Strategi Guru dalam Mengeimplementasikan Program Smart School pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X MAN 2 Bone
Arvina Windah Riskianti/862082020006 - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam
mengeimplementasikan program smart school pada Pembelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bone. Penelitian ini dilakukan melalui
pendekata kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan
mewawancarai Wakil Kepala Madrasah Kurikulum, Guru Akidah Akhlak, dan
Siswa kelas X di MAN 2 Bone. Data penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang
digunakan Guru Akidah Akhlak sangat krusial dalam mengimplementasikan
program smart school pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X MAN 2 Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar digunakan guru dalam
mengimplementasikan program smart school pada Pembelajaran Akidah Akhlak
Kelas X Man 2 Bone. Hal ini dapat dilihat dari: penerapan smart school dalam
Pembelajaran Akidah Akhlak sangat penting. Hal ini dlihat dari: 1) Bentuk
implementasi smart school dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X, yakni
sebagai media pembelajaran, mengefisienkan proses pembelajaran, dan akses
sumber daya luas. 2) Strategi pembelajaran yang digunakan guru Akidah Akhlak
dalam mengimplementasikan program smart school ada tiga, yaitu: pertama, pra
instruksional atau tahap awal pengajaran yang meliputi:Menyiapkan bahan ajar dan
materi pembelajaran, serta menciptakan suasana kondusif dalam kelas. Kedua,
Tahapan Instruksional atau tahap inti pembelajaran yang meliputi: penyampaian
materi dengan metode ceramah dan penggunaan aplikasi belajar online. Ketiga,
tindak lanjut pembelajaran yakni pemberian evaluasi pembelajaran berbasis digital
dengan memanfaatkan media elektronik yang dimiliki peserta didik. 3) Faktor
pendukung dan penghambat penggunaan smart school dalam pembelajaran akidah
akhlak berasal dari diri peserta didik serta berasal dari sekolah, baik dari lingkungan
dan dari aplikasi smart school itu sendiri, atau disebut sebagai faktor internal dan
eksternal yang mempengaruhi penerapan program tersebut.
A. Kesimpulan
1. Strategi pembelajaran yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam
mengimplementasikan program smart school ada tiga yaitu pra-
instruksional atau tahap awal pembelajaran, instruksional atau tahap inti
pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran. Langkah-langkah strategi
guru tersebut seperti yang digunakan pada umumnya dalam kelas, guru
hanya menyesuaikan dari program tersebut. Artinya strategi yang
digunakan oleh guru Akidah Akhlak fleksibel mampu menyesuaikan
terhadap program smart school.
2. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program smart school diantaranya
program ini menyesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan di
Madrasah, siswa paham dengan teknologi, media smart school yang
digunakan canggih.
faktor penghambat program ini, yakni jaringan internet yang kurang
mendukung, keterbatasan fasilitas media elektronik peserta didik, dan
penyalahgunaan teknologi oleh peserta didik.
3. Strategi guru dalam mengimplementasikan program smart school pada
Pembelajaran Akidah Akhlak kelas X MAN 2 Bone sangatlah efektif
melihat beberapa langkah strategi yang digunakan oleh Guru Akidah
Akhlak kelas X MAN 2 Bone berdasarkan dengan tahapan strategi
pembelajaran yang digunakan oleh guru seumumnya dan mampu
mengembangkan strategi tersebut sesuai dengan penggunaan aplikasi
program smart school.
B. Saran
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru dalam
mengimplementasikan program smart school pada Pembelajaran Akidah
Akhlak kelas X di MAN 2 Bone yakni dengan langkah-langkah strategi
(pra-instruksional atau tahap awal pembelajaran, instruksional atau tahap
inti pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran). Agar program smart
school dapat diimplementasikan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat
tercapat dengan efisien maka peneliti memberikan saran-saran sebagai
berikut :
1. Bagi Lembaga
a. Lembaga sebaiknya terus membantu mengembangkan program smart
school MAN 2 Bone, agar dapat digunakan oleh semua siswa di MAN
2 Bone.
a. Lembaga sebaiknya terus membantu mengembangkan program smart
school, agar dapat digunakan oleh seluruh siswa MAN 2 Bone dalam
proses pembelajaran
b. Sebaiknya lembaga memperhatikan faktor penghambat program
smart school agar dapat digunakan dengan baik dalam menunjang
proses pembelajaran.
2. Bagi guru
a. Kepada guru Akidah Akhlak MAN 2 Bone, agar mampu lebih
terampil lagi dalam menggunakan program smart school agar dengan
menggunakan strategi yang bervariasi.
b. Kepada guru Akidah Akhlak MAN 2 Bone, agar mampu lebih
memperhatikan siswa yang masih mengakses hal lain diluar
pembelajaran pada saat proses pembelajaran
3. Bagi Siswa
a. Kepada seluruh siswa di MAN 2 Bone hendaknya lebih
memperhatikan arahan guru, karena tidak ada guru yang
menginginkan siswanya tidak baik. Maka jangan memperhatikan dan
membuka akses di media elektronik masing-masing diluar dari materi
pelajaran yang berlangsung.
mengeimplementasikan program smart school pada Pembelajaran Akidah Akhlak.
Penelitian ini dilaksanakan di MAN 2 Bone. Penelitian ini dilakukan melalui
pendekata kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Data diperoleh dengan
mewawancarai Wakil Kepala Madrasah Kurikulum, Guru Akidah Akhlak, dan
Siswa kelas X di MAN 2 Bone. Data penelitian menunjukkan bahwa Strategi yang
digunakan Guru Akidah Akhlak sangat krusial dalam mengimplementasikan
program smart school pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X MAN 2 Bone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi belajar digunakan guru dalam
mengimplementasikan program smart school pada Pembelajaran Akidah Akhlak
Kelas X Man 2 Bone. Hal ini dapat dilihat dari: penerapan smart school dalam
Pembelajaran Akidah Akhlak sangat penting. Hal ini dlihat dari: 1) Bentuk
implementasi smart school dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas X, yakni
sebagai media pembelajaran, mengefisienkan proses pembelajaran, dan akses
sumber daya luas. 2) Strategi pembelajaran yang digunakan guru Akidah Akhlak
dalam mengimplementasikan program smart school ada tiga, yaitu: pertama, pra
instruksional atau tahap awal pengajaran yang meliputi:Menyiapkan bahan ajar dan
materi pembelajaran, serta menciptakan suasana kondusif dalam kelas. Kedua,
Tahapan Instruksional atau tahap inti pembelajaran yang meliputi: penyampaian
materi dengan metode ceramah dan penggunaan aplikasi belajar online. Ketiga,
tindak lanjut pembelajaran yakni pemberian evaluasi pembelajaran berbasis digital
dengan memanfaatkan media elektronik yang dimiliki peserta didik. 3) Faktor
pendukung dan penghambat penggunaan smart school dalam pembelajaran akidah
akhlak berasal dari diri peserta didik serta berasal dari sekolah, baik dari lingkungan
dan dari aplikasi smart school itu sendiri, atau disebut sebagai faktor internal dan
eksternal yang mempengaruhi penerapan program tersebut.
A. Kesimpulan
1. Strategi pembelajaran yang digunakan guru Akidah Akhlak dalam
mengimplementasikan program smart school ada tiga yaitu pra-
instruksional atau tahap awal pembelajaran, instruksional atau tahap inti
pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran. Langkah-langkah strategi
guru tersebut seperti yang digunakan pada umumnya dalam kelas, guru
hanya menyesuaikan dari program tersebut. Artinya strategi yang
digunakan oleh guru Akidah Akhlak fleksibel mampu menyesuaikan
terhadap program smart school.
2. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program smart school diantaranya
program ini menyesuaikan dengan kurikulum yang diterapkan di
Madrasah, siswa paham dengan teknologi, media smart school yang
digunakan canggih.
faktor penghambat program ini, yakni jaringan internet yang kurang
mendukung, keterbatasan fasilitas media elektronik peserta didik, dan
penyalahgunaan teknologi oleh peserta didik.
3. Strategi guru dalam mengimplementasikan program smart school pada
Pembelajaran Akidah Akhlak kelas X MAN 2 Bone sangatlah efektif
melihat beberapa langkah strategi yang digunakan oleh Guru Akidah
Akhlak kelas X MAN 2 Bone berdasarkan dengan tahapan strategi
pembelajaran yang digunakan oleh guru seumumnya dan mampu
mengembangkan strategi tersebut sesuai dengan penggunaan aplikasi
program smart school.
B. Saran
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi guru dalam
mengimplementasikan program smart school pada Pembelajaran Akidah
Akhlak kelas X di MAN 2 Bone yakni dengan langkah-langkah strategi
(pra-instruksional atau tahap awal pembelajaran, instruksional atau tahap
inti pembelajaran dan tindak lanjut pembelajaran). Agar program smart
school dapat diimplementasikan dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat
tercapat dengan efisien maka peneliti memberikan saran-saran sebagai
berikut :
1. Bagi Lembaga
a. Lembaga sebaiknya terus membantu mengembangkan program smart
school MAN 2 Bone, agar dapat digunakan oleh semua siswa di MAN
2 Bone.
a. Lembaga sebaiknya terus membantu mengembangkan program smart
school, agar dapat digunakan oleh seluruh siswa MAN 2 Bone dalam
proses pembelajaran
b. Sebaiknya lembaga memperhatikan faktor penghambat program
smart school agar dapat digunakan dengan baik dalam menunjang
proses pembelajaran.
2. Bagi guru
a. Kepada guru Akidah Akhlak MAN 2 Bone, agar mampu lebih
terampil lagi dalam menggunakan program smart school agar dengan
menggunakan strategi yang bervariasi.
b. Kepada guru Akidah Akhlak MAN 2 Bone, agar mampu lebih
memperhatikan siswa yang masih mengakses hal lain diluar
pembelajaran pada saat proses pembelajaran
3. Bagi Siswa
a. Kepada seluruh siswa di MAN 2 Bone hendaknya lebih
memperhatikan arahan guru, karena tidak ada guru yang
menginginkan siswanya tidak baik. Maka jangan memperhatikan dan
membuka akses di media elektronik masing-masing diluar dari materi
pelajaran yang berlangsung.
Ketersediaan
| STAR20240104 | 104/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
104/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
