Efektivitas Metode Crossword Puzzle terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Akidah Akhlak Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi
A.Irma Febrianti/862082020060 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode crossword
puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak
kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi. Jenis penelitian ini adalah
pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini hanya
menggunakan satu kelas, yaitu kelas VII dengan jumlah 26 siswa, 12 laki-laki dan
14 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, lembar observasi
dan list cheklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan
statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas
metode crossword puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi. Hal
ini dibuktikan dengan data keaktifan belajar memperoleh rata-rata nilai 91% dengan
kriteria sangat aktif. Selai
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat
efektivitas metode crossword puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas
VII MTs Al-Ma’arif Panyiwi. Hal ini dapat dilihat dari data keaktifan belajar yang
diperoleh rata-rata nilai 91% dengan kriteria sangat aktif. Sementara itu, dari hasil
belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pre-test dan
post-test, tampak dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai
puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak
kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi. Jenis penelitian ini adalah
pre-eksperimen dengan menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan teknik sampel jenuh. Adapun sampel dalam penelitian ini hanya
menggunakan satu kelas, yaitu kelas VII dengan jumlah 26 siswa, 12 laki-laki dan
14 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes, lembar observasi
dan list cheklist. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan
statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas
metode crossword puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran akidah akhlak kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif Panyiwi. Hal
ini dibuktikan dengan data keaktifan belajar memperoleh rata-rata nilai 91% dengan
kriteria sangat aktif. Selai
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat
efektivitas metode crossword puzzle terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas
VII MTs Al-Ma’arif Panyiwi. Hal ini dapat dilihat dari data keaktifan belajar yang
diperoleh rata-rata nilai 91% dengan kriteria sangat aktif. Sementara itu, dari hasil
belajar menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pre-test dan
post-test, tampak dari hasil uji hipotesis diperoleh nilai
Ketersediaan
| STAR20240291 | 291/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
291/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
