Efektivitas Penggunaan Media Papan Kantong Mufrodat untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Siswa Kelas II pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikmah Kabupaten Bone
Nur Sinar/862322020051 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
papan kantong mufrodat untuk meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan media papan kantong mufrodat dan untuk mengetahui
efektivitas media papan kantong mufrodat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true quasi experiment
yaitu Pretest Posttest Group Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel
siswa kelas II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk
kerja berbentuk pilihan ganda. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui program Statistical Package Social science
(SPSS) Versi 23. Hasil penelitian ini yaitu: 1.Proses pembelajaran pada
penghafalan kosakata menggunakan media papan kantong mufrodat,2. metode
mengulang-ulang dan menghafal bagian per bagian efektif meningkatkan
pemahaman kosakata bahasa Arab Mayoritas siswa mengalami peningkatan nilai,
dengan sebagian besar menghafal 1-20 kosakata. Metode gabungan dan
berdasarkan tingkat kesulitan juga terbukti efektif. Hasil ini mendukung
penggunaan berbagai metode menghafal untuk meningkatkan pembelajaran
kosakata 3. Penggunaan media papan kantong mufrodat efektif untuk
meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Darul Hikmah Kabupaten Bone yang berdasarkan pada uji paired sample T-TEST
diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil dari a yaitu 0,05
(0,001 ttabel= 2.27057 yang artinya H0 ditolak
dan H1 diterima, Media papan kantong efektif dalam meningkatkan penghafalan
kosakata siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-Gain score 0,2191 berdasarkan kategori
tafsiran efektivitas N-Gain Score 56-75 termasuk dalam kategori cukup efektif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan kesimpulan
bahwa penggunaan media papan kantong mufrodat dapat meningkatkan
penghafalan kosakata siswa pada pembelajaran Bahasa Arab. Adapun saran dari
penelitian ini yaitu diharapkan dalam proses pembelajaran lebih menerapkan
media papan kantong untuk meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan n terkait efektivitas penggunaan
media papan kantong untuk meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II
pada pembelajaran bahasa Arab MI Darul Hikmah Kabupaten Bone, maka
dapat disimpulkan:
1. Berdasarkan data yang telah dianalisis, penggunaan media papan kantong
mufrodat menunjukkan peningkatan dalam penghafalan kosakata siswa
pada pembelajaran bahasa Arab di kelas II MI Darul Hikmah. Sebelum
menggunakan media ini, kemampuan siswa dalam penghafalan kosakata
bervariasi dengan mayoritas siswa memiliki kemampuan yang sedang dan
rendah. Setelah intervensi, terdapat peningkatan keseluruhan dalam skor
penghafalan kosakata, dengan lebih banyak siswa mencapai skor yang
lebih tinggi dan variasi kemampuan antar siswa yang lebih besar.
Meskipun peningkatan rata-rata skor tidak sangat besar, hasil ini
menunjukkan bahwa penggunaan media papan kantong mufrodat memiliki
efek positif dalam membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata.
2. Berdasarkan analisis terhadap data siswa kelas II MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone, pendekatan pengulangan dan pendalaman materi terbukti
efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata, dengan sebagian besar
siswa menunjukkan peningkatan nilai post-test. Strategi menghafal bagian
per bagian, memilih bagian yang sulit terlebih dahulu, dan memperhatikan
tingkat kesulitan materi juga memberikan kontribusi positif terhadap hasil
belajar. Kombinasi dari metode menghafal dari mudah ke sulit dan pendek
ke panjang juga efektif dalam meningkatkan nilai siswa. Selain itu,
peningkatan jumlah kosakata yang dihafal berhubungan langsung dengan
peningkatan nilai siswa. Dengan demikian, pendekatan yang beragam dan
disesuaikan dengan kebutuhan individu mampu meningkatkan
penghafalan kosakata bahasa Arab di lingkungan pembelajaran ini.
3. Penggunaan media papan kantong mufrodat efektif dalam meningkatkan
penghafalan kosakata siswa kelas II pada pembelajaran bahasa Arab di MI
Darul Hikmah. Analisis menunjukkan bahwa penggunaan media tersebut
memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan siswa
dalam menghafal kosakata, seperti yang terlihat dari perbedaan yang
signifikan antara nilai pretest dan posttest eksperimen.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Disarankan kepada siswa agar terus meningkatka belajar dan
bersemangat dalam menghafalkan mufrodat, karna mufrodat adalah dasar
dari semua pembelajaran bahasa Arab.
2. Bagi Guru (khusus guru mata pelajaran Bahasa Arab)
a. Diharapkan guru mengenalkan dan melatih keterampilan peserta didik
dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media papan
kantong, untuk meghindari kejenuhan peserta didik dan selama
pembelajaran agar peserta didik mampu meningkatkan serta
mengembangkan sikap dan nilai yang di tuntut.
b. Proses pembelajaran dengan menerapkan media papan kantong perlu
dikembangkan, bukan hanya pada pembelajaran Bahasa Arab sehingga
peserta didik bisa lebih aktif.
c. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru diharapkan menjadikan media
papan kantong, sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran pelajaran
Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga
meningkatkan kualitas hasil belajar.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media papan kantong
dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI)
papan kantong mufrodat untuk meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penggunaan media papan kantong mufrodat dan untuk mengetahui
efektivitas media papan kantong mufrodat. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain true quasi experiment
yaitu Pretest Posttest Group Design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel
siswa kelas II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk
kerja berbentuk pilihan ganda. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan
analisis statistik deskriptif melalui program Statistical Package Social science
(SPSS) Versi 23. Hasil penelitian ini yaitu: 1.Proses pembelajaran pada
penghafalan kosakata menggunakan media papan kantong mufrodat,2. metode
mengulang-ulang dan menghafal bagian per bagian efektif meningkatkan
pemahaman kosakata bahasa Arab Mayoritas siswa mengalami peningkatan nilai,
dengan sebagian besar menghafal 1-20 kosakata. Metode gabungan dan
berdasarkan tingkat kesulitan juga terbukti efektif. Hasil ini mendukung
penggunaan berbagai metode menghafal untuk meningkatkan pembelajaran
kosakata 3. Penggunaan media papan kantong mufrodat efektif untuk
meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Darul Hikmah Kabupaten Bone yang berdasarkan pada uji paired sample T-TEST
diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil dari a yaitu 0,05
(0,001 ttabel= 2.27057 yang artinya H0 ditolak
dan H1 diterima, Media papan kantong efektif dalam meningkatkan penghafalan
kosakata siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah Kabupaten Bone.
Dapat dilihat bahwa nilai rata-rata N-Gain score 0,2191 berdasarkan kategori
tafsiran efektivitas N-Gain Score 56-75 termasuk dalam kategori cukup efektif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti memberikan kesimpulan
bahwa penggunaan media papan kantong mufrodat dapat meningkatkan
penghafalan kosakata siswa pada pembelajaran Bahasa Arab. Adapun saran dari
penelitian ini yaitu diharapkan dalam proses pembelajaran lebih menerapkan
media papan kantong untuk meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Darul Hikmah Kabupaten Bone.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan n terkait efektivitas penggunaan
media papan kantong untuk meningkatkan penghafalan kosakata siswa kelas II
pada pembelajaran bahasa Arab MI Darul Hikmah Kabupaten Bone, maka
dapat disimpulkan:
1. Berdasarkan data yang telah dianalisis, penggunaan media papan kantong
mufrodat menunjukkan peningkatan dalam penghafalan kosakata siswa
pada pembelajaran bahasa Arab di kelas II MI Darul Hikmah. Sebelum
menggunakan media ini, kemampuan siswa dalam penghafalan kosakata
bervariasi dengan mayoritas siswa memiliki kemampuan yang sedang dan
rendah. Setelah intervensi, terdapat peningkatan keseluruhan dalam skor
penghafalan kosakata, dengan lebih banyak siswa mencapai skor yang
lebih tinggi dan variasi kemampuan antar siswa yang lebih besar.
Meskipun peningkatan rata-rata skor tidak sangat besar, hasil ini
menunjukkan bahwa penggunaan media papan kantong mufrodat memiliki
efek positif dalam membantu siswa meningkatkan penguasaan kosakata.
2. Berdasarkan analisis terhadap data siswa kelas II MI Darul Hikmah
Kabupaten Bone, pendekatan pengulangan dan pendalaman materi terbukti
efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata, dengan sebagian besar
siswa menunjukkan peningkatan nilai post-test. Strategi menghafal bagian
per bagian, memilih bagian yang sulit terlebih dahulu, dan memperhatikan
tingkat kesulitan materi juga memberikan kontribusi positif terhadap hasil
belajar. Kombinasi dari metode menghafal dari mudah ke sulit dan pendek
ke panjang juga efektif dalam meningkatkan nilai siswa. Selain itu,
peningkatan jumlah kosakata yang dihafal berhubungan langsung dengan
peningkatan nilai siswa. Dengan demikian, pendekatan yang beragam dan
disesuaikan dengan kebutuhan individu mampu meningkatkan
penghafalan kosakata bahasa Arab di lingkungan pembelajaran ini.
3. Penggunaan media papan kantong mufrodat efektif dalam meningkatkan
penghafalan kosakata siswa kelas II pada pembelajaran bahasa Arab di MI
Darul Hikmah. Analisis menunjukkan bahwa penggunaan media tersebut
memberikan dampak positif yang signifikan terhadap kemampuan siswa
dalam menghafal kosakata, seperti yang terlihat dari perbedaan yang
signifikan antara nilai pretest dan posttest eksperimen.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Disarankan kepada siswa agar terus meningkatka belajar dan
bersemangat dalam menghafalkan mufrodat, karna mufrodat adalah dasar
dari semua pembelajaran bahasa Arab.
2. Bagi Guru (khusus guru mata pelajaran Bahasa Arab)
a. Diharapkan guru mengenalkan dan melatih keterampilan peserta didik
dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media papan
kantong, untuk meghindari kejenuhan peserta didik dan selama
pembelajaran agar peserta didik mampu meningkatkan serta
mengembangkan sikap dan nilai yang di tuntut.
b. Proses pembelajaran dengan menerapkan media papan kantong perlu
dikembangkan, bukan hanya pada pembelajaran Bahasa Arab sehingga
peserta didik bisa lebih aktif.
c. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru diharapkan menjadikan media
papan kantong, sebagai suatu alternatif dalam mata pelajaran pelajaran
Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan peserta didik sehingga
meningkatkan kualitas hasil belajar.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media papan kantong
dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI)
Ketersediaan
| STAR20240256 | 256/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
256/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
