Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Daya Ingat Siswa pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V MIN 1 Bone
Ayu Andini Pratiwi/862322020024 - Personal Name
Skripsi ini menyajikan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe numbered head together terhadap daya ingat siswa pada materi
volume bangun ruang kelas V MIN 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head
together terhadap daya ingat siswa. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan desain nonequivalent pretest and postest control group design.
Sampel terdiri dari 12 siswa kelas VB (kontrol) dan 12 siswa kelas VA
(eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Berdasarkan hasil
analisis data, menunjukkan nilai rata-rata (mean) pada kelas eksperimen (82,67)
lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (61,33) dan hasil perhitungan dengan
menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai untuk derajat kebebasan sebesar
22 pada taraf signifikansi 0,025 adalah 2,074 dan hasil penelitian menunjukkan
nilai sebesar 9,897. Oleh karena itu, nilai lebih besar dari nilai
yaitu (9,897>2,074) dengan signifikansi 0,000
kooperatif tipe numbered head together terhadap daya ingat siswa pada materi
volume bangun ruang kelas V MIN 1 Bone. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head
together terhadap daya ingat siswa. Penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif dengan desain nonequivalent pretest and postest control group design.
Sampel terdiri dari 12 siswa kelas VB (kontrol) dan 12 siswa kelas VA
(eksperimen). Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Berdasarkan hasil
analisis data, menunjukkan nilai rata-rata (mean) pada kelas eksperimen (82,67)
lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (61,33) dan hasil perhitungan dengan
menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai untuk derajat kebebasan sebesar
22 pada taraf signifikansi 0,025 adalah 2,074 dan hasil penelitian menunjukkan
nilai sebesar 9,897. Oleh karena itu, nilai lebih besar dari nilai
yaitu (9,897>2,074) dengan signifikansi 0,000
Ketersediaan
| STAR20240202 | 202/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
202/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
