Pengaruh Perminan Pos Berangkai Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Pembelajaran PJOK Siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng
Harmida/862322020025 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Pos
Berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pembelajaran PJOK siswa kelas III
SD Inpres 7/83 Malimongeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif Quasi experimental dengan Nonequivalent Control Group Design, yang
dilakukan di SD Inpres 7/83 Malimongeng pada kelas III dengan jumlah sampel
21 siswa sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa sebagai kelas kontrol. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes praktik yang berkaitan dengan
penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik Inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
versi 20. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pada permainan pos berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pada
pembelajaran PJOK siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng, hal ini dibuktikan dari
hasil nilai Sebelum dan setelah diterapkannya permainan pos berangkai di kelas III
di SD Inpres 7/83 Malimongeng dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas
eksperimen mencapai 77,86 dan kelas kontrol mencapai 72,62, sedangkan nilai
rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai 98,86 dan kelas kontrol
mencapai 76,14. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test keterampilan
gerak dasar siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari
α yaitu < 0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H1 diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan pada permainan pos
berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pada pembelajaran PJOK siswa SD
Inpres 7/83 Malimongeng.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa,
keterampilan gerak dasar siswa dalam proses belajar terdapat perbedaan antara
siswa yang diajar menggunakan permainan pos berangkai dan tidak
menggunakan permainan pos berangkai. Dapat dilihat dengan nilai rata-rata
untuk pretest kelas eksperimen mencapai 77,86 dan kelas kontrol mencapai
72,62, sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai
98,86 dan kelas kontrol mencapai 76,14. Dapat dibuktikan berdasarkan uji
Independen sample T-Test dengan SPSS 20, diperoleh sig (2 tailed) sebesar
0,001 yang berarti kecil dari α yaitu 0,05 (0,001 < 0,05), yang artinya H 0 ditolak
dan H 1 diterima. Hal ini menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan
permainan pos berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pada pembelajaran
PJOK siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi SD inpres 7/83 Malimongeng, Kecematan Salomekko, Kabupaten
Bone, perlu meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana dalam proses
pembelajaran.
A. Kesimpulan
B. Saran
2. Bagi guru dan kepala sekolah, perlu meningkatkan dan menerapkan metode
dan media yang bervariasi sehingga bisa menyesuaikan dengan karakter
yang dimiliki oleh siswa sehingga dalam proses pembelajaran tidak
membuat siswa menjadi monoton, serta kekurangan guru mata pelajaran
seharusnya bisa diambil alih oleh guru kelas sehingga siswa tidak hanya
bermain di luar atau di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.
3. Bagi peneliti, untuk penelitian selanjutnya dapat meningkatkan dan
memaksimalkan proses penelitian dan hasil penelitian tidak hanya
mencakup kurang dari 30 siswa saja, namun dapat dijadikan panduan secara
umum.
Berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pembelajaran PJOK siswa kelas III
SD Inpres 7/83 Malimongeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif Quasi experimental dengan Nonequivalent Control Group Design, yang
dilakukan di SD Inpres 7/83 Malimongeng pada kelas III dengan jumlah sampel
21 siswa sebagai kelas eksperimen dan 21 siswa sebagai kelas kontrol. Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi dan tes praktik yang berkaitan dengan
penelitian. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik Inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
versi 20. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pada permainan pos berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pada
pembelajaran PJOK siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng, hal ini dibuktikan dari
hasil nilai Sebelum dan setelah diterapkannya permainan pos berangkai di kelas III
di SD Inpres 7/83 Malimongeng dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas
eksperimen mencapai 77,86 dan kelas kontrol mencapai 72,62, sedangkan nilai
rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai 98,86 dan kelas kontrol
mencapai 76,14. Berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test keterampilan
gerak dasar siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari
α yaitu < 0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H1 diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan pada permainan pos
berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pada pembelajaran PJOK siswa SD
Inpres 7/83 Malimongeng.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa,
keterampilan gerak dasar siswa dalam proses belajar terdapat perbedaan antara
siswa yang diajar menggunakan permainan pos berangkai dan tidak
menggunakan permainan pos berangkai. Dapat dilihat dengan nilai rata-rata
untuk pretest kelas eksperimen mencapai 77,86 dan kelas kontrol mencapai
72,62, sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen mencapai
98,86 dan kelas kontrol mencapai 76,14. Dapat dibuktikan berdasarkan uji
Independen sample T-Test dengan SPSS 20, diperoleh sig (2 tailed) sebesar
0,001 yang berarti kecil dari α yaitu 0,05 (0,001 < 0,05), yang artinya H 0 ditolak
dan H 1 diterima. Hal ini menunjukkan Terdapat pengaruh yang signifikan
permainan pos berangkai terhadap keterampilan gerak dasar pada pembelajaran
PJOK siswa SD Inpres 7/83 Malimongeng.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, saran yang dapat diberikan
adalah:
1. Bagi SD inpres 7/83 Malimongeng, Kecematan Salomekko, Kabupaten
Bone, perlu meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana dalam proses
pembelajaran.
A. Kesimpulan
B. Saran
2. Bagi guru dan kepala sekolah, perlu meningkatkan dan menerapkan metode
dan media yang bervariasi sehingga bisa menyesuaikan dengan karakter
yang dimiliki oleh siswa sehingga dalam proses pembelajaran tidak
membuat siswa menjadi monoton, serta kekurangan guru mata pelajaran
seharusnya bisa diambil alih oleh guru kelas sehingga siswa tidak hanya
bermain di luar atau di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung.
3. Bagi peneliti, untuk penelitian selanjutnya dapat meningkatkan dan
memaksimalkan proses penelitian dan hasil penelitian tidak hanya
mencakup kurang dari 30 siswa saja, namun dapat dijadikan panduan secara
umum.
Ketersediaan
| STAR20240157 | 157/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
157/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
