Efektivitas Media Kartu Kuartet Dalam Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Siswa Pada Mata Pelajaran IPS MIN 8 Bone
A. Aisyah/862322020003 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui daya ingat siswa pada materi
keragaman budaya sebelum menggunakan media kartu kuartet kelas IV MIN 8
Bone, 2) Mengetahui daya ingat siswa pada materi keragaman budaya setelah
menggunakan media kartu kuartet kelas IV MIN 8 Bone, dan 3) Mengetahui
efektivitas media kartu kuartet dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi
keragaman budaya kelas IV MIN 8 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design, dengan
rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design yang dilakukan di
MIN 8 Bone pada kelas IV dengan jumlah sampel 31 siswa sebagai kelas
eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
Inferensial melalui aplikasi Microsoft excel dan program Statistical Package
Social Science (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan setelah
diterapkannya media kartu kuartet di kelas IV di MIN 8 Bone, dapat dibuktikan
dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen mencapai 38,38 dan kelas
kontrol mencapai 44,33, sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen
mencapai 77,74 dan kelas kontrol mencapai 65,00. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test daya ingat siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001
yang berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H0
ditolak dan H1 diterima. Sehingga pembelajaran IPS dengan penerapan media
kartu kuartet efektif dalam meningkatkan daya ingat siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media kartu kuartet dalam menigkatkan daya ingat siswa pada
pembelajaran IPS materi keragaman budaya kelas IV MIN 8 Bone, maka
dapat disimpulkan:
1. Daya ingat siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya
kelas IV B MIN 8 Bone sebelum (pretest) menggunakan media kartu
kuartet, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 38,38; 14,628; 10%.
Adapun daya ingat siswa kelas IV A kelas kontrol sebelum (pretest)
pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 44,33; 13,047; 7%.
2. Daya ingat siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya
kelas IV B MIN 8 Bone setelah (posttest) menggunakan media kartu
kuartet, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 77,74 ; 12,030 ; 84%.
Adapun daya ingat siswa kelas IV A kelas kontrol setelah (posttest)
pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 65,00; 16,347; 47%.
3. Efektivitas media kartu kuartet memberikan peningkatan terhadap
kemampuan daya ingat siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman
budaya kelas IV MIN 8 Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test daya ingat siswa diperoleh sig (2-tailed)
sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,001
keragaman budaya sebelum menggunakan media kartu kuartet kelas IV MIN 8
Bone, 2) Mengetahui daya ingat siswa pada materi keragaman budaya setelah
menggunakan media kartu kuartet kelas IV MIN 8 Bone, dan 3) Mengetahui
efektivitas media kartu kuartet dalam meningkatkan daya ingat siswa pada materi
keragaman budaya kelas IV MIN 8 Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design, dengan
rancangan penelitian Non Equivalent Control Group Design yang dilakukan di
MIN 8 Bone pada kelas IV dengan jumlah sampel 31 siswa sebagai kelas
eksperimen dan 30 siswa sebagai kelas kontrol. Kemudian pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pedagogik. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes yang berkaitan dengan penelitian. Data
dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
Inferensial melalui aplikasi Microsoft excel dan program Statistical Package
Social Science (SPSS) versi 22. Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan setelah
diterapkannya media kartu kuartet di kelas IV di MIN 8 Bone, dapat dibuktikan
dengan nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen mencapai 38,38 dan kelas
kontrol mencapai 44,33, sedangkan nilai rata-rata untuk posttest kelas eksperimen
mencapai 77,74 dan kelas kontrol mencapai 65,00. Berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test daya ingat siswa diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,001
yang berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,001 < 0,05), dengan demikian H0
ditolak dan H1 diterima. Sehingga pembelajaran IPS dengan penerapan media
kartu kuartet efektif dalam meningkatkan daya ingat siswa.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media kartu kuartet dalam menigkatkan daya ingat siswa pada
pembelajaran IPS materi keragaman budaya kelas IV MIN 8 Bone, maka
dapat disimpulkan:
1. Daya ingat siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya
kelas IV B MIN 8 Bone sebelum (pretest) menggunakan media kartu
kuartet, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 38,38; 14,628; 10%.
Adapun daya ingat siswa kelas IV A kelas kontrol sebelum (pretest)
pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 44,33; 13,047; 7%.
2. Daya ingat siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya
kelas IV B MIN 8 Bone setelah (posttest) menggunakan media kartu
kuartet, kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 77,74 ; 12,030 ; 84%.
Adapun daya ingat siswa kelas IV A kelas kontrol setelah (posttest)
pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata, standar deviasi, dan
persentase ketuntasan secara berurutan sebesar 65,00; 16,347; 47%.
3. Efektivitas media kartu kuartet memberikan peningkatan terhadap
kemampuan daya ingat siswa pada pembelajaran IPS materi keragaman
budaya kelas IV MIN 8 Bone. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji
Independent Sample T-Test daya ingat siswa diperoleh sig (2-tailed)
sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari α yaitu < 0,05 (0,001
Ketersediaan
| STAR20240359 | 359/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
359/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
