Efektivitas Media Leaflet Terhadap Pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Kelas V MI Tunas Harapan Di Desa Sugiale Kec. Barebbo Kab. Bone.

No image available for this title
Skripsi ini menyajikan penelitian “Efektivitas Penggunaan Media Leaflet
Terhadap Pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa Kelas V MI
Tunas Harapan Di Desa Sugiale Kec. Barebbo Kab. Bone”. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui keefektifan penggunaan media leaflet terhadap pemahaman
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental design One-Group
Pretest-Posttest. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua
peserta didik MI Tunas Harapan, Jumlah seluruh populasi peserta didik kelas V MI
Tunas Harapan ialah berjumlah 20 siswa dan jumlah sampel pada penelitian ini
adalah 20 orang. Peneliti menggunakan Teknik sampel jenuh . Instrumen penelitian
ini adalah tes tertulis berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaaan media leaflet efektif terhadap Pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan
Sehat (PHBS) Siswa Kelas V MI Tunas Harapan Desa Sugiale Kec. Barebbo Kab.
Bone. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t, pengujian hipotesis ini dilakukan dengan
menggunakan IBM SPSS Statistic Version 16. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang
telah dilakukan di dapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Skor N-Gain
sebesar 0,8232 atau setara dengan 82,3194%. Nilai ini termasuk dalam kategori
tinggi, dan oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media Leaftlet efektif terhadap
pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa
A. Kesimpulan
BAB V
PENUTUP
Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang efektif dapat
mengurangi risiko penularan penyakit, meningkatkan konsentrasi belajar, dan
memperbaiki kualitas hidup siswa. Hal ini sesuai dengan tujuan untuk
menciptakan generasi muda yang sehat dan produktif.
1. Perilaku hidup bersih dan sehat siswa sebelum penggunaan media Leaflet di MI
Tunas Harapan terdapat siswa dengan rentang skor kurang dari 70 atau sama
dengan tidak lulus dan perlu pendampingan lebih lanjut sebanyak 3 orang
dengan rincian 1 orang memperoleh nilai 55 dan 2 orang memperoleh nilai 60.
Siswa dengan perolehan skor cukup sebanyak 7 orang dengan rincian siswa
yang memperoleh nilai 70 sebanyak 4 orang, siswa yang memperoleh nilai 75
sebanyak 3 orang, sedangkan untuk siswa dengan persentase skor baik
sebanyak 8 orang diantaranya yang memperoleh nilai 80 sebanyak 4 orang dan
85 sebanyak 4 orang, dan untuk 2 siswa terakhir dengan rentang skor sangat
baik memperoleh nilai 90 sebanyak 1 orang dan nilai 95 sebanyak 1 orang.
2. Perilaku hidup bersih dan sehat siswa setelah penggunaan media Leaflet di MI
Tunas Harapan ditemukan siswa dengan rentang skor baik sebanyak 2 orang
yang memperoleh nilai 85, dan untuk siswa dengan rentang skor sangat baik
sebanyak 18 orang dengan rincian perolehan nilai 90 sebanyak 3 orang, siswa
dengan perolehan nilai 95 sebanyak 8 orang, dan untuk siswa dengan nilai 100
sebanyak 7 orang
3. Dapat dilihat dari hasil uji-t, pengujian hipotesis ini dilakukan dengan
menggunakan IBM SPSS Statistic Version 16. Berdasarkan hasil uji hipotesis
yang telah dilakukan di dapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan
oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media Leaftlet efektif terhadap
pemahaman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) siswa.
B. Saran
1. Peningkatan Fasilitas PHBS di Sekolah: Sekolah sebaiknya terus memperbaiki
dan menambah fasilitas yang mendukung PHBS, seperti tempat cuci tangan
yang memadai, penyediaan air minum sehat, serta fasilitas olahraga yang lebih
lengkap. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan dan kebiasaan sehat siswa
dalam beraktivitas sehari-hari.
2. Pelatihan dan Edukasi Berkala untuk Siswa dan Guru: Untuk meningkatkan
pemahaman tentang pentingnya PHBS, sekolah perlu menyelenggarakan
pelatihan dan edukasi secara berkala, baik untuk siswa maupun guru. Edukasi
ini bisa dilakukan melalui berbagai metode, seperti pelatihan, seminar, dan
poster yang dipasang di sekolah.
3. Kolaborasi dengan Orang Tua dan Masyarakat: Sekolah harus lebih intens
dalam berkolaborasi dengan orang tua siswa dan masyarakat sekitar untuk
menciptakan lingkungan yang mendukung penerapan PHBS. Orang tua dapat
diajak untuk menerapkan pola makan sehat dan kebiasaan hidup bersih di
rumah.
Ketersediaan
STAR20250141141/2025Perpustakaan PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

141/2025

Penerbit

IAIN BONE : Watampone.,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

Skripsi Tarbiyah

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Advanced Search

Gak perlu repot seting ini itu GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet Karena pesan web di Desawarna.com Siap : 085740069967

Pilih Bahasa

Gratis Mengonlinekan SLiMS

Gak perlu repot seting ini itu buat mengonlinekan SLiMS.
GRATIS SetUp ,Mengonlinekan SLiMS Di Internet
Karena pesan web di Desawarna.com
Kontak WhatsApp :

Siap : 085740069967

Template Perpustakaan Desawarna

Kami berharap Template SLiMS ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai template SLiMS bagi semua SLiMerS, serta mampu memberikan dukungan dalam pencapaian tujuan pengembangan perpustakaan dan kearsipan.. Aamiin

Top