Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa UPT SMAN 13 Bone Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai moderasi
beragama berbasis kearifan lokal pada siswa UPT SMAN 13 Bone melalui
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogik dan
pendekatan Pendidikan Agama Islam. Data penelitian diperoleh menggunakan
teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa
proses internalisasi nilai moderasi beragama berbasis kearifan lokal pada siswa
dilakukan melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran.
Internalisasi melalui perencanaan dimuat ke dalam bentuk kurikulum dan RPP.
Pada pelaksanaannya dilakukan melalui tiga tahapan yakni tahap transformasi,
transaksi, dan transinternalisasi nilai. Sedangkan pada bagian evaluasinya
dilaksanakan melalui tes tulisan dan pengamatan. Adapun nilai yang
diinternalisasikan adalah nilai tasamuh yang diwarnakan dengan Sipakatau, i’tidal
diwarnakan dengan Sipakalebbi, dan tahadhdhur diwarnakan dengan sipakatau,
sipakalebbi, dan sipakainge’.
Simpulan
1. Strategi pembelajaran dalam
menginternalisasi
nilai
moderasi
beragama berbasis kearifan lokal oleh guru PAI BP kelas XII di UPT
SMAN 13 Bone dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi pembelajaran. Pada tahap perencanaan, integrasi nilai
moderasi beragama berbasis kearifan lokal dimuat di dalam kurikulum
dan RPP melalui pendidikan karakter, sedangkan pada pelaksanaannya
dilakukan dengan melewati beberapa tahapan diantaranya adalah tahap
transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahapan transinternalisasi
nilai. Selanjutnya pada bagian evaluasi pembelajaran, melalui tes
tulisan untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam
memahami nilai-nilai moderasi beragama, dan untuk mengetahui
bagaimana siswa dalam memaknai nilai tersebut dilakukan sebuah
pengamatan secara langsung oleh guru PAI BP.
2. Nilai-nilai
moderasi
beragama
berbasis
kearifan
lokal
yang
diinternalisasikan melalui pembelajaran PAI BP adalah nilai tasamuh
(toleransi) yang diwarnakan dengan nilai sipakatau, nilai I’tidal yang
diwarnakan dengan nilai sipakainge, dan nilai tahadhdhur diwarnakan
dengan nilai sipakatau, sipakalebbi’, dan siapakainge’.
Ketersediaan
862082020086Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top