Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Pembentukan Sikap Disiplin Peserta Didik Kelas IX MTs DDI Lonrong
Ahmad Mu'arif/862082020165 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran
Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Kelas IX MTs DDI Lonrong.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs DDI Lonrong.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Peserta didik
kelas IX MTs DDI Lonrong sudah memiliki sikap disiplin yang baik, meskipun
masih terdapat peserta didik yang tidak disiplin. Peserta didik yang tidak disiplin
senantiasa diberikan nasehat ataupun arahan dari pihak pendidik di sekolah MTs
DDI Lonrong khususnya guru Akidah Akhlak. Guru akidah akhlak juga
senantiasa menanamkan nilai akhlak, nilai, akidah, dan juga nilai ibadah kepada
peserta didik kelas IX MTs DDI Lonrong dengan cara menjadi contoh teladan
yang baik dan juga memberikan perhatian serta memperlakukan peserta didik
dengan baik
A. Kesimpulan
Setelah peneliti melakukan penelitian terhadap implementasi
pembelajaran Akidah akhlak dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik
kelas IX MTs DDI Lonrong maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Peserta didik kelas IX MTs DDI Lonrong sudah memiliki sikap disiplin
yang baik, meskipun masih terdapat peserta didik yang tidak disiplin. Peserta
didik yang tidak disiplin senantiasa diberikan nasehat ataupun arahan dari pihak
pendidik di sekolah MTs DDI Lonrong khususnya guru Akidah Akhlak. Guru
akidah akhlak juga senantiasa menanamkan nilai akhlak, nilai, akidah, dan juga
nilai ibadah kepada peserta didik kelas IX MTs DDI Lonrong dengan cara
menjadi contoh teladan yang baik dan juga memberikan perhatian serta
memperlakukan peserta didik dengan baik.
B. Saran
Dari kesimpulan di atas, untuk mengakhiri penulisan skripsi ini maka
saran yang disampaikan penulis adalah :
1. Kepada guru sebagai pendidik untuk tetap selalu mengontrol, membimbing,
mengawasi serta memberikan contoh teladan yang baik dalam setiap waktu
dengan siswa.
2. Kepada seluruh peserta didik MTs DDI Lonrong agar selalu termotivasi
untuk belajar dengan baik.
Aqidah Akhlak Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Kelas IX MTs DDI Lonrong.
Penelitian ini dilaksanakan di MTs DDI Lonrong.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan cara
wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: Peserta didik
kelas IX MTs DDI Lonrong sudah memiliki sikap disiplin yang baik, meskipun
masih terdapat peserta didik yang tidak disiplin. Peserta didik yang tidak disiplin
senantiasa diberikan nasehat ataupun arahan dari pihak pendidik di sekolah MTs
DDI Lonrong khususnya guru Akidah Akhlak. Guru akidah akhlak juga
senantiasa menanamkan nilai akhlak, nilai, akidah, dan juga nilai ibadah kepada
peserta didik kelas IX MTs DDI Lonrong dengan cara menjadi contoh teladan
yang baik dan juga memberikan perhatian serta memperlakukan peserta didik
dengan baik
A. Kesimpulan
Setelah peneliti melakukan penelitian terhadap implementasi
pembelajaran Akidah akhlak dalam pembentukan sikap disiplin peserta didik
kelas IX MTs DDI Lonrong maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
Peserta didik kelas IX MTs DDI Lonrong sudah memiliki sikap disiplin
yang baik, meskipun masih terdapat peserta didik yang tidak disiplin. Peserta
didik yang tidak disiplin senantiasa diberikan nasehat ataupun arahan dari pihak
pendidik di sekolah MTs DDI Lonrong khususnya guru Akidah Akhlak. Guru
akidah akhlak juga senantiasa menanamkan nilai akhlak, nilai, akidah, dan juga
nilai ibadah kepada peserta didik kelas IX MTs DDI Lonrong dengan cara
menjadi contoh teladan yang baik dan juga memberikan perhatian serta
memperlakukan peserta didik dengan baik.
B. Saran
Dari kesimpulan di atas, untuk mengakhiri penulisan skripsi ini maka
saran yang disampaikan penulis adalah :
1. Kepada guru sebagai pendidik untuk tetap selalu mengontrol, membimbing,
mengawasi serta memberikan contoh teladan yang baik dalam setiap waktu
dengan siswa.
2. Kepada seluruh peserta didik MTs DDI Lonrong agar selalu termotivasi
untuk belajar dengan baik.
Ketersediaan
| STAR20250089 | 89/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
89/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
