Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pai Kelas VIII Di SMPN 1 Watampone
Nila Sari/862082020139 - Personal Name
Skripsi ini berjudul Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam
Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VIII
SMPN 1 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara
pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang
penulis gunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen
dan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Adapun populasi dari
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling yaitu teknik sampel secara acak atau
random yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai
kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik observasi, tes
(pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif
dan statisktik inferensial, kemudian dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPPS
Statistics versi 25. Hasil analisis uji hipotesis data pembelajaran berdiferensiasi
menggunakan Independent sampel t-test menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,918
> 1,999) dengan signifikansi 0,000. Sedangkan data hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (3,706 > 1,999) dengan signifikansi 0,000 < 0,05
sehingga H₀ di tolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh model
pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam.
A. Kesimpulan
1. Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh
yang signifikan. Diketahui nilai t tabel = 1,999 dan nilai t hitung = 5,918.
Nilai t hitung pada hasil analisis kemudian dibandingkan dengan t tabel
5,918> 1,999 atau dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel . Nilai
signifikansi hasil analisis yaitu 0,000 yang berarti kurang dari 0,05.
Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian
terdapat perbedaan yang signifikansi pada penerapan pembelajaran
berdiferensiasi siswa kelas VIII A dengan siswa kelas VIII B yang
menerapkan pembelajaran model konvensional.
2. Hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi
diperoleh dari hasil uji indepndent sampel t tes nilai sebesar t hitung 3,706
> t tabel 1,999. Nilai signifikansi hasil analisis yaitu 0,000 kurang dari
0,05. maka dari itu hipotesis alternatif dapat diterima “adanya
peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai”
menggunakan pembelajaran berdiferensiasi lebih tinggi dibandingkan
dengan pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran
berdiferensiasi hal ini sesuai dengan perhitungan yang menggunakan
analisis uji t. Maka hipotesisi H₀ ditolak dan hipotesis H₁ diterima
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar
Pai siswa kelas VIII di SMPN 1 Watampone.
B. Saran
1. Bagi Guru, Sebelum menerapkan model pembelajaran, hendaknya
guru merencanakan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung sesuai dengan yang
diharapkan.
2. Bagi siswa, agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan dengan
lancar, siswa Memerhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan guru
dalam proses pembelajaran agar hasil belajar yang diperoleh
maksimal.
3. Bagi Sekolah, dapat Memberikan fasilitas dan kelengkapan yang
mendukung media video baik bagi guru maupun siswa. Fasilitas dan
kelengkapan yang dimaksud yaitu sarana dan prasarana seperti: LCD,
komputer dan lain-lain. Serta Memberikan sosialisasi kepada guru-
guru kelas mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Melalui sosialisasi,
diharapkan semua guru kelas mengetahui bahwa pembelajaran
berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan
demikian, guru kelas dapat menerapkan model tersebut sebagai proses
pembelajaran.
4. Bagi peneliti lanjutan yang ingin melakukan penelitian sejenis
disarankan untuk memperhatikan kelemahan-kelemahan dalam
menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, peneliti
lanjutan perlu mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran
tersebut, sehingga penelitian yang dilakukan semakin lebih baik.
Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VIII
SMPN 1 Watampone. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara
pembelajaran berdiferensiasi dengan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang
penulis gunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen
dan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Adapun populasi dari
penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling yaitu teknik sampel secara acak atau
random yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai
kelas kontrol. Data hasil penelitian diperoleh menggunakan teknik observasi, tes
(pretest dan posttest). Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif
dan statisktik inferensial, kemudian dianalisis menggunakan aplikasi IBM SPPS
Statistics versi 25. Hasil analisis uji hipotesis data pembelajaran berdiferensiasi
menggunakan Independent sampel t-test menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (5,918
> 1,999) dengan signifikansi 0,000. Sedangkan data hasil belajar siswa
menunjukkan bahwa t hitung > t tabel (3,706 > 1,999) dengan signifikansi 0,000 < 0,05
sehingga H₀ di tolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, terdapat pengaruh model
pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran
pendidikan agama Islam.
A. Kesimpulan
1. Penerapan model pembelajaran berdiferensiasi memberikan pengaruh
yang signifikan. Diketahui nilai t tabel = 1,999 dan nilai t hitung = 5,918.
Nilai t hitung pada hasil analisis kemudian dibandingkan dengan t tabel
5,918> 1,999 atau dapat disimpulkan bahwa t hitung > t tabel . Nilai
signifikansi hasil analisis yaitu 0,000 yang berarti kurang dari 0,05.
Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian
terdapat perbedaan yang signifikansi pada penerapan pembelajaran
berdiferensiasi siswa kelas VIII A dengan siswa kelas VIII B yang
menerapkan pembelajaran model konvensional.
2. Hasil belajar siswa pada penerapan pembelajaran berdiferensiasi
diperoleh dari hasil uji indepndent sampel t tes nilai sebesar t hitung 3,706
> t tabel 1,999. Nilai signifikansi hasil analisis yaitu 0,000 kurang dari
0,05. maka dari itu hipotesis alternatif dapat diterima “adanya
peningkatan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pai”
menggunakan pembelajaran berdiferensiasi lebih tinggi dibandingkan
dengan pembelajaran sebelum menggunakan model pembelajaran
berdiferensiasi hal ini sesuai dengan perhitungan yang menggunakan
analisis uji t. Maka hipotesisi H₀ ditolak dan hipotesis H₁ diterima
sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan model pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar
Pai siswa kelas VIII di SMPN 1 Watampone.
B. Saran
1. Bagi Guru, Sebelum menerapkan model pembelajaran, hendaknya
guru merencanakan pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan
baik, sehingga pelaksanaannya dapat berlangsung sesuai dengan yang
diharapkan.
2. Bagi siswa, agar pembelajaran berdiferensiasi dapat berjalan dengan
lancar, siswa Memerhatikan dengan sungguh-sungguh penjelasan guru
dalam proses pembelajaran agar hasil belajar yang diperoleh
maksimal.
3. Bagi Sekolah, dapat Memberikan fasilitas dan kelengkapan yang
mendukung media video baik bagi guru maupun siswa. Fasilitas dan
kelengkapan yang dimaksud yaitu sarana dan prasarana seperti: LCD,
komputer dan lain-lain. Serta Memberikan sosialisasi kepada guru-
guru kelas mengenai pembelajaran berdiferensiasi. Melalui sosialisasi,
diharapkan semua guru kelas mengetahui bahwa pembelajaran
berdiferensiasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Dengan
demikian, guru kelas dapat menerapkan model tersebut sebagai proses
pembelajaran.
4. Bagi peneliti lanjutan yang ingin melakukan penelitian sejenis
disarankan untuk memperhatikan kelemahan-kelemahan dalam
menerapkan model pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, peneliti
lanjutan perlu mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran
tersebut, sehingga penelitian yang dilakukan semakin lebih baik.
Ketersediaan
| STAR20250012 | 12/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
12/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
