Efektivitas Media Dot To Dot Untuk Menumbuhkan Keterampilan Menulis Huruf Hijaiyah Pada Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah Panyula
Harmikayanti/862322020060 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media dot to dot untuk
menumbuhkan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas I Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Hidayah Panyula pada pembelajaran Al-Quran Hadis siswa
Kelas I di MI Nurul Hidayah Panyula Kabupaten Bone. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain posttest only
control group design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel siswa kelas I.
Jumlah sampel jenuh yang digunakan 14 siswa dari jumlah populasi siswa kelas
I MI Nurul Hidayah Panyula Kabupaten Bone. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa tes berbentuk Menulis huruf hijaiyah. Kemudian dilakukan
analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical
Package Social Science (SPSS) Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.
Keterampilan menulis setelah penggunaan media pada kelas eksperimen nilai
rata-ratanya yaitu 84,29 sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan media
nilai rata-ratanya yaitu 77,14 dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis
huruf hijaiyah setelah penggunaan media meningkat. 2. Berdasarkan hasil uji
independen sampel t-test yaitu diperoleh nilai t = -1,531 dengan nilai 0,000
menumbuhkan keterampilan menulis huruf hijaiyah pada siswa kelas I Madrasah
Ibtidaiyah Nurul Hidayah Panyula pada pembelajaran Al-Quran Hadis siswa
Kelas I di MI Nurul Hidayah Panyula Kabupaten Bone. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain posttest only
control group design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel siswa kelas I.
Jumlah sampel jenuh yang digunakan 14 siswa dari jumlah populasi siswa kelas
I MI Nurul Hidayah Panyula Kabupaten Bone. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini berupa tes berbentuk Menulis huruf hijaiyah. Kemudian dilakukan
analisis data menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical
Package Social Science (SPSS) Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.
Keterampilan menulis setelah penggunaan media pada kelas eksperimen nilai
rata-ratanya yaitu 84,29 sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan media
nilai rata-ratanya yaitu 77,14 dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis
huruf hijaiyah setelah penggunaan media meningkat. 2. Berdasarkan hasil uji
independen sampel t-test yaitu diperoleh nilai t = -1,531 dengan nilai 0,000
Ketersediaan
| STAR20240343 | 343/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
343/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
