Efektivitas media peta keberagaman budaya untuk meningkatkan kemampuan mengamati siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah (MI)Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
Nur Afila/862322020041 - Personal Name
Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai penggunaan media peta
keberagaman budaya untuk meningkatkan kemampuan mengamati siswa. Metode
yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain
Quasi Eksperimental Design. Teknik penggunaan sampel menggunakan sampling
jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teori dari Evi & Wanda (2023) yaitu menggunakan teknik analisis
deskriptif yang berupa data untuk mengetahui nilai pretest dan posttest kelas
eksperimen dan kontrol yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan menggunakan
teknik statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis,
uji efekitivitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media peta keberagaman
budaya adalah metode yang efektif untuk membantu siswa kelas IV untuk dapat
meningkatkan kemampuan mengamatinya. Media peta keberagaman budaya ini
sangat menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam mempelajari
keberagaman budaya Indonesia. Hal ini dapat di lihat dari uji hipotesis dan uji
efektivitas. Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1diterima.
Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dari data
yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0,00 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa
H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya penggunaan media peta keberagaman budaya
dapat meningkatkan kemampuan mengamati siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kabupaten Bone. Berdasarkan pada uji efektivitas/N-Gain Score terlihat
bahwa nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 75,00, berdasarkan kategori tafsiran
efektivitas N-Gain Score>76 termasuk dalam kategori efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
Penggunaan media peta keberagaman budaya adalah metode yang efektif
untuk membantu siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang
untuk dapat meningkatkan kemampuan mengamatinya. Media peta
keberagaman budaya ini sangat menarik perhatian siswa dan memudahkan
siswa dalam mempelajari keberagaman budaya Indonesia. Keefektifan media
peta keberagaman budaya berdasarkan uji paired sample test, pengambilan
keputusan adalah jika Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak
dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0 diterima dan
H1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0.00 < 0.05
maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya penggunaan
media peta keberagaman budaya dapat meningkatkan kemampuan mengamati
siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Berdasarkan pada uji efektivitas/N-Gain score terlihat bahwa nilai rata-rata N-
Gain score sebesar 75,00 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain
score > 76 termasuk dalam kategori efektif.
65
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada
siswa mengenai pembelajaran dengan menggunakan media peta
keberagaman budaya.
2. Bagi guru
Diharapkan dalam proses belajar mengajar guru menyiapkan
alat peraga seperti media peta keberagaman budaya agar siswa lebih
antusias dalam belajar dan tidak bosan.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media peta
keberagaman budaya dengan sudut pandang yang berbeda. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
keberagaman budaya untuk meningkatkan kemampuan mengamati siswa. Metode
yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain
Quasi Eksperimental Design. Teknik penggunaan sampel menggunakan sampling
jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang. Teknik
pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teori dari Evi & Wanda (2023) yaitu menggunakan teknik analisis
deskriptif yang berupa data untuk mengetahui nilai pretest dan posttest kelas
eksperimen dan kontrol yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan menggunakan
teknik statistik inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis,
uji efekitivitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media peta keberagaman
budaya adalah metode yang efektif untuk membantu siswa kelas IV untuk dapat
meningkatkan kemampuan mengamatinya. Media peta keberagaman budaya ini
sangat menarik perhatian siswa dan memudahkan siswa dalam mempelajari
keberagaman budaya Indonesia. Hal ini dapat di lihat dari uji hipotesis dan uji
efektivitas. Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1diterima.
Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Dari data
yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0,00 < 0,05 maka dapat dikatakan bahwa
H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya penggunaan media peta keberagaman budaya
dapat meningkatkan kemampuan mengamati siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi
Majang Kabupaten Bone. Berdasarkan pada uji efektivitas/N-Gain Score terlihat
bahwa nilai rata-rata N-Gain Score sebesar 75,00, berdasarkan kategori tafsiran
efektivitas N-Gain Score>76 termasuk dalam kategori efektif.
A. Kesimpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang telah
dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa:
Penggunaan media peta keberagaman budaya adalah metode yang efektif
untuk membantu siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang
untuk dapat meningkatkan kemampuan mengamatinya. Media peta
keberagaman budaya ini sangat menarik perhatian siswa dan memudahkan
siswa dalam mempelajari keberagaman budaya Indonesia. Keefektifan media
peta keberagaman budaya berdasarkan uji paired sample test, pengambilan
keputusan adalah jika Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H0 ditolak
dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0 diterima dan
H1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0.00 < 0.05
maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya penggunaan
media peta keberagaman budaya dapat meningkatkan kemampuan mengamati
siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone.
Berdasarkan pada uji efektivitas/N-Gain score terlihat bahwa nilai rata-rata N-
Gain score sebesar 75,00 berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain
score > 76 termasuk dalam kategori efektif.
65
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada
siswa mengenai pembelajaran dengan menggunakan media peta
keberagaman budaya.
2. Bagi guru
Diharapkan dalam proses belajar mengajar guru menyiapkan
alat peraga seperti media peta keberagaman budaya agar siswa lebih
antusias dalam belajar dan tidak bosan.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media peta
keberagaman budaya dengan sudut pandang yang berbeda. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI).
Ketersediaan
| STAR20240316 | 316/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
316/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
