Kontribusi Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Media Power Point (PPT) di MTs Irsyadusssalam Cakkeware
Ayu Asvika/862082020131 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai kontribusi guru dalam pembelajaran
Akidah Akhlak melalui Media power point (PPT) di MTs Irsyadussalam
Cakkeware. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi guru dalam
pembelajaran Akidah Akhlak melalui Media power point (PPT). Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain
penelitian deskriptif. Adapun lokasi dalam penelitian ini dilaksanakan di MTs
Irsyadussalam Cakkeware tepatnya di Desa Cakkeware, Kecamatan Cenrana,
Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 juni 2024 sampai
dengan pada tanggal 27 juli 2024. Data diperoleh dengan mewawancarai Kepala
Madrasah MTs Irsyadussalam Cakkeware, Guru Pendidikan Agama Islam dan
Peserta Didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif kualitatif. Data menunjukkan bahwa kontribusi guru dalam
pembelajaran Akidah Akhlak melalui media power point (PPT) di MTs
Irsyadussalam Cakkeware. Problematika yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak
adalah kurangnya mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi
menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan media
power point (PPT). Usaha yang dilakukan oleh guru PAI untuk meningkatkan
kemampuan menggunakan media power point (PPT) adalah mengikuti pelatihanpelatihan, pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang berhubungan
dengan pemanfaatan teknologi seperti komputer, LCD dan lain-lain.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Proses pelaksanaan pembelajaran Akidah akhlak di MTs Irsyadussalam
Cakkeware yaitu mengidentifikasi masalah berdasarkan kebutuhan; menyusun
bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan relevan dengan kebutuhan
siswa; menggunakan berbagai metode pengajaran seperti ceramah, diskusi,
dan tanya jawab, serta memanfaatkan media pembelajaran yang dapat
mendukung proses belajar mengajar seperti; Buku, alat proyektor (LCD) dan
PPT sesuai karakteristik peserta didik yang sesuai dengan mata pembelajaran
Akidah Akhlak. Kemudian melakukan evaluasi untuk mengukur pencapaian
tujuan pembelajaran dan memahami tingkat pemahaman siswa, menyusun
kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar.
2. Strategi guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak melalui media power point
(PPT) di MTs Irsyadussalam Cakkeware, dalam sebuah presentasi guru
menyajikan atau menyebarkan informasi kepada siswa. Akan tetapi, sering
terdapat materi-materi yang tidak hanya cukup dengan menyajikan atau
menyebarkan informasi kepada siswa, tetapi perlu menggunakan media
teknologi informasi seperti, slide (PPT) yang divisualisasikan melalui LCD
atau proyektor agar presentasi yang disampaikan lebih menarik dan berhasil.
Kemudian strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB).
Dengan pemberian motivasi atau rangsangan terlebih dahulu terhadap materi
yang akan disampaikan sebagai bahan pemusatan perhatian siswa terhadap
topik materi. Kemudian guru menayangkan gambar dengan bantuan alat
proyektor seperti LCD dan PPT yang relevan atau sesuai dengan materi.
3. Kontribusi guru dalam mengintegrasikan media power point (PPT) dalam
pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Irsyadussalam Cakkeware, yaitu
Kemampuan teknis dalam menggunakan power point, termasuk tingkat
penguasaan guru dalam pengoperasian teknologi, penerapan dalam
pembelajaran serta hambatan dan tantangan dalam menggunakan media power
point. Seperti kurangnya mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi
informasi sehingga proses belajar mengajar masih sangat minim. Oleh karena
itu usaha yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan
kemampuan menggunakan media power point adalah mengikuti pelatihanpelatihan, pihak sekolah menyediakan sarana prasarana yang berhubungan
dengan pemanfaatan teknologi seperti komputer, LCD dan lain-lain.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran penulis maksud yaitu:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan dan
memperhatikan kelayakan dari fasilitas pendukung dalam penggunaan media
berbasis teknologi informasi terkhusus pada proyektor LCD, dan melakukan
pelatihan-pelatihan khusus pada guru Akidah Akhlak mengenai pemanfaatan
teknologi informasi.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak agar dapat lebih meningkatkan
kemampuan dalam merancang, membuat, dan menggunakan media
pembelajaran berbasis teknologi informasi khususnya dalam pemanfaatan
LCD dan PPT dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar tetap meningkatkan sikap antuasisme
terhadap pembelajaran baik menggunakan maupun tidak menggunakan media
pembelajaran berbasis media power point (PPT) dalam pembelajaran Akidah
Akhlak. Serta dapat mengimplementasikan materi yang diberikan pada
kehidupan sehari-hari.
Akidah Akhlak melalui Media power point (PPT) di MTs Irsyadussalam
Cakkeware. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi guru dalam
pembelajaran Akidah Akhlak melalui Media power point (PPT). Jenis penelitian
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain
penelitian deskriptif. Adapun lokasi dalam penelitian ini dilaksanakan di MTs
Irsyadussalam Cakkeware tepatnya di Desa Cakkeware, Kecamatan Cenrana,
Kabupaten Bone. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 27 juni 2024 sampai
dengan pada tanggal 27 juli 2024. Data diperoleh dengan mewawancarai Kepala
Madrasah MTs Irsyadussalam Cakkeware, Guru Pendidikan Agama Islam dan
Peserta Didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
analisis deskriptif kualitatif. Data menunjukkan bahwa kontribusi guru dalam
pembelajaran Akidah Akhlak melalui media power point (PPT) di MTs
Irsyadussalam Cakkeware. Problematika yang dihadapi oleh guru Akidah Akhlak
adalah kurangnya mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi
menjadi salah satu faktor rendahnya kemampuan guru dalam menggunakan media
power point (PPT). Usaha yang dilakukan oleh guru PAI untuk meningkatkan
kemampuan menggunakan media power point (PPT) adalah mengikuti pelatihanpelatihan, pihak sekolah menyediakan sarana dan prasarana yang berhubungan
dengan pemanfaatan teknologi seperti komputer, LCD dan lain-lain.
A. Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang telah dipaparkan, maka peneliti dapat mengambil
kesimpulan bahwa:
1. Proses pelaksanaan pembelajaran Akidah akhlak di MTs Irsyadussalam
Cakkeware yaitu mengidentifikasi masalah berdasarkan kebutuhan; menyusun
bahan ajar yang sesuai dengan kurikulum dan relevan dengan kebutuhan
siswa; menggunakan berbagai metode pengajaran seperti ceramah, diskusi,
dan tanya jawab, serta memanfaatkan media pembelajaran yang dapat
mendukung proses belajar mengajar seperti; Buku, alat proyektor (LCD) dan
PPT sesuai karakteristik peserta didik yang sesuai dengan mata pembelajaran
Akidah Akhlak. Kemudian melakukan evaluasi untuk mengukur pencapaian
tujuan pembelajaran dan memahami tingkat pemahaman siswa, menyusun
kegiatan yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar mengajar.
2. Strategi guru dalam pembelajaran Akidah Akhlak melalui media power point
(PPT) di MTs Irsyadussalam Cakkeware, dalam sebuah presentasi guru
menyajikan atau menyebarkan informasi kepada siswa. Akan tetapi, sering
terdapat materi-materi yang tidak hanya cukup dengan menyajikan atau
menyebarkan informasi kepada siswa, tetapi perlu menggunakan media
teknologi informasi seperti, slide (PPT) yang divisualisasikan melalui LCD
atau proyektor agar presentasi yang disampaikan lebih menarik dan berhasil.
Kemudian strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berfikir (SPPKB).
Dengan pemberian motivasi atau rangsangan terlebih dahulu terhadap materi
yang akan disampaikan sebagai bahan pemusatan perhatian siswa terhadap
topik materi. Kemudian guru menayangkan gambar dengan bantuan alat
proyektor seperti LCD dan PPT yang relevan atau sesuai dengan materi.
3. Kontribusi guru dalam mengintegrasikan media power point (PPT) dalam
pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Irsyadussalam Cakkeware, yaitu
Kemampuan teknis dalam menggunakan power point, termasuk tingkat
penguasaan guru dalam pengoperasian teknologi, penerapan dalam
pembelajaran serta hambatan dan tantangan dalam menggunakan media power
point. Seperti kurangnya mendapatkan pelatihan pemanfaatan teknologi
informasi sehingga proses belajar mengajar masih sangat minim. Oleh karena
itu usaha yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak untuk meningkatkan
kemampuan menggunakan media power point adalah mengikuti pelatihanpelatihan, pihak sekolah menyediakan sarana prasarana yang berhubungan
dengan pemanfaatan teknologi seperti komputer, LCD dan lain-lain.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis mempunyai implikasi berupa saran
kepada pihak-pihak terkait, adapun saran penulis maksud yaitu:
1. Diharapkan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan dan
memperhatikan kelayakan dari fasilitas pendukung dalam penggunaan media
berbasis teknologi informasi terkhusus pada proyektor LCD, dan melakukan
pelatihan-pelatihan khusus pada guru Akidah Akhlak mengenai pemanfaatan
teknologi informasi.
2. Diharapkan kepada guru Akidah Akhlak agar dapat lebih meningkatkan
kemampuan dalam merancang, membuat, dan menggunakan media
pembelajaran berbasis teknologi informasi khususnya dalam pemanfaatan
LCD dan PPT dalam pembelajaran Akidah Akhlak.
3. Diharapkan kepada peserta didik agar tetap meningkatkan sikap antuasisme
terhadap pembelajaran baik menggunakan maupun tidak menggunakan media
pembelajaran berbasis media power point (PPT) dalam pembelajaran Akidah
Akhlak. Serta dapat mengimplementasikan materi yang diberikan pada
kehidupan sehari-hari.
Ketersediaan
| STAR20240293 | 293/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
293/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
