Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Watampone
Karmilasari/862082020061 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Pendidikan Karakter
Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 9 Watampone”. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana implementasi pendidikan karakter melalui metode
keteladanan dan pembiasaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis,,
pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. Dalam pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Konsep
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Watampone yaitu
ada 3 tahap pelaksanaan, Pertama Tahap persiapan (kegiatan pendahuluan)
(kegiatan pendahuluan) guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah
melaksanakan tahap persiapan yaitu guru membuka pembelajaran secara formal,
menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari , Kedua, kegiatan
tahap penyampaian (kegiatan inti) guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah
melaksanakan tahap penyampaian yaitu dengan menjelaskan materi kepada siswa
tentang konsep pembelajaran yang dicapai, mengecek ulang pemahaman siswa
tentang materi yang dijelaskan sebelumnya, membentuk diskusi kelompok tentang
materi yang diberikan sebagai umpan balik dan tahap penutupan yang telah
dilaksanakan oleh guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone yaitu melaksanakan
tahap penutupan dengan pemberian penguatan, merangkum materi dan melakukan
penilaian. Kedua, Nilai Karakter Yang diimplementasikan Melalui Metode
Keteladanan dan Pembiasaan meliputi jujur, disiplin dan bertanggung jawab.
A. Kesimpulan
1. Konsep
Implementasi
Pendidikan
Karakter
Melalui
Metode
Keteladanan dan Pembiasaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 9 Watampone. Pertama, Tahap persiapan
(kegiatan pendahuluan) guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah
melaksanakan tahap persiapan yaitu guru membuka pembelajaran
secara formal, menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran yang akan
dipelajari. Kedua, kegiatan tahap penyampaian (kegiatan inti) guru
PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah melaksanakan tahap
penyampaian yaitu dengan menjelaskan materi kepada siswa tentang
konsep pembelajaran yang dicapai, mengecek ulang pemahaman
siswa tentang materi yang dijelaskan sebelumnya, membentuk diskusi
kelompok tentang materi yang diberikan sebagai umpan balik. Ketiga,
kegiatan tahap penutup yang telah dilaksanakan oleh guru PAI di SMP
Negeri 9 Watampone yaitu melaksanakan tahap penutupan dengan
pemberian penguatan, merangkum materi dan melakukan penilaian.
2. Nilai Karakter Yang diimplementasikan Melalui Metode Keteladanan
dan Pembiasaan meliputi jujur, dalam hal ini guru PAI telah
mengajarkan perilaku jujur yaitu dengan Adapun di SMP Negeri 9
Watampone melalui keteladanan guru PAI yaitu mengajarkan perilaku
jujur kepada siswa, agar siswa dapat mengimplementasikannya dalam
kehidupan sehari-hari. Kemudian pada saat proses pembelajaran guru
tidak hanya menyampaikan materi tetapi mencontohkan juga kepada
siswa tentang berperilaku jujur. Jadi nilai karakter siswa di SMP
Negeri 9 Watampone telah terimplementasikan dan disiplin, dalam halini guru PAI di SMPNegeri 9 Watampone telah
mengimplementasikan sikap disiplin kepada siswa yaitu dengan
menghormati guru, datang dikelas tepat waktu walaupun masih ada
beberapa siswa yang masih tidak memperhatikan pada saat gurunya
menyampaikan materi pembelajaran serta Bertanggung jawab, yaitu
guru PAI telah mengimplementasikan nilai karakter tanggung kepada
siswa yaitu dengan mengajarkan keteladanan kepada siswa seperti
halnya meminta maaf jika melakukan kesalahan-kesalahan dan
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
akan diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru PAI SMP Negeri 9 watampone hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin agar pendidikan karakter
terimplementasikan dengan baik yaitu dengan melalui metode keteladanan
dan pembiasaan.
2. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 9 Watampone”. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui sejauh mana implementasi pendidikan karakter melalui metode
keteladanan dan pembiasaan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pedagogis,,
pendekatan sosiologis dan pendekatan psikologis. Dalam pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang
diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Konsep
Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan
Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Watampone yaitu
ada 3 tahap pelaksanaan, Pertama Tahap persiapan (kegiatan pendahuluan)
(kegiatan pendahuluan) guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah
melaksanakan tahap persiapan yaitu guru membuka pembelajaran secara formal,
menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari , Kedua, kegiatan
tahap penyampaian (kegiatan inti) guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah
melaksanakan tahap penyampaian yaitu dengan menjelaskan materi kepada siswa
tentang konsep pembelajaran yang dicapai, mengecek ulang pemahaman siswa
tentang materi yang dijelaskan sebelumnya, membentuk diskusi kelompok tentang
materi yang diberikan sebagai umpan balik dan tahap penutupan yang telah
dilaksanakan oleh guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone yaitu melaksanakan
tahap penutupan dengan pemberian penguatan, merangkum materi dan melakukan
penilaian. Kedua, Nilai Karakter Yang diimplementasikan Melalui Metode
Keteladanan dan Pembiasaan meliputi jujur, disiplin dan bertanggung jawab.
A. Kesimpulan
1. Konsep
Implementasi
Pendidikan
Karakter
Melalui
Metode
Keteladanan dan Pembiasaan Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 9 Watampone. Pertama, Tahap persiapan
(kegiatan pendahuluan) guru PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah
melaksanakan tahap persiapan yaitu guru membuka pembelajaran
secara formal, menjelaskan topik dan tujuan pembelajaran yang akan
dipelajari. Kedua, kegiatan tahap penyampaian (kegiatan inti) guru
PAI di SMP Negeri 9 Watampone telah melaksanakan tahap
penyampaian yaitu dengan menjelaskan materi kepada siswa tentang
konsep pembelajaran yang dicapai, mengecek ulang pemahaman
siswa tentang materi yang dijelaskan sebelumnya, membentuk diskusi
kelompok tentang materi yang diberikan sebagai umpan balik. Ketiga,
kegiatan tahap penutup yang telah dilaksanakan oleh guru PAI di SMP
Negeri 9 Watampone yaitu melaksanakan tahap penutupan dengan
pemberian penguatan, merangkum materi dan melakukan penilaian.
2. Nilai Karakter Yang diimplementasikan Melalui Metode Keteladanan
dan Pembiasaan meliputi jujur, dalam hal ini guru PAI telah
mengajarkan perilaku jujur yaitu dengan Adapun di SMP Negeri 9
Watampone melalui keteladanan guru PAI yaitu mengajarkan perilaku
jujur kepada siswa, agar siswa dapat mengimplementasikannya dalam
kehidupan sehari-hari. Kemudian pada saat proses pembelajaran guru
tidak hanya menyampaikan materi tetapi mencontohkan juga kepada
siswa tentang berperilaku jujur. Jadi nilai karakter siswa di SMP
Negeri 9 Watampone telah terimplementasikan dan disiplin, dalam halini guru PAI di SMPNegeri 9 Watampone telah
mengimplementasikan sikap disiplin kepada siswa yaitu dengan
menghormati guru, datang dikelas tepat waktu walaupun masih ada
beberapa siswa yang masih tidak memperhatikan pada saat gurunya
menyampaikan materi pembelajaran serta Bertanggung jawab, yaitu
guru PAI telah mengimplementasikan nilai karakter tanggung kepada
siswa yaitu dengan mengajarkan keteladanan kepada siswa seperti
halnya meminta maaf jika melakukan kesalahan-kesalahan dan
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru.
B. Saran
Setelah penulis menguraikan simpulan tersebut, maka dibawah ini
akan diuraikan saran.
Adapun saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi
ini adalah sebagai berikut:
1. Kepada guru PAI SMP Negeri 9 watampone hendaknya tetap melaksanakan
tugas dan tanggung jawab seoptimal mungkin agar pendidikan karakter
terimplementasikan dengan baik yaitu dengan melalui metode keteladanan
dan pembiasaan.
2. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20240211 | 211/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
211/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
