Efektivitas Media E-majalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone
Sri Rahayu Lestari/862322020068 - Personal Name
Era revolusi industri 5.0 dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi, literasi matematika sangat penting bagi siswa. Media pembelajaran e-
majalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa
kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone sebelum menggunakan media e-
majalah, 2) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD Negeri
13 Biru kabupaten Bone setelah menggunakan media e-majalah, 3) mengetahui
efektivitas media e-majalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika
siswa kelas V SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Ekperimental Design yang
dilakukan di SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone pada kelas V dengan jumlah
sampel 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol.
Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui
aplikasi microsoft excel dan program Statistical Package Social Science (SPSS)
versi 25. Sebelum dan setelah diterapkannya media e-majalah di kelas V SD Negeri
13 Biru kabupaten Bone dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas
eksperimen 55.77 dan kelas kontrol mencapai 50.68, sedangkan nilai rata-rata untuk
postest kelas eksperimen mencapai 82.68 dan kelas kontrol mencapai 71.23 dengan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran matematika di kelas V SD
Negeri 13 Biru kabupaten Bone mencapai 70. Berdasarkan hasil uji Independent
Sample T-Test literasi matematika siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang
berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,000 < 0,05), dengan demikian H 0 ditolak
dan H 1 diterima. Sehingga pembelajaran matematika dengan penerapan media e-
majalah efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas media
e-majalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika kelas V SD
Negeri 13 Biru Kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan:
1. Kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Biru
kabupaten Bone sebelum (pretest) menggunakan media e-majalah, kelas
eksperimen memiliki nilai rata-rata 55,77; 13,962; 27% lebih tingggi kelas
kontrol sebelum (pretest) pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-
rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
50,68; 14,869; 18%.
2. Literasi matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone
sebelum (postest) menggunakan media e-majalah, kelas eksperimen
memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara
berurutan sebesar 82,68 ; 9,819 ; 81%. Adapun literasi matematika siswa
kelas kontrol setelah (posttest) pembelajaran konvensional memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan
sebesar 71,23; 8,298; 45%.
3. Media e-majalah efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi
matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test literasi
matematika siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih
kecil dari α yaitu < 0,05 (0,000
teknologi, literasi matematika sangat penting bagi siswa. Media pembelajaran e-
majalah merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan literasi matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa
kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone sebelum menggunakan media e-
majalah, 2) mengetahui kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD Negeri
13 Biru kabupaten Bone setelah menggunakan media e-majalah, 3) mengetahui
efektivitas media e-majalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika
siswa kelas V SD Negeri 13 Biru Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Ekperimental Design yang
dilakukan di SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone pada kelas V dengan jumlah
sampel 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan 22 siswa sebagai kelas kontrol.
Kemudian pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
pedagogik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data dianalisis
menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial melalui
aplikasi microsoft excel dan program Statistical Package Social Science (SPSS)
versi 25. Sebelum dan setelah diterapkannya media e-majalah di kelas V SD Negeri
13 Biru kabupaten Bone dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas
eksperimen 55.77 dan kelas kontrol mencapai 50.68, sedangkan nilai rata-rata untuk
postest kelas eksperimen mencapai 82.68 dan kelas kontrol mencapai 71.23 dengan
Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada pembelajaran matematika di kelas V SD
Negeri 13 Biru kabupaten Bone mencapai 70. Berdasarkan hasil uji Independent
Sample T-Test literasi matematika siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang
berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,000 < 0,05), dengan demikian H 0 ditolak
dan H 1 diterima. Sehingga pembelajaran matematika dengan penerapan media e-
majalah efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas media
e-majalah untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika kelas V SD
Negeri 13 Biru Kabupaten Bone, maka dapat disimpulkan:
1. Kemampuan literasi matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Biru
kabupaten Bone sebelum (pretest) menggunakan media e-majalah, kelas
eksperimen memiliki nilai rata-rata 55,77; 13,962; 27% lebih tingggi kelas
kontrol sebelum (pretest) pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-
rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan sebesar
50,68; 14,869; 18%.
2. Literasi matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone
sebelum (postest) menggunakan media e-majalah, kelas eksperimen
memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara
berurutan sebesar 82,68 ; 9,819 ; 81%. Adapun literasi matematika siswa
kelas kontrol setelah (posttest) pembelajaran konvensional memiliki nilai
rata-rata, standar deviasi, dan persentase ketuntasan secara berurutan
sebesar 71,23; 8,298; 45%.
3. Media e-majalah efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi
matematika siswa kelas V SD Negeri 13 Biru kabupaten Bone. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil uji Independent Sample T-Test literasi
matematika siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti lebih
kecil dari α yaitu < 0,05 (0,000
Ketersediaan
| STAR20240021 | 21/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
21/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
