Kontribusi Pondok Pesantren Al-Falah dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Desa Kasano Kecamatan Baras Kabupaten Pasangkayu.

No image available for this title
Pendidikan Islam merupakan salah satu elemen yang penting yang menjadi
landasan agar manusia mampu mewujudkan pengabdian yang secara nyata kepada
Allah swt. Dalam mengimplementasikan pendidikan Islam dibutuhkan wadah,
organisasi maupun lembaga yang betul-betul mampu melakukan pembinaan terhadap
perkembangan pendidikan manusia sebagai hamba Allah swt, baik secara individu
maupun secara sosial. Pondok pesantren adalah jenis kelembagaan yang cenderung
menjadi estafet dalam melakukan terobosan-terobosan dalam membentuk
pembentukan karakter. Kemajuan Pesantren tidak terlepas dari peran masyarakat.
Pesantren dan eksistensinya adalah kaloborasi dari masyarakat, sebaliknya pesantren
jugalah yang berperan besar dalam membentuk, mendidik, membina dan
mencerahkan kehidupan bangsa ini terutama generasi muda masa kini.
Dalam riset ini, penulis menawarkan contoh peran kontributif pondok
pesantren, yaitu Pondok Pesantren Al-Falah yang bersinggungngan dengan
pengembangan pendidikan Islam yang letaknya di Desa Kasano Kecamatan Baras
Kabupaten Pasangkayu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui eksistensi
Pondok Pesantren Al-Falah di Desa Kasano (2) Untuk mengetahui bentuk-bentuk
pengembangan pendidikan Islam di Desa Kasano (3) Untuk mengetahui pentingnya
kontribusi Pondok Pesantren Al-Falah dalam mengembangkan pendidikan Islam di
Desa Kasano
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perspektif sosiologi,
psikologi, dan edukatif. Jenis penelitiannya menggunakan metode kualitatif (field
research). Sumber datanya yaitu tokoh masyarakat, kalangan pesantren, dan
masyarakat di Desa Kasano. Teknik pengumpulan datanya menggunakan (1)
observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data,
penyajian data, penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yang didapat bahwa Pondok Pesantren Al-Falah memiliki
beberapa peran penting dalam melakukan kontribusi dan proses dalam
mengembangkan pendidikan Islam di Desa Kasano dan mendefinisikan kegiatan yang
dibutuhkan masyarakat yang mengalami perubahan dalam bidang keagamaan dan
pendidikan agar tetap berada dalam keseimbangan. Terdapat beberapa faktor
pendorong Pondok Pesantren Al-Falah dalam berperan atas perubahan sosial tersebut.
Namun, keniscayaan itu menjadikan pesantren untuk lebih progresif dalam
menjalankan sistem fungsionalnya terhadap masyaraka
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
1. Secara sosio historis, berdirinya Pondok Pesantren Al-Falah ditujukan
sebagai wadah integrasionis antara pesantren dan masyarakat, dan juga sebagai
sarana dakwah, serta memiliki misi reaktualisasi nilai-nilai keberagamaan,
pendidikan dan kemasyarakatan, dengan harapan Pondok Pesantren Al-Falah
mampu berdialegtika dengan kebutuhan masyarakat seiring dengan
berkembangya zaman. Selain itu pondok pesantren Al-Falah diharapkan
pengasuh untuk berperan sebagai pengimbang dan pusat pembangunan
masyarakat yang Islami.
Terdapat beberapa kontribusi pondok pesantren Al-Falah yang paling
mendasar, dan peran struktur fungsionalisme yang dimainkan pondok pesantren
tersebut untuk mengkonseptualisasikan kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan
masyarakat sebagai penyeimbang, demi keberlansngsungan hidup masyarakat
yang integratif dalam dinamika perubahan sosial keagamaan dan pendidikan
yang terjadi pada masyarakat di Desa Kasano: a. Transofrmasi ilmu
pengetahuan. b. eksternalisasi nila-inilai pesantren. c. Menyelenggarakan
kegiatan-kegiatan sosial keagamaan d. Ikut andil dalam penyelesaian masalah
baik dalam teoritis ataupun praktis.
2. Beberapa faktor pentingnya kontribusi Pondok Pesantren Al-Falah dalam
pengembangan pendidikan Islam di Desa Kasano.
a. Pondok Pesantren Al-Falah dalam eksistensinya membuat berbagai
perubahan dan kesadaran sosial serta membangun kemashlahatan, baik
kepada peserta didik maupun masyarakat serta yang ada dilingkungan
pesantren khususnya di Desa Kasano.
b. Bentuk-bentuk pengembangan keagamaan baik dalam bentuk
pendidikan formal, nonformal, dan informal yang digagas oleh Pondok
Pesantren Al-Falah berkontribusi dalam membangun kesadaran kepada
masyarakat yang ada di Desa Kasano
c. Kontribusi Pondok Pesantren Al-Falah dalam pengembangan
pendidikan Islam di Desa Kasano sangat penting karena wujud Pondok
Pesantren Al-Falah di Desa Kasano banyak melakukan perubahan
bukan hanya dari segi pendidikan melainkan juga dari segi
perkembangan di bidang lainnnya.
B. Saran
1. Diharapkan para pembaca dari kalangan awam maupun akademisi atau
yang membidangi dan mendalami ilmu kepesantrenan dan pendidikan
Islam terus berkiprah mengembangkan perihal tersebut, serta memberikan
masukan terhadap tulisan ini agar mudah diterima oleh semua kalangan,
khususnya yang berperan dalam pondok pesantren dan berkecimpung
dalam pendidikan Islam.
2. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya, untuk mengembangkan penelitian
ini, agar publik lebih bisa memahami lebih dalam ilmu tentang pesantren
dan ilmu pendidikan Islam.
Ketersediaan
86108201900440/2021Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

40/2021

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Tesis PAI

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top