Efektivitas media fun thinkers book dalam meningkatkanantusiasme belajar IPS siswa kelas IV MI syamsu rasyidi majangkabupaten bone
Rina Mutiara Sultan/862322020047 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media fun thinkers book
dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa MI Syamsu Rasyidi
Majang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain Quasi Eksprimen yaitu Nonequivalent Control Group
Desaign.Dalam penelitian ini yang menjadi sampel siswa kelas IV. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal.Kemudian dilakukan analisis
data menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penggunaan media fun thinkers book
efektif dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa MI Syamsu Rasyidi Majang
yang berdasarkan pada uji paired sample T-Test diperoleh sig (2 tailed) sebesar
0,000 yang berarti kecil dari yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), dan diperoleh tHitung=
12.247> ttabel = 3.164 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, Media fun thinkers
book dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa MI Syamsu Rasyidi Majang
Kabupaten Bone. Dapat dilihat bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,816
berdasarkan kategori interval koefisien termasuk dalam kategori pengaruh sangat
tinggi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas media fun
thinkers bookuntuk meningkatkan antusiasme belajar siswa kelas IV MI
Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone maka dapat disimpulkan sebagai
berikut :
Menggunakan media fun thinkers book cukup efektif dalam antusiasme
belajar IPS siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone yang
berdasarkan pada uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan pengolah
data SPSS versi 25 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil
dari a yaitu 0,05 (0,001
dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa MI Syamsu Rasyidi
Majang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain Quasi Eksprimen yaitu Nonequivalent Control Group
Desaign.Dalam penelitian ini yang menjadi sampel siswa kelas IV. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes soal.Kemudian dilakukan analisis
data menggunakan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Penggunaan media fun thinkers book
efektif dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa MI Syamsu Rasyidi Majang
yang berdasarkan pada uji paired sample T-Test diperoleh sig (2 tailed) sebesar
0,000 yang berarti kecil dari yaitu 0,05 (0,000 < 0,05), dan diperoleh tHitung=
12.247> ttabel = 3.164 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima, Media fun thinkers
book dalam meningkatkan antusiasme belajar siswa MI Syamsu Rasyidi Majang
Kabupaten Bone. Dapat dilihat bahwa nilai koefisien korelasi sebesar 0,816
berdasarkan kategori interval koefisien termasuk dalam kategori pengaruh sangat
tinggi.
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas media fun
thinkers bookuntuk meningkatkan antusiasme belajar siswa kelas IV MI
Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone maka dapat disimpulkan sebagai
berikut :
Menggunakan media fun thinkers book cukup efektif dalam antusiasme
belajar IPS siswa kelas IV MI Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone yang
berdasarkan pada uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan pengolah
data SPSS versi 25 diperoleh sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang berarti kecil
dari a yaitu 0,05 (0,001
Ketersediaan
| STAR20240388 | 388/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
388/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
