Efektivitas Penggunaan Media Kartu Aksara Lontara (Karalo) Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah (MI) An-Nur Pappolo Kabupaten Bone
Nurwana/862322020042 - Personal Name
Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai penggunaan media karalo
dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Adapun yang melatarbelakangi
penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah yaitu kemampuan
kognitif siswa yang masih kurang khusunya dalam pembelajaran aksara lontara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media karalo
dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan apakah media karalo efektif
dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif
dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Teknik penggunaan sampel
menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo
yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik
analisis deskriptif yang berupa data untuk mengetahui nilai pretest dan posttest
yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan menggunakan teknik statistik
inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media karalo adalah
metode yang efektif untuk membantu siswa kelas VI dalam meningkatkan
kemampuan kognitif siswa terutama pada anak-anak. Media yang didesain
menarik yang dihiasi warna yang berbeda-beda dapat membuat pembelajaran
terasa menarik dan menambah minat siswa dalam belajar aksara lontara. Media
kartu aksara lontara efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal
ini dapat dilihat dari uji hipotesis. Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H0
ditolak dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0 diterima
dan H1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0.00 < 0.05
maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya penggunaan
media kartu aksara lontara dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas
VI MI An-Nur Pappolo Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa :
1. Penggunaan media karalo adalah metode yang efektif untuk membantu
siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo dalam meningkatkan kemampuan
kognitif siswa terutama pada anak-anak. Media yang didesain menarik
yang dihiasi warna yang berbeda-beda dapat membuat pembelajaran terasa
menarik dan menambah minat siswa dalam belajar aksara lontara.
2. Keefektifan media karalo berdasarkan uji paired sample test, pengambilan
keputusan adalah jika Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H0
ditolak dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0
diterima dan H1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2
(tailed) 0.00 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima artinya penggunaan media kartu aksara lontara dapat
meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo
kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran dengan menggunakan media kartu aksara lontara.
2. Bagi guru
Disarankan agar bisa membuat dan menjadikan media pembelajaran
karalo sebagai alternatif pilihan untuk membantu siswa dalam
melaksanakan proses pembelajaran.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media karalo, tentunya
dengan sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI
dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Adapun yang melatarbelakangi
penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah yaitu kemampuan
kognitif siswa yang masih kurang khusunya dalam pembelajaran aksara lontara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media karalo
dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa dan apakah media karalo efektif
dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kuantitatif
dengan desain One Group Pretest-Postest Design. Teknik penggunaan sampel
menggunakan sampling jenuh yaitu seluruh siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo
yang berjumlah 14 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan teknik
analisis deskriptif yang berupa data untuk mengetahui nilai pretest dan posttest
yang diperoleh dari hasil belajar siswa dan menggunakan teknik statistik
inferensial berupa uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media karalo adalah
metode yang efektif untuk membantu siswa kelas VI dalam meningkatkan
kemampuan kognitif siswa terutama pada anak-anak. Media yang didesain
menarik yang dihiasi warna yang berbeda-beda dapat membuat pembelajaran
terasa menarik dan menambah minat siswa dalam belajar aksara lontara. Media
kartu aksara lontara efektif untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Hal
ini dapat dilihat dari uji hipotesis. Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H0
ditolak dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0 diterima
dan H1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2 (tailed) 0.00 < 0.05
maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima artinya penggunaan
media kartu aksara lontara dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas
VI MI An-Nur Pappolo Kabupaten Bone.
A. Simpulan
Berdasarkan rumusan masalah, analisis data dan pembahasan yang
telah dilakukan peneliti terhadap hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan
bahwa :
1. Penggunaan media karalo adalah metode yang efektif untuk membantu
siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo dalam meningkatkan kemampuan
kognitif siswa terutama pada anak-anak. Media yang didesain menarik
yang dihiasi warna yang berbeda-beda dapat membuat pembelajaran terasa
menarik dan menambah minat siswa dalam belajar aksara lontara.
2. Keefektifan media karalo berdasarkan uji paired sample test, pengambilan
keputusan adalah jika Jika nilai signifikan (2-tailed) < 0.05 maka H0
ditolak dan H1 diterima. Jika nilai signifikan (2-tailed) > 0.05 maka H0
diterima dan H1 ditolak. Dari data yang diperoleh bahwa nilai sig.2
(tailed) 0.00 < 0.05 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1
diterima artinya penggunaan media kartu aksara lontara dapat
meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas VI MI An-Nur Pappolo
kabupaten Bone.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut :
1. Bagi anak didik
Diharapkan dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa
mengenai pembelajaran dengan menggunakan media kartu aksara lontara.
2. Bagi guru
Disarankan agar bisa membuat dan menjadikan media pembelajaran
karalo sebagai alternatif pilihan untuk membantu siswa dalam
melaksanakan proses pembelajaran.
3. Bagi peneliti lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media karalo, tentunya
dengan sudut pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya
perpustakaan Tarbiyah dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah
Ibtidaiyah (PGMI
Ketersediaan
| STAR20240267 | 267/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
267/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2023
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
