Korelasi Pendidikan Madrasatul Ula Dengan Akhlak Mulia Siswa Kelas VII Di MTs Baital Mukaddas Poppai Desa Sanrego Kecamatan Kahu Kabupaten Bone
Fifi Ariska/862082020024 - Personal Name
Pokok masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini, yaitu: pertama,
Bagaimana korelasi pendidikan madrasatul ula di MTs Baital Mukaddas Poppai di
Desa Sanrego Kecamatan Kahu Kbupaten Bone. Kedua, Bagaimana bentuk
korelasi pendidikan madrasatul ula di MTs Baital Mukaddas Poppai Desa
Sanrego Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Ketiga, Bagaimana hasil korelasi
pendidikan madrasatul ula di MTs Baital Mukaddas Poppai Desa Sanrego
Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua
siswa dan guru akidah akhlak yang memiliki anak kelas VII di MTs Baital
Mukaddas Poppai. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pertama, korelasi pendidikan dengan madrasatul ula
memiliki keterkaitan yang erat sebagaimana peran ibu sangat dibutuhkan oleh
seorang anak terlebih lagi masalah pendidikannya. Kedua, Bentuk korelasi
pendidikan madrastul ula di MTs Baital Mukaddas Salah satu bentuk korelasinya
yaitu dengan kolaborasi yang baik dengan keduanya yang mampu memberikan
dampak positif terhadap keberhasilan siswa dalam pendidikan. Ketiga, pendidikan
madrasatul ula memiliki hasil yang positif dengan penanaman nilai-nilai agama,
akhlak, dan karakter moral.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terkait korelasi
pendidikan madrasatul ula dengan akhlak mulia siswa di MTs Baital
Mukaddas Poppai, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil
temuan yang diperoleh peneliti di MTs Mukaddas Poppai Desa
Sanrego Kecamatan Kahu menunjukkan pertama, korelasi pendidikan
dengan madrasatul ula memiliki keterkaitan yang erat sebagaimana
peran ibu sangat dibutuhkan oleh seorang anak terlebih lagi masalah
pendidikannya. Sebagaimana peranan seorang ibu dalam mendidik
anak yaitu sumber pemberi kasih sayang, pengasih dan pemelihara,
dan tempat mencurahkan isi hati. Kedua, Bentuk korelasi pendidikan
madrastul ula di MTs Baital Mukaddas memberikan penunjang dalam
perkembangan akademik, social dan emosional siswa. Salah satu
bentuk korelasinya yaitu dengan kolaborasi yang baik dengan
keduanya yang mampu memberikan dampak positif terhadap
keberhasilan siswa dalam pendidikan. Ketiga, pendidikan madrasatul
ula memiliki hasil yang positif dengan penanaman nilai-nilai agama,
akhlak, dan karakter moral. Anak-anak yang dididik di madrasah ini
sering kali lebih kuat dalam pemahaman agama, memiliki perilaku
etis, serta menunjukkan sikap sopan santun dalam berinteraksi. Adanya
dukungan sosial dan emosional, sering kali terkait dengan ikatan sosial
yang lebih kuat, karena siswa diajarkan dalam lingkungan yang
mendukung dan biasanya juga lebih dekat dengan komunitas
keagamaan. Hal ini dapat membantu perkembangan emosional dan
sosial mereka.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian dan pembahasan hasil penelitian
dengan kerendahan hati peneliti mengajukan beberapa saran. Adapun
saran-saran yang ingin peneliti uraikan adalah sebagai berikut.
a. Bagi Ibu, sebaiknya memaksimalkan perannya dalam mendidik
akhlak anak. Ibu harus meningkatkan kepedulian terhadap tumbuh
kembang anak terutama dalam masalah akhlak karena kurangnya
perhatian dari orang tua khususnya seorang ibu daat berakibat fatal
terhadap perkembangan anak terutama akhlak anak.
b. Bagi peneliti selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan
bagi peneliti selanjutnya agar dapat memanfaatkan secara maksimal
hasil penelitian yang ada dan dapat meningkatkan kualitas penelitian,
khususnya yang berhubungan dengan korelasi pendidikan madrasatul
ula.
Bagaimana korelasi pendidikan madrasatul ula di MTs Baital Mukaddas Poppai di
Desa Sanrego Kecamatan Kahu Kbupaten Bone. Kedua, Bagaimana bentuk
korelasi pendidikan madrasatul ula di MTs Baital Mukaddas Poppai Desa
Sanrego Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Ketiga, Bagaimana hasil korelasi
pendidikan madrasatul ula di MTs Baital Mukaddas Poppai Desa Sanrego
Kecamatan Kahu Kabupaten Bone. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua
siswa dan guru akidah akhlak yang memiliki anak kelas VII di MTs Baital
Mukaddas Poppai. Adapun pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pertama, korelasi pendidikan dengan madrasatul ula
memiliki keterkaitan yang erat sebagaimana peran ibu sangat dibutuhkan oleh
seorang anak terlebih lagi masalah pendidikannya. Kedua, Bentuk korelasi
pendidikan madrastul ula di MTs Baital Mukaddas Salah satu bentuk korelasinya
yaitu dengan kolaborasi yang baik dengan keduanya yang mampu memberikan
dampak positif terhadap keberhasilan siswa dalam pendidikan. Ketiga, pendidikan
madrasatul ula memiliki hasil yang positif dengan penanaman nilai-nilai agama,
akhlak, dan karakter moral.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terkait korelasi
pendidikan madrasatul ula dengan akhlak mulia siswa di MTs Baital
Mukaddas Poppai, maka dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil
temuan yang diperoleh peneliti di MTs Mukaddas Poppai Desa
Sanrego Kecamatan Kahu menunjukkan pertama, korelasi pendidikan
dengan madrasatul ula memiliki keterkaitan yang erat sebagaimana
peran ibu sangat dibutuhkan oleh seorang anak terlebih lagi masalah
pendidikannya. Sebagaimana peranan seorang ibu dalam mendidik
anak yaitu sumber pemberi kasih sayang, pengasih dan pemelihara,
dan tempat mencurahkan isi hati. Kedua, Bentuk korelasi pendidikan
madrastul ula di MTs Baital Mukaddas memberikan penunjang dalam
perkembangan akademik, social dan emosional siswa. Salah satu
bentuk korelasinya yaitu dengan kolaborasi yang baik dengan
keduanya yang mampu memberikan dampak positif terhadap
keberhasilan siswa dalam pendidikan. Ketiga, pendidikan madrasatul
ula memiliki hasil yang positif dengan penanaman nilai-nilai agama,
akhlak, dan karakter moral. Anak-anak yang dididik di madrasah ini
sering kali lebih kuat dalam pemahaman agama, memiliki perilaku
etis, serta menunjukkan sikap sopan santun dalam berinteraksi. Adanya
dukungan sosial dan emosional, sering kali terkait dengan ikatan sosial
yang lebih kuat, karena siswa diajarkan dalam lingkungan yang
mendukung dan biasanya juga lebih dekat dengan komunitas
keagamaan. Hal ini dapat membantu perkembangan emosional dan
sosial mereka.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian dan pembahasan hasil penelitian
dengan kerendahan hati peneliti mengajukan beberapa saran. Adapun
saran-saran yang ingin peneliti uraikan adalah sebagai berikut.
a. Bagi Ibu, sebaiknya memaksimalkan perannya dalam mendidik
akhlak anak. Ibu harus meningkatkan kepedulian terhadap tumbuh
kembang anak terutama dalam masalah akhlak karena kurangnya
perhatian dari orang tua khususnya seorang ibu daat berakibat fatal
terhadap perkembangan anak terutama akhlak anak.
b. Bagi peneliti selanjutnya, berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan
bagi peneliti selanjutnya agar dapat memanfaatkan secara maksimal
hasil penelitian yang ada dan dapat meningkatkan kualitas penelitian,
khususnya yang berhubungan dengan korelasi pendidikan madrasatul
ula.
Ketersediaan
| STAR20240309 | 309/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
309/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
