Efektivitas Pengunaan Media Display Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas III SDN 264 Padaelo
Sardiana/862322020055 - Personal Name
Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan seberapa besar
ke efektifan Pengunaan Media Display dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas III
SDN 264 Padaelo. Adapun yang melatarbelakangi penulis sehingga tertarik untuk
membuat skripsi ini di dasarkan pada hasil observasi dimana dalam proses
pembelajaran PKN guru masi menggunakan metode konvensional yaitu dengan
ceramah dan penugasan dan proses pembelajaran masi fokus menggunakan buku
paket sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, siswa cenderung
duduk diam dan terkadang rebut dengan temannya oleh karena itu penulis tertarik
untuk menerapkan media Display dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Melalui motivasi, siswa dapat mengeksplorasi ide-ide baru, berpikir secara kritis
dan menghasilkan karya-karya unik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain Quasi Eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Desaign.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah `8 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal essay. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
Versi 29.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. proses pembelajaran menggunakan media
Display 2. Pengguaan media Display efektif dalam meningkatkan motivasi
belajar sisiwa kelas III SDN 264 Padaelo yang berdasarkan pada uji paired sample
T-Test diperoleh sig (2 tailed) sebesar 001 yang berarti kecil dari
ke efektifan Pengunaan Media Display dalam Meningkatkan Motivasi Belajar
Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Kelas III
SDN 264 Padaelo. Adapun yang melatarbelakangi penulis sehingga tertarik untuk
membuat skripsi ini di dasarkan pada hasil observasi dimana dalam proses
pembelajaran PKN guru masi menggunakan metode konvensional yaitu dengan
ceramah dan penugasan dan proses pembelajaran masi fokus menggunakan buku
paket sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran, siswa cenderung
duduk diam dan terkadang rebut dengan temannya oleh karena itu penulis tertarik
untuk menerapkan media Display dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.
Melalui motivasi, siswa dapat mengeksplorasi ide-ide baru, berpikir secara kritis
dan menghasilkan karya-karya unik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain Quasi Eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Desaign.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah `8 orang. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa soal essay. Analisis data menggunakan analisis
statistik deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
Versi 29.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. proses pembelajaran menggunakan media
Display 2. Pengguaan media Display efektif dalam meningkatkan motivasi
belajar sisiwa kelas III SDN 264 Padaelo yang berdasarkan pada uji paired sample
T-Test diperoleh sig (2 tailed) sebesar 001 yang berarti kecil dari
Ketersediaan
| STAR20240217 | 217/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
217/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
