Implementasi Metode Demonstrasi Berbantuan Video Animasi Dalam Membangun Antusiasme Siswa Pada Pembelajaran Fikih Di Kelas Xi Ma Lita
Asma/862082020042 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Implementasi Metode Demonstrasi
Berbantuan Video Animasi terhadap Antusiasme Siswa pada Pembelajaran Fikih di
kelas XI MA lita”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun antusiasme
siswa pada pembelajaran fikih di kelas XI MA Lita dan untuk mengetahui
implemetasi metode demonstrasi berbantuan video animasi dalam membangun
antusiasme siswa pada pembelajaran fikih di kelas XI MA Lita. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan melalui pendekatan pedagogis dan pendekatan sosiologis. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi
metode demonstrasi berbantuan video animasi di kelas XI MA Lita. 1) guru
menampilkan video animasi dan penjelasan singkat oleh guru mata pelajaran fikih. 2)
guru memberikan intruksi atau tugas kepada siswa untuk melakukan praktik. 3) siswa
mempraktikkan langsung pelajaran video yang telah ditonton. Kemuadian antusiasme
siswa di MA Lita yaitu: 1) perasaan senang yaitu siswa senang mengikuti
pembelajaran fikih. 2) ketertarikan yaitu siswa tertarik dalam melakukan kegiatan
pemebelajaran fikih. 3) perhatian siswa yaitu siswa memperhatikan pada saat guru
menyampaikan materi. 4) keterlibatan siswa yaitu siswa terlibat langsung pada saat
proses pembelajaran berlangsung.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan maka penulis dapat menyimpulkan sebagai
berikut:
1. Membangun antusiasme siswa pada mata pelajaran fikih di kelas XI MA Lita
Pertama, perasaan senang yaitu siswa menyukai dan senang pada saat belajar
mata pelajaran fikih sehingga selalu hadir dalam proses pembelajaran
berlangsung. Kedua, ketertarikan yaitu siswa semangat dan antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan
oleh guru. Ketiga, perhatian yaitu siswa memperhatikan pada saat guru
menyampaikan materi Keempat, keterlibatan siswa yaitu siswa terlibat
lansung atau aktif dalam proses pembelajaran yang dimana biasanya kami
memberikan tugas praktek. Dengan adanya hal tersebut siswa dapat terlibat
aktif dalam proses pembelajaran.
2. Implementasi metode demonstrasi berbantuan video animasi di kelas XI MA
Lita mampu membangun antusiasme siswa, siswa menjadi lebih aktif dalam
proses pembelajaran berlangsung, lebih rajin datang dikelas dan tidak bosan
ketika pembelajaran berlangsung dan mampu mempratekkan materi yang
telah ditonton dengan baik dan benar.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dibawah ini akan diuraikan saran. Adapun
saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Kepada Pihak sekolah agar lebih mengomptimalkan sarana dan prasarana
sekolah demi kelancaran dan kemajuan belajar siswa.
2. Kepada guru MA Lita hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggung
jawab terutama dalam penerapan metode pembelajaran dengan seoptimal
mungkin agar siswa semangat dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga
proses belajar mengajar di dalam kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Berbantuan Video Animasi terhadap Antusiasme Siswa pada Pembelajaran Fikih di
kelas XI MA lita”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun antusiasme
siswa pada pembelajaran fikih di kelas XI MA Lita dan untuk mengetahui
implemetasi metode demonstrasi berbantuan video animasi dalam membangun
antusiasme siswa pada pembelajaran fikih di kelas XI MA Lita. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan melalui pendekatan pedagogis dan pendekatan sosiologis. Dalam
pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Data yang diperoleh dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, penarikan
kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, implementasi
metode demonstrasi berbantuan video animasi di kelas XI MA Lita. 1) guru
menampilkan video animasi dan penjelasan singkat oleh guru mata pelajaran fikih. 2)
guru memberikan intruksi atau tugas kepada siswa untuk melakukan praktik. 3) siswa
mempraktikkan langsung pelajaran video yang telah ditonton. Kemuadian antusiasme
siswa di MA Lita yaitu: 1) perasaan senang yaitu siswa senang mengikuti
pembelajaran fikih. 2) ketertarikan yaitu siswa tertarik dalam melakukan kegiatan
pemebelajaran fikih. 3) perhatian siswa yaitu siswa memperhatikan pada saat guru
menyampaikan materi. 4) keterlibatan siswa yaitu siswa terlibat langsung pada saat
proses pembelajaran berlangsung.
A. Kesimpulan
Berdasarkan hasil pembahasan maka penulis dapat menyimpulkan sebagai
berikut:
1. Membangun antusiasme siswa pada mata pelajaran fikih di kelas XI MA Lita
Pertama, perasaan senang yaitu siswa menyukai dan senang pada saat belajar
mata pelajaran fikih sehingga selalu hadir dalam proses pembelajaran
berlangsung. Kedua, ketertarikan yaitu siswa semangat dan antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran dan selalu mengerjakan tugas yang diberikan
oleh guru. Ketiga, perhatian yaitu siswa memperhatikan pada saat guru
menyampaikan materi Keempat, keterlibatan siswa yaitu siswa terlibat
lansung atau aktif dalam proses pembelajaran yang dimana biasanya kami
memberikan tugas praktek. Dengan adanya hal tersebut siswa dapat terlibat
aktif dalam proses pembelajaran.
2. Implementasi metode demonstrasi berbantuan video animasi di kelas XI MA
Lita mampu membangun antusiasme siswa, siswa menjadi lebih aktif dalam
proses pembelajaran berlangsung, lebih rajin datang dikelas dan tidak bosan
ketika pembelajaran berlangsung dan mampu mempratekkan materi yang
telah ditonton dengan baik dan benar.
B. Saran
Berdasarkan hasil penelitian, maka dibawah ini akan diuraikan saran. Adapun
saran yang penulis maksudkan dalam pembahasan skripsi ini adalah sebagai
berikut:
1. Kepada Pihak sekolah agar lebih mengomptimalkan sarana dan prasarana
sekolah demi kelancaran dan kemajuan belajar siswa.
2. Kepada guru MA Lita hendaknya tetap melaksanakan tugas dan tanggung
jawab terutama dalam penerapan metode pembelajaran dengan seoptimal
mungkin agar siswa semangat dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga
proses belajar mengajar di dalam kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20250009 | 09/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
09/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
