Pengaruh Model Discovery Learning Melalui Media Infografi Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulaweng
Andika J/86202020030 - Personal Name
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi exsperimental
dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh model discovery learning melalui media
infografi digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulaweng. Data hasil penelitian
diperoleh menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian dianalisis
dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 26. Hasil analisis tes
menunjukkan bahwa tingkat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning berada dalam kategori
tinggi. Adapun hasil analisis data statistik deskriptif dan inferensial diperoleh
t hitung > t tabel (2,396 > 2.048). Dan nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf
signifikansi (0,024 < 0,05), maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar
siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning
melalui media infografi digital terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulaweng
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2
Ulaweng ditemukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui media
infografi digital dilakukan dengan cara mengikuti langkah langkah yang
telah dipaparkan serta mengelompokkan siswa secara heterogen
campuran berdasarkan prestasi dan jenis kelamin, agar siswa dapat
menjalankan hak dan kewajiban, saling menghargai, saling menerima
perbedaan, saling menghormati serta mendahulukan kepentingan
bersama dan tidak memaksakan kehendak sendiri.
2. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif terhadap lembar tes yang
telah peneliti lakukan pada kelas VIII dengan materi meyakini kitab-kitab
Allah di SMPN 2 Ulaweng menunjukkan bahwa tingkat pengaruh hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning melalui media infografi digital berada dalam kategori tinggi.
Adapun hasil analisis data statistik deskriptif dan infrensial diperoleh
t hitung > t tabel (2,396 > 2.048) Dan nilai signifikasi lebih kecil dari pada
taraf signifikansi (0,024 < 0,05), maka H 0 ditolak dan H1 diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan nilai
rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan model
pembelajaran discovery learning melalui media infografi digital terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII
di SMP Negeri 2 Ulaweng.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian selama satu bulan, peneliti memberikan
saran yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan menggunakan model Discovery Learning melalui media
infografi digital terhadap hasil belajar siswa sebagai berikut:
1. Model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning sangat bagus
diterapkan dalam pembelajaran karena dapat membuat siswa lebih aktif
dan hasil belajar siswa meningkat sehingga mempengaruhi prestasi
belajar siswa.
2. Bagi guru yang ingin menerapkan proses pembelajaran menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning, harus memiliki
pengetahuan dan persiapan yang baik sehingga hasil yang didapat juga
sesuai dengan harapan.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Discovery Learning sebaiknya melakukan survei terlebih
dahulu apakah siswa yang dijadikan subjek penelitian cocok
dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design bertujuan untuk
mengetahui bagaimana pengaruh model discovery learning melalui media
infografi digital terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulaweng. Data hasil penelitian
diperoleh menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial, kemudian dianalisis
dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS statistic versi 26. Hasil analisis tes
menunjukkan bahwa tingkat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning berada dalam kategori
tinggi. Adapun hasil analisis data statistik deskriptif dan inferensial diperoleh
t hitung > t tabel (2,396 > 2.048). Dan nilai signifikansi lebih kecil dari pada taraf
signifikansi (0,024 < 0,05), maka H 0 ditolak dan H 1 diterima. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar
siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran discovery learning
melalui media infografi digital terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran
pendidikan agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 2 Ulaweng
A. Simpulan
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 2
Ulaweng ditemukan fakta empiris yang dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning melalui media
infografi digital dilakukan dengan cara mengikuti langkah langkah yang
telah dipaparkan serta mengelompokkan siswa secara heterogen
campuran berdasarkan prestasi dan jenis kelamin, agar siswa dapat
menjalankan hak dan kewajiban, saling menghargai, saling menerima
perbedaan, saling menghormati serta mendahulukan kepentingan
bersama dan tidak memaksakan kehendak sendiri.
2. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif terhadap lembar tes yang
telah peneliti lakukan pada kelas VIII dengan materi meyakini kitab-kitab
Allah di SMPN 2 Ulaweng menunjukkan bahwa tingkat pengaruh hasil
belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery
Learning melalui media infografi digital berada dalam kategori tinggi.
Adapun hasil analisis data statistik deskriptif dan infrensial diperoleh
t hitung > t tabel (2,396 > 2.048) Dan nilai signifikasi lebih kecil dari pada
taraf signifikansi (0,024 < 0,05), maka H 0 ditolak dan H1 diterima.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh yang signifikan nilai
rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan model
pembelajaran discovery learning melalui media infografi digital terhadap
hasil belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam kelas VIII
di SMP Negeri 2 Ulaweng.
B. Saran
Setelah melakukan penelitian selama satu bulan, peneliti memberikan
saran yang berhubungan dengan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama
Islam dengan menggunakan model Discovery Learning melalui media
infografi digital terhadap hasil belajar siswa sebagai berikut:
1. Model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning sangat bagus
diterapkan dalam pembelajaran karena dapat membuat siswa lebih aktif
dan hasil belajar siswa meningkat sehingga mempengaruhi prestasi
belajar siswa.
2. Bagi guru yang ingin menerapkan proses pembelajaran menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Discovery Learning, harus memiliki
pengetahuan dan persiapan yang baik sehingga hasil yang didapat juga
sesuai dengan harapan.
3. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Discovery Learning sebaiknya melakukan survei terlebih
dahulu apakah siswa yang dijadikan subjek penelitian cocok
Ketersediaan
| STAR20250005 | 05/2025 | Perpustakaan Pusat | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri
-
No. Panggil
05/2025
Penerbit
IAIN BONE : Watampone., 2025
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
Skripsi Tarbiyah
Informasi Detil
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain
