Peran Pembina Pramuka Dalam Menanamkan Karakter Religius Pada Anggota Pramuka Aktif di Racana La Patau Matanna Tikka Gugus Depan 22.045 Pangkalan IAIN Bone

No image available for this title
Penelitian ini berjudul Peran Pembina Pramuka Dalam Menanamkan
Karakter Religius pada Anggota Pramuka Aktif Di Racana La Patau Matanna Tikka
Gugus Depan 22.045 pangkalan IAIN Bone. Tujuan penelitian ini untuk 1).
Mengetahui peran Pembina pramuka di Racana La Patau Matanna Tikka gugus
depan 22.045 pangkalan IAIN Bone, 2) mengetahui bentuk penanaman karakter
religius pada anggota pramuka pramuka di Racana La Patau Matanna Tikka Gugus
Depan 22.045 pangkalan IAIN Bone, 3) mengetahui hasil peran pembina pramuka
dalam menanamkan karakter religius pada angggota pramuka aktif di Racana La
Patau Matanna Tikka Gugus Depan 22.045 pangkalan IAIN Bone. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik penelitian
yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi yang diambil dari
sumber data primer yaitu Pembina dan anggota pramuka serta sumber data
sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) peran Pembina pramuka di
Racana La Patau Matanna Tikka gugus depan 22.045 pangkalan IAIN Bone adalah
menasehati anggota pramuka, mengarahkan dan membimbing, melindungi dan
mendampingi, serta menggerakkan kegiatan yang menarik, menyenangkan dan
menantang, 2) bentuk penanaman karakter religius pada anggota pramuka pramuka
di Racana La Patau Matanna Tikka Gugus Depan 22.045 pangkalan IAIN Bone
yaitu senang berdoa, rajin menjalankan ibadah mahdah dan gairu mahdah, terbiasa
berterima kasih, dan mengasihi dan menghargai yang lebih muda, 3) hasil peran
pembina pramuka dalam menanamkan karakter religius pada angggota pramuka
aktif di Racana La Patau Matanna Tikka Gugus Depan 22.045 pangkalan IAIN
Bone yaitu anggota pramuka menjadi senang berdoa, rajin menjalankan ibadah
mahdah dan gairuh mahdah, terbiasa mengucapkan salam, hormat kepada yang
lebih tua, dan mengasihi dan menghargai yang lebih muda.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan
diatas, maka penulis dapat mengemukakan kesimpulan dari hasil penelitian
yang telah dilaksanakan yaitu:
1. Peran Pembina pramuka di Racana La Patau Matanna Tikka Gugus Depan
22.045 Pangkalan IAIN Bone yaitu yang pertama Pembina pramuka
menjelaskan dan menasehati anggota pramuka seperti menjelaskan atau
menyampaikan hal-hal yang positif kepada anggota pramuka dan senantiasa
mengingatkan anggota pramuka ketika berbuat salah, yang kedua Pembina
mengarahkan dan membimbing seperti memberikan arahan Ketika
melaksanakan kegiatan harus tetap memperhatikan ibadahnya selanjutnya
senantiasa membimbing anggota pramuka kearah yang lebih baik,
kemudian yang ketiga Pembina melindungi dan mendampingi anggota
pramuka seperti melakukan kontroling atau pengawasan kepada anggota
pramuka terhadap semua aktivitas mereka melalui peran pemangku adat
sehingga tidak ada melanggar dan menyimpang dari aturan, dan yang
terakhir Pembina menggerakkan kegiatan menarik, menyenangkan, dan
menantang seperti kegiatan-kegiatan yang dilakukan bukan hanya sekedar
rekreatif saja tetapi juga mengandung nilai edukatif, lebih menyenangkan,
dan mengandung nilai-nilai keagamaan dan kemudian melaksanakan
kegiatan-kegiatan berbentuk game tapi itu memiliki atau ada makna yang
tersirat didalamnya.
2. Bentuk penanaman karakter religius pada anggota pramuka di Racana La
Patau Matanna Tikka Gugus Depan 22.045 Pangkalan IAIN Bone dapat
dilihat dari pembiasaan kepada anggota pramuka untuk senang berdoa
seperti terbiasa berdoa baik sebelum memulai maupun Ketika ingin
menutup kegiatan, kemudian dibiasakan untuk rajin menjalankan ibadah
mahdah dan gairu mahdah seperti dibuat terbiasa untuk menjalankan ibadah
dimanapun dan kapanpun serta sesibuk apapun harus menjalankan ibadah
dan senantiasa menyambung tali silahturahmi antar anggota maupun kepada
purna Racana, selanjutnya anggota dibuat terbiasa untuk senantiasa
berterima kasih seperti ketika mendapatkan mendapatkan bantuan oleh
seseorang sekecil apapun itu harus mengucapkan terima kasih sebagai
bentuk penghargaan terhadap orang yang telah membantunya, dan yang
terakhir diajarkan untuk bisa mengasihi dan menghargai yang lebih muda
seperti tidak membeda-bedakan antara anggota lama dengan anggota baru
contohnya tidak selalu mendahulukan anggota lama atau Angkatan lama
serta senantiasa membuat mereka Bahagia kemudian tidak membuat jarak
dengan mereka sehingga timbul rasa saling mengasihi dan menghargai antar
anggota.
3. Anggota pramuka sudah memiliki karakter religius yang baik dapat dilihat
dari kebiasaannya ketika hendak memulai dan menutup kegiatan pasti di
lakukan dengan doa, kemudian ibadah mahdah dan gairuh mahdahnya
seperti menjalankan shalat lima waktu dan bersilah turahmi sudah berjalan
dengan baik, selanjutnya anggota pramuka juga sudah terbiasa untuk
mengucapkan salam ketika hendak masuk dan keluar dari sanggar, para
anggota juga sudah terbiasa untuk mengucapkan terimakasih ketika
mendapat bantuan, dan anggota pramuka juga sudah memiliki sikap hormat
kepada orang yang lebih tua seperti berbicara dengan lemah lembut dan
sopan, serta para anggota pramuka juga bisa dikatakan sudah memiliki sikap
mengasihi dan menghargai yang lebih muda seperti tidak semena-mena
kepada yang lebih muda.
B. Saran
1. Bagi kampus IAIN Bone, diharapkan dapat memberikan ruang dan
kesempatan lebih pada anggota pramuka untuk mengembangkan potensi
dan minatnya pada suatu organisasi. Senantiasa memberikan izin dan
dukungan terhadap organisasi dalam melaksanakan kegiatan pendidikan
dan pengembangan bakat pada anggota pramuka.
2. Bagi Racana La Patau Matanna Tikka Gugus Depan 22.045 Pangkalan IAIN
Bone, diharapkan dapat menjadi wadah bagi anggota pramuka dalam
membentuk karakter religiusnya, sertaa melaksanakan kegiatan-kegiatan
religius seperti pengajian, dzikir Bersama dan lain sebagainya yang dapat
menunjang dalam membentuk karalter religius anggota pramuka.
3. Bagi anggota pramuka, diharapkan dapat mempertahankan dan
meningkatkan karakter religiusnya, sehingga dapat menjadi pribadi yang
baik lagi serta mampu menjadi cerminan dan contoh teladan bagi
sesamanya, baik di Racana, kampus maupun di Masyarakat. Kemudian
senantiasa menempah diri dan terus belajar, di tengah zaman yang semakin
maju tentunya diperlukan prinsip dan karakter diri sehingga tidak mudah
terpengaruh dan terbawa ke arah yang negatif atau hal yang tidak baik.
Ketersediaan
STAR20240323323/2024Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

323/2024

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top