Efektivitas Penggunaan Media Rolling Ball Game Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Siswa MI Darul Hikmah Bone
Sri Wahyuningsih/862322020052 - Personal Name
Latar belakang penelitian ini yaitu : Pembelajaran pendidikan jasmani merupakan
program dari bagian pendidikan umum yang memberi kontribusi terhadap
pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh yaitu fisik, gerak,
mental, dan sosial. Di dalam pengembangan nilai-nilai sosial seorang guru
pendidikan jasmani dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan strategi atau
teknik pembelajaran yang tepat dan efisien dengan maksud dan tujuan agar
aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani dapat tercapai dengan optimal (
Syarifuddin, 2017). Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti bahwa pada
saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan guru pada saat penjelasan, siswa
main-main pada saat pembelajaran, pada saat pembelajaran terkadang alat peraga
tidak ada atau media digunakan kelas lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media rolling
ball game untuk meningkatkan keterampilan gerak siswa MI Darul Hikmah Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain Pre-Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV
yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes praktik.
Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program Statistical
Package Social Science (SPSS) Versi 23.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Keterampilan gerak siswa kelas IV MI Darul
Hikmah Bone sebelum penggunaan media rolling ball game berada pada nilai
rata-rata 59,17. Sedangkan keterampilan gerak siswa sesudah penggunaan media
rolling ball game mencapai nilai rata-rata 78,33. 2. Penggunaan media rolling ball
game efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak siswa MI Darul Hikmah
Bone yang berdasarkan pada uji paired sample T-Test diperoleh sig (2 tailed)
sebesar 0,000 yang berarti kecil dari
program dari bagian pendidikan umum yang memberi kontribusi terhadap
pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh yaitu fisik, gerak,
mental, dan sosial. Di dalam pengembangan nilai-nilai sosial seorang guru
pendidikan jasmani dituntut untuk dapat memilih dan menggunakan strategi atau
teknik pembelajaran yang tepat dan efisien dengan maksud dan tujuan agar
aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani dapat tercapai dengan optimal (
Syarifuddin, 2017). Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti bahwa pada
saat pembelajaran siswa kurang memperhatikan guru pada saat penjelasan, siswa
main-main pada saat pembelajaran, pada saat pembelajaran terkadang alat peraga
tidak ada atau media digunakan kelas lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media rolling
ball game untuk meningkatkan keterampilan gerak siswa MI Darul Hikmah Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan
desain Pre-Experimental Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV
yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes praktik.
Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif melalui program Statistical
Package Social Science (SPSS) Versi 23.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Keterampilan gerak siswa kelas IV MI Darul
Hikmah Bone sebelum penggunaan media rolling ball game berada pada nilai
rata-rata 59,17. Sedangkan keterampilan gerak siswa sesudah penggunaan media
rolling ball game mencapai nilai rata-rata 78,33. 2. Penggunaan media rolling ball
game efektif dalam meningkatkan keterampilan gerak siswa MI Darul Hikmah
Bone yang berdasarkan pada uji paired sample T-Test diperoleh sig (2 tailed)
sebesar 0,000 yang berarti kecil dari
Ketersediaan
| STAR20240344 | 344/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
344/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
