Persepsi Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dan Antusiasme Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 2 Palakka
Anita/862082020036 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “persepsi pemanfaatan aplikasi Quizizz
dan hubungannya dengan antusiasme siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Palakka”.Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana sejauh mana antusiasme siswa kelas VIII melalui
pemanfaatan aplikasi quizizz. lokasi SMP Negeri 2 palakka letak sekolah yang
tidak terlalu dekat dari permukiman dan suasananya. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.Penelitian ini
menggunakan pendekatan Pendidikan Islam. Dalam pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, antusias
belajar siswa di SMP Negeri 2 Palakka yaitu; 1) perhatian siswa yaitu siswa
memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi. 2) perasaan senang yaitu
siswa senang mengikuti pembelajaran PAI. 3) ketertarikan dalam melakukan
kegiatan pemebelajaran PAI.4) keterlibatan siswa. Kemudian, adanya penggunaan
aplikasi quizizz, Kedua, faktor yang mempengaruhi pemanfaatan aplikasi quizizz,
pertama faktor pendukung yang meliputi kemampuan pendidik dan sumber belajar
serta peserta didik yang aktif, sedangkan faktor penghambat yang dimaksud
meliputi kesulitan dalam menyiapkan media, perbedaan karakter dan kurangnya
konsentrasi siswa.
A. Kesimpulan
1. Pemanfaatan aplikasi quizizz terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 2 Palakka Pertama yaitu menggunakan android,
kedua menyiapkan akun dan akses di situs web, ketiga pelaksaan quiz dan
keempat memantau kemajuan siswa.
2. Respon siswa terhadap pemanfaatan aplikasi quizizz pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam umunya sangat posistif. Berdasarkan hasil
observasi (pengamatan) yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2
Palakka dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan
aplikasi quizizz yaitu :1) pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan,
2) meningkatkan keterlibatan siswa, 3) meningkatkan motivasi belajar
siswa.
3. Faktor penghambat terhadap pemanfaatan aplikasi quizizzpada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palakka yaitu,
Mengenai faktor penghambat initerhadap pemanfaatan aplikasi
quizizz,terdapat beberapa faktor yaitu,1) keterbatasan akses teknologi, 2)
kendala teknis, 3) keterbatsan akses internet.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dibawah ini akan diuraikan
saran.Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepada Pihak sekolah agar lebih mengomptimalkan sarana dan prasarana
sekolah demi kelancaran dan kemajuan belajar siswa.
2. Kepada guru PAI SMP Negeri 2 Palakka hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab terutama dalam penerapan metode pembelajaran
dengan seoptimal mungkin agar siswa semangat dalam mengikuti proses
pembelajaran sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas dapat
terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
dan hubungannya dengan antusiasme siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam (PAI) di SMP Negeri 2 Palakka”.Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana sejauh mana antusiasme siswa kelas VIII melalui
pemanfaatan aplikasi quizizz. lokasi SMP Negeri 2 palakka letak sekolah yang
tidak terlalu dekat dari permukiman dan suasananya. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif.Penelitian ini
menggunakan pendekatan Pendidikan Islam. Dalam pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, antusias
belajar siswa di SMP Negeri 2 Palakka yaitu; 1) perhatian siswa yaitu siswa
memperhatikan pada saat guru menyampaikan materi. 2) perasaan senang yaitu
siswa senang mengikuti pembelajaran PAI. 3) ketertarikan dalam melakukan
kegiatan pemebelajaran PAI.4) keterlibatan siswa. Kemudian, adanya penggunaan
aplikasi quizizz, Kedua, faktor yang mempengaruhi pemanfaatan aplikasi quizizz,
pertama faktor pendukung yang meliputi kemampuan pendidik dan sumber belajar
serta peserta didik yang aktif, sedangkan faktor penghambat yang dimaksud
meliputi kesulitan dalam menyiapkan media, perbedaan karakter dan kurangnya
konsentrasi siswa.
A. Kesimpulan
1. Pemanfaatan aplikasi quizizz terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 2 Palakka Pertama yaitu menggunakan android,
kedua menyiapkan akun dan akses di situs web, ketiga pelaksaan quiz dan
keempat memantau kemajuan siswa.
2. Respon siswa terhadap pemanfaatan aplikasi quizizz pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam umunya sangat posistif. Berdasarkan hasil
observasi (pengamatan) yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 2
Palakka dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap penggunaan
aplikasi quizizz yaitu :1) pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan,
2) meningkatkan keterlibatan siswa, 3) meningkatkan motivasi belajar
siswa.
3. Faktor penghambat terhadap pemanfaatan aplikasi quizizzpada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Palakka yaitu,
Mengenai faktor penghambat initerhadap pemanfaatan aplikasi
quizizz,terdapat beberapa faktor yaitu,1) keterbatasan akses teknologi, 2)
kendala teknis, 3) keterbatsan akses internet.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dibawah ini akan diuraikan
saran.Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini
adalah sebagai berikut:
1. Kepada Pihak sekolah agar lebih mengomptimalkan sarana dan prasarana
sekolah demi kelancaran dan kemajuan belajar siswa.
2. Kepada guru PAI SMP Negeri 2 Palakka hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab terutama dalam penerapan metode pembelajaran
dengan seoptimal mungkin agar siswa semangat dalam mengikuti proses
pembelajaran sehingga proses belajar mengajar di dalam kelas dapat
terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20250008 | 08/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
08/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
