N-gain score sebesar 72.66
berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-gain score 56-75 termasuk
dalam kategori cukup efektif.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Disarankan kepada siswa agar lebih memahami lagi setiap
gerakan dalam berwudhu serta dapat mengetahui hal-hal yang dapat
membatalkan wudhu dan amalan-amalan apa saja yang dapat
dilakukan setelah berwudhu
2. Bagi guru
a. Diharapkan dalam proses belajar mengajar, hendakanya guru lebih
kreatif lagi dalam membuat siswa senang dan menerima pembelajaran
dengan baik lagi
b. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran yang tidak
berfokus pada satu metode saja namun disesuaikan dengan keadaan
yang dialami
3. Bagi Peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media audio visual dalam
meningkatkan pengetahuan tentang gerakan wudhu bagi siswa. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
| STAR20250059 | 59/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
59/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
