Efektivitas Media Kartu Soal dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Pembelajaran PPKn SD Negeri 140 Teamalala
Yuli Afrilia/862322020050 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kartu soal
dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PPKn SD Negeri
140 Teamalala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan bentuk yang di
gunakan One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan
datanya menggunakan angket. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah
seluruh siswa kelas II SD Negeri 140 Teamalala berjumlah 18 orang. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
versi 25. Hasil penelitian dibuktikan melalui analisis uji Paired Sample T-test
dengan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh nilai
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas media
kartu soal dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
PPKn SD Negeri 140 Teamalala, maka dapat disimpulkan:
1. Aktivitas belajar siswa kelas II SD Negeri 140 Teamalala sebelum
menggunakan media kartu soal diperoleh nilai terendah sebesar 45, nilai
tertinggi sebesar 72, nilai rata-rata sebesar 61.11, dan persentase
ketuntasan sebesar 28%. Sedangkan aktivitas belajar siswa kelas II SD
Negeri 140 Teamalala setelah menggunakan media kartu soal diperoleh
nilai terendah sebesar 68, nilai tertinggi sebesar 100, nilai rata-rata sebesar
85.06, dan persentase ketuntasan sebesar 83%.
2. Media kartu soal efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa
berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolah data SPSS versi 25 bahwa diperoleh nilai t hitung = 14.856 >
t tabel =1.611 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Selain itu, keputusan
juga dapat dilihat pada tabel diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
Peserta didik hendaknya lebih memperhatikan pendidik pada saat proses
pembelajaran berlangsung, serta diharapkan siswa untuk lebih aktif dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran.
2. Bagi Guru
Bagi guru diharapkan untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam
mengajar menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Sehingga,
siswa lebih bersemangat dalam belajar, termotivasi dan keaktifan belajar
dapat meningkat.
3. Bagi peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media kartu soal dalam sudut
pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah
dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran PPKn SD Negeri
140 Teamalala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan desain Pre-Eksperimental Design dengan bentuk yang di
gunakan One Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan
datanya menggunakan angket. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah
seluruh siswa kelas II SD Negeri 140 Teamalala berjumlah 18 orang. Kemudian
dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis
statistik inferensial melalui program Statistical Package Social Science (SPSS)
versi 25. Hasil penelitian dibuktikan melalui analisis uji Paired Sample T-test
dengan menggunakan SPSS versi 25 diperoleh nilai
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas media
kartu soal dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran
PPKn SD Negeri 140 Teamalala, maka dapat disimpulkan:
1. Aktivitas belajar siswa kelas II SD Negeri 140 Teamalala sebelum
menggunakan media kartu soal diperoleh nilai terendah sebesar 45, nilai
tertinggi sebesar 72, nilai rata-rata sebesar 61.11, dan persentase
ketuntasan sebesar 28%. Sedangkan aktivitas belajar siswa kelas II SD
Negeri 140 Teamalala setelah menggunakan media kartu soal diperoleh
nilai terendah sebesar 68, nilai tertinggi sebesar 100, nilai rata-rata sebesar
85.06, dan persentase ketuntasan sebesar 83%.
2. Media kartu soal efektif dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa
berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test dengan menggunakan bantuan
pengolah data SPSS versi 25 bahwa diperoleh nilai t hitung = 14.856 >
t tabel =1.611 yang artinya H 0 ditolak dan H 1 diterima. Selain itu, keputusan
juga dapat dilihat pada tabel diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 <
0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H 1 diterima dan H 0 ditolak.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, maka
disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi Siswa
Peserta didik hendaknya lebih memperhatikan pendidik pada saat proses
pembelajaran berlangsung, serta diharapkan siswa untuk lebih aktif dalam
mengikuti kegiatan pembelajaran.
2. Bagi Guru
Bagi guru diharapkan untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam
mengajar menggunakan media pembelajaran yang inovatif. Sehingga,
siswa lebih bersemangat dalam belajar, termotivasi dan keaktifan belajar
dapat meningkat.
3. Bagi peneliti Lain
Agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media kartu soal dalam sudut
pandang yang berbeda. Hal ini dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah
dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Ketersediaan
| STAR20240044 | 44/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
44/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
