Efektivitas media kinci pintar dalam meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI Syamsu Rasyidi Majang
Julmiani/862322020009 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media kincir pintar dalam
meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental Designs dengan pola
metode Non-equivalent control group design quasi-experimental designs. Dalam
penelitian ini yang menjadi sampel siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan
kelas VA sebagai kelas kontrol, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V di MI Syamsu Rasyidi Majang yang bejumlah 37 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja keterampilan sosial
siswa. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 22.
Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media kincir pintar efektif dalam
meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI
Syamsu Rasyidi Majang yang berdasarkan pada uji efektivitas bahwa nilai rata –
rata N-Gain score sebesar 61.09, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain
Score 56-75 termasuk dalam kategori cukup efektif. Uji Independent Sample Test
diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar .000 < 0,05.yang artinya H 0 ditolak dan H 1
diterima, jadi media kincir pintar efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial
pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI Syamsu Rasyidi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media kincir pintar dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada
mata pelajaran IPS kelas V MI Syamsu Rasyidi Majang, maka dapat
disimpulkan:
1. Proses pembelajaan menggunakan media kincir pintar dapat
meningkatkan keterampilan sosial siswa. Semua siswa mampu
berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya dan lebih
mengedepankan sikap kerjasama, suasana dalam kelas pun menjadi
lebih tenang dan teratur.
2. Hasil rekapitulasi nilai pretest dikelas eskperimen mendapatkan
nilai rata-rata 53,95, skor tertinggi diperoleh 65 dan terendah 45.
Pada kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 49,17 dengan skor
tertinggi 65 dan terendah 35. Sedangkan nilai posttest pada kelas
eksperimen setelah penggunaan media kinci pintar mengalami
peningkatan siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,32 dan
kelas kontrol 55,56.
3. Berdasrkan uji uji Independet Sample Test diperoleh nilai Sig. (2-
tailed) sebesar .000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tedapat
perbedaan rata-rata keterampilan sosial siswa sebelum dan setelah
diberikan media kincir pintar. Pada uji efektivitas menggunakan uji
Ngain Score, memperoleh nilai rata-rata 61.09, berdasarkan
kategori tafsiran efektivitas Ngain score 56-75 termasuk dalam
kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media
kincir pintar efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa
pada mata pelajaran IPS kelas V MI Syamsu Rasyidi Majang.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini,
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan dalam proses belajar mengajar, hendakanya
guru dapat menerapkan media pembelajaran kincir pinta untuk
meningkatkan keterampilan sosial siswa.
2. Hedaknya guru memperkenalkan media pembelajaan yang menaik
dan interaktif, agar siswa dapat mengembangkan kemampuannya
dalam proses pembelajaran
3. Bagi peneliti lain agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
buku gambar berseri dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI
meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI
Syamsu Rasyidi Majang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan desain Quasi-Experimental Designs dengan pola
metode Non-equivalent control group design quasi-experimental designs. Dalam
penelitian ini yang menjadi sampel siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen dan
kelas VA sebagai kelas kontrol, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas V di MI Syamsu Rasyidi Majang yang bejumlah 37 siswa. Instrumen
yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes unjuk kerja keterampilan sosial
siswa. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif melalui program Statistical Package Social Science (SPSS) Versi 22.
Hasil penelitian ini yaitu penggunaan media kincir pintar efektif dalam
meningkatkan keterampilan sosial pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI
Syamsu Rasyidi Majang yang berdasarkan pada uji efektivitas bahwa nilai rata –
rata N-Gain score sebesar 61.09, berdasarkan kategori tafsiran efektivitas N-Gain
Score 56-75 termasuk dalam kategori cukup efektif. Uji Independent Sample Test
diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar .000 < 0,05.yang artinya H 0 ditolak dan H 1
diterima, jadi media kincir pintar efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial
pada mata pelajaran IPS siswa kelas V di MI Syamsu Rasyidi.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian terkait efektivitas
media kincir pintar dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa pada
mata pelajaran IPS kelas V MI Syamsu Rasyidi Majang, maka dapat
disimpulkan:
1. Proses pembelajaan menggunakan media kincir pintar dapat
meningkatkan keterampilan sosial siswa. Semua siswa mampu
berkomunikasi dan berinteraksi dengan temannya dan lebih
mengedepankan sikap kerjasama, suasana dalam kelas pun menjadi
lebih tenang dan teratur.
2. Hasil rekapitulasi nilai pretest dikelas eskperimen mendapatkan
nilai rata-rata 53,95, skor tertinggi diperoleh 65 dan terendah 45.
Pada kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 49,17 dengan skor
tertinggi 65 dan terendah 35. Sedangkan nilai posttest pada kelas
eksperimen setelah penggunaan media kinci pintar mengalami
peningkatan siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 81,32 dan
kelas kontrol 55,56.
3. Berdasrkan uji uji Independet Sample Test diperoleh nilai Sig. (2-
tailed) sebesar .000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tedapat
perbedaan rata-rata keterampilan sosial siswa sebelum dan setelah
diberikan media kincir pintar. Pada uji efektivitas menggunakan uji
Ngain Score, memperoleh nilai rata-rata 61.09, berdasarkan
kategori tafsiran efektivitas Ngain score 56-75 termasuk dalam
kategori cukup efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media
kincir pintar efektif dalam meningkatkan keterampilan sosial siswa
pada mata pelajaran IPS kelas V MI Syamsu Rasyidi Majang.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini,
maka disarankan beberapa hal sebagai berikut:
1. Bagi guru diharapkan dalam proses belajar mengajar, hendakanya
guru dapat menerapkan media pembelajaran kincir pinta untuk
meningkatkan keterampilan sosial siswa.
2. Hedaknya guru memperkenalkan media pembelajaan yang menaik
dan interaktif, agar siswa dapat mengembangkan kemampuannya
dalam proses pembelajaran
3. Bagi peneliti lain agar dapat meneliti lebih lanjut tentang media
buku gambar berseri dalam sudut pandang yang berbeda. Hal ini
dapat memperkaya perpustakaan Tarbiyah dalam bidang
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI
Ketersediaan
| STAR20240333 | 333/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
333/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
