Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual Berbantuan Video YouTube dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Lita
A. Dinita Fajriah/862082020039 - Personal Name
Skripsi ini membahas mengenai “Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio
Visual berbantuan Video YouTube dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar
Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Lita”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pemanfaatan Media
Pembelajaran Audio Visual berbantuan Video YouTube dalam Meningkatkan
Antusiasme Belajar Peserta Didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
sosiologis dan psikologis. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
cara: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, antusiasme peserta didik kelas VIII pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Lita yaitu 1) Cukup antusias,
terutama ketika materi disampaikan dengan menggunakan metode yang bervariasi.
2) Peserta didik merasa lebih senang ketika pelajaran disajikan melalui cerita,
video, atau diskusi yang melibatkan mereka secara aktif. 3) Keterlibatan peserta
didik berbeda-beda tergantung pada materi dan metode pengajaran yang guru
gunakan. Kedua, efektivitas pemanfaatan media audio visual berbantuan video
YouTube dalam meningkatkan antusiasme belajar peserta didik pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas VIII di MTs Lita yaitu terbukti efektif, terutama dalam menarik
antusias peserta didik dan memudahkan pemahaman materi. Ketiga, hambatan dan
solusi guru dalam mengintegrasikan media audio visual berbantuan video YouTube
dalam proses pembelajaran akidah akhlak di MTs Lita, hambatannya yakni
aksesibilitas teknologi, kualitas dan relevansi konten serta masalah teknis, adapun
solusinya yaitu dengan memutarkan video pembelajaran menggunakan laptop guru
atau dengan pembentukan kelompok agar peserta didik dapat saling membantu.
Lebih teliti dalam pemilihan konten dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan
materi pembelajaran serta menyediakan alternatif video offline untuk menghindari
apabila koneksi internet kurang bagus.
A. Kesimpulan
1. Antusiasme belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Pertama,
perhatian peserta didik yaitu tingkat fokus dan keterlibatan mereka dalam
proses pembelajaran. Kedua, perasaan senang yakni peserta didik yang
memiliki perasaan senang atau suka terhadap pelajaran akidah akhlak. Ketiga,
keterlibatan peserta didik merupakan tingkat partisipasi, minat, dan
komitmen peserta didik dalam proses pembelajaran.
2. Efektivitas pemanfaatan media audio visual berbantuan video YouTube dalam
pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar
mengajar, terutama dalam menarik antusias peserta didik dan memudahkan
pemahaman materi. Video yang tersedia di YouTube juga menawarkan variasi
penyajian, seperti penggunaan animasi, grafik, dan contoh situasi nyata, yang
membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Semua manfaat ini
menjadikan YouTube sebagai alat pembelajaran yang efektif jika digunakan
dengan bijaksana dan diintegrasikan dengan metode pengajaran yang sesuai.
3. Guru sering menghadapi hambatan dalam mengintegrasikan media audio
visual berbantuan video YouTube, seperti keterbatasan aksesibilitas
teknologi, kualitas dan relevansi konten, serta masalah teknis. Solusi untuk
masalah teknologi adalah dengan cara guru memutarkan video menggunakan
laptop atau meminta siswa untuk membentuk kelompok agar dapat saling
membantu dalam pengaksesan video. Untuk kualitas dan relevansi konten,
guru harus mencari konten dengan kualitas produksi yang baik, dengan audio
yang jernih, gambar yang jelas, dan alur narasi yang runtut serta harus lebih
teliti dalam memilih video agar sesuai dengan nilai-nilai yang ingin di
ajarkan. Serta untuk permasalahan teknis yaitu koneksi internet yang tidak
stabil, solusinya yakni guru harus mendownload video terlebih dahulu agar
dapat diputar secara offline.
B. Saran
1. Kepada pihak sekolah agar lebih mengomptimalkan sarana dan prasarana
sekolah demi kelancaran dan kemajuan belajar peserta didik.
2. Kepada guru akidah akhlak kelas VIII di MTs Lita hendaknya tetap
melaksanakan tugas dan tanggung jawab terutama dalam penerapan media
pembelajaran dengan seoptimal mungkin agar peserta didik antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar di dalam
kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Visual berbantuan Video YouTube dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar
Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Lita”. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Pemanfaatan Media
Pembelajaran Audio Visual berbantuan Video YouTube dalam Meningkatkan
Antusiasme Belajar Peserta Didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
sosiologis dan psikologis. Dalam pengumpulan data menggunakan metode
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan
cara: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, antusiasme peserta didik kelas VIII pada
mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Lita yaitu 1) Cukup antusias,
terutama ketika materi disampaikan dengan menggunakan metode yang bervariasi.
2) Peserta didik merasa lebih senang ketika pelajaran disajikan melalui cerita,
video, atau diskusi yang melibatkan mereka secara aktif. 3) Keterlibatan peserta
didik berbeda-beda tergantung pada materi dan metode pengajaran yang guru
gunakan. Kedua, efektivitas pemanfaatan media audio visual berbantuan video
YouTube dalam meningkatkan antusiasme belajar peserta didik pada mata pelajaran
akidah akhlak kelas VIII di MTs Lita yaitu terbukti efektif, terutama dalam menarik
antusias peserta didik dan memudahkan pemahaman materi. Ketiga, hambatan dan
solusi guru dalam mengintegrasikan media audio visual berbantuan video YouTube
dalam proses pembelajaran akidah akhlak di MTs Lita, hambatannya yakni
aksesibilitas teknologi, kualitas dan relevansi konten serta masalah teknis, adapun
solusinya yaitu dengan memutarkan video pembelajaran menggunakan laptop guru
atau dengan pembentukan kelompok agar peserta didik dapat saling membantu.
Lebih teliti dalam pemilihan konten dengan kualitas terbaik dan sesuai dengan
materi pembelajaran serta menyediakan alternatif video offline untuk menghindari
apabila koneksi internet kurang bagus.
A. Kesimpulan
1. Antusiasme belajar peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak. Pertama,
perhatian peserta didik yaitu tingkat fokus dan keterlibatan mereka dalam
proses pembelajaran. Kedua, perasaan senang yakni peserta didik yang
memiliki perasaan senang atau suka terhadap pelajaran akidah akhlak. Ketiga,
keterlibatan peserta didik merupakan tingkat partisipasi, minat, dan
komitmen peserta didik dalam proses pembelajaran.
2. Efektivitas pemanfaatan media audio visual berbantuan video YouTube dalam
pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas proses belajar
mengajar, terutama dalam menarik antusias peserta didik dan memudahkan
pemahaman materi. Video yang tersedia di YouTube juga menawarkan variasi
penyajian, seperti penggunaan animasi, grafik, dan contoh situasi nyata, yang
membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik. Semua manfaat ini
menjadikan YouTube sebagai alat pembelajaran yang efektif jika digunakan
dengan bijaksana dan diintegrasikan dengan metode pengajaran yang sesuai.
3. Guru sering menghadapi hambatan dalam mengintegrasikan media audio
visual berbantuan video YouTube, seperti keterbatasan aksesibilitas
teknologi, kualitas dan relevansi konten, serta masalah teknis. Solusi untuk
masalah teknologi adalah dengan cara guru memutarkan video menggunakan
laptop atau meminta siswa untuk membentuk kelompok agar dapat saling
membantu dalam pengaksesan video. Untuk kualitas dan relevansi konten,
guru harus mencari konten dengan kualitas produksi yang baik, dengan audio
yang jernih, gambar yang jelas, dan alur narasi yang runtut serta harus lebih
teliti dalam memilih video agar sesuai dengan nilai-nilai yang ingin di
ajarkan. Serta untuk permasalahan teknis yaitu koneksi internet yang tidak
stabil, solusinya yakni guru harus mendownload video terlebih dahulu agar
dapat diputar secara offline.
B. Saran
1. Kepada pihak sekolah agar lebih mengomptimalkan sarana dan prasarana
sekolah demi kelancaran dan kemajuan belajar peserta didik.
2. Kepada guru akidah akhlak kelas VIII di MTs Lita hendaknya tetap
melaksanakan tugas dan tanggung jawab terutama dalam penerapan media
pembelajaran dengan seoptimal mungkin agar peserta didik antusias dalam
mengikuti proses pembelajaran sehingga proses belajar mengajar di dalam
kelas dapat terlaksana dengan baik.
3. Setelah penulisan skripsi ini di harapkan mampu memberikan kontribusi di
dalam dunia pendidikan formal, non formal, maupun pendidikan informal.
Ketersediaan
| STAR20240269 | 269/2024 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
269/2024
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2024
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
