Efektivitas Media Diorama Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bone
Nailah Meilindah/862322020058 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
diorama untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bone. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media diorama dan untuk
mengetahui efektivitas media diorama pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimental desain. Dalam penelitian ini
yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam
penilitian ini berupa tes dengan jenis soal essay. Kemudian dilakukan analisis data
mengguankan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 26.
Hasil Penelitian ini yaitu : 1. Proses pembelajaran menggunakan media
diorama, 2. Penggunaan media buku gambar berseri efektif untuk meningkatkan
pemahaman siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bone yang
berdasarkan pada uji Independent Sample T-Test diperoleh sig (2-tailed) sebesar
0,000 yang berarti lebih kecil dari
diorama untuk meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bone. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui penggunaan media diorama dan untuk
mengetahui efektivitas media diorama pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
dengan desain penelitian yaitu quasi eksperimental desain. Dalam penelitian ini
yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV. Instrumen yang digunakan dalam
penilitian ini berupa tes dengan jenis soal essay. Kemudian dilakukan analisis data
mengguankan analisis statistic deskriptif melalui program Statistical Package
Social Science (SPSS) Versi 26.
Hasil Penelitian ini yaitu : 1. Proses pembelajaran menggunakan media
diorama, 2. Penggunaan media buku gambar berseri efektif untuk meningkatkan
pemahaman siswa kelas IV A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bone yang
berdasarkan pada uji Independent Sample T-Test diperoleh sig (2-tailed) sebesar
0,000 yang berarti lebih kecil dari
Ketersediaan
| STAR20240046 | 46/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
46/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
