Pengaruh Permainan Tradisional Maddanda untuk Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Syamsu Rasyidi Majang Kabupaten Bone
Nur Eka/862322020065 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan: 1. Untuk mengetahui kecerdasan kinestetik siswa pada
pembelajaran penjas kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang sebelum dan sesudah
penggunaan permainan tradisional maddanda. 2. Untuk mengetahui pengaruh
permainan tradisional maddanda dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik
siswa pada pembelajaran penjas kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
Quasi Eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Desaign. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa tes praktik. Analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Kecerdasan kinestetik siswa kelas II MI Syamsu
Rasyidi Majang sebelum penggunaan permainan tradisional maddanda berada
pada nilai rata-rata 44,88. Sedangkan kecerdasan kinestetik siswa sesudah
penggunaan permainan tradisional maddanda mencapai nilai rata-rata 80,54.
Sehingga nilai kecerdasan kinestetik siswa sebelum dan sesudah penggunaan
permainan tradisional maddanda mengalami peningkatan sebesar 35,66.
2.Penggunaan permainan tradisional maddanda berpengaruh dalam
meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa MI Syamsu Rasyidi Majang yang
berdasarkan pada uji paired sample T-Test diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,000
yang berarti kecil dari
pembelajaran penjas kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang sebelum dan sesudah
penggunaan permainan tradisional maddanda. 2. Untuk mengetahui pengaruh
permainan tradisional maddanda dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik
siswa pada pembelajaran penjas kelas II MI Syamsu Rasyidi Majang. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain
Quasi Eksperimen yaitu Nonequivalent Control Group Desaign. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 48 orang. Instrumen penelitian
yang digunakan berupa tes praktik. Analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini yaitu : 1. Kecerdasan kinestetik siswa kelas II MI Syamsu
Rasyidi Majang sebelum penggunaan permainan tradisional maddanda berada
pada nilai rata-rata 44,88. Sedangkan kecerdasan kinestetik siswa sesudah
penggunaan permainan tradisional maddanda mencapai nilai rata-rata 80,54.
Sehingga nilai kecerdasan kinestetik siswa sebelum dan sesudah penggunaan
permainan tradisional maddanda mengalami peningkatan sebesar 35,66.
2.Penggunaan permainan tradisional maddanda berpengaruh dalam
meningkatkan kecerdasan kinestetik siswa MI Syamsu Rasyidi Majang yang
berdasarkan pada uji paired sample T-Test diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,000
yang berarti kecil dari
Ketersediaan
| STAR20240185 | 185/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
185/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
